Pemberdayaan komunitas peternak lebah Kelulut di Terengganu Malaysia melalui pelatihan pembuatan website sebagai media promosi

Nursyiva Irsalinda, Oktira Roka Aji, Imelda Pangaribuan

Submitted : 2025-03-09, Published : 2025-11-01.

Abstract

Peternak lebah kelulut di Terengganu menghadapi permasalahan dalam memanfaatkan media digital secara profesional, di mana mereka selama ini hanya mengandalkan media sosial seperti TikTok tanpa memiliki platform yang terstruktur dan kredibel untuk promosi produk. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas digital para peternak dengan membekali mereka keterampilan dasar dalam membuat dan mengelola website menggunakan Google Sites sebagai media pemasaran digital yang lebih efektif. Pelatihan dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan materi dan identifikasi kebutuhan peserta, pelaksanaan pelatihan secara praktikal melalui demonstrasi dan pendampingan langsung, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, di mana seluruh peserta yang sebelumnya belum memahami cara membuat website kini mampu membuat, mengelola, dan mengintegrasikan website mereka secara mandiri dengan media sosial dan marketplace. Efektivitas pelatihan ini diukur melalui peningkatan skor post-test dibandingkan pre-test serta keberhasilan peserta dalam menghasilkan website sebagai produk akhir. Dengan demikian, pelatihan berbasis praktik langsung terbukti efektif dalam meningkatkan literasi digital peternak dan memperluas jangkauan serta kredibilitas pemasaran produk mereka.

Keywords

Pelatihan; Google Sites; Pemasaran digital; Peternak lebah kelulut; Website

References

T. C. Pimentel, M. Rosset, J. M. B. de Sousa, L. I. G. de Oliveira, I. M. Mafaldo, M. M. E. Pintado, and M. Magnani, "Stingless bee honey: An overview of health benefits and main market challenges," Journal of Food Biochemistry, vol. 46, no. 3, p. e13883, 2022, doi : 10.1111/jfbc.13883.

S. Kassim and S. R. Hussinb, "Towards developing a marketing model for strategic positioning of stingless bee honey farming as a sustainable income for the rural community," Journal of Agribusiness Marketing, vol. 9, no. 1, p. 94, 2022, doi: 0.56527/jabm.9.1.7.

N. S. Andon and S. N. S. Annuar, "The adaptation of social media marketing activities in s-commerce: TikTok shop," Information Management and Business Review, vol. 15, no. 1, p. 176, 2023, doi: 10.22610/imbr.v15i1(I)SI.

A. P. Ndolu, Y. D. D. Y. Khwuta, and E. E. Sala, "Sistem informasi pemasaran jenis kopi lokal di Desa Ndengga Rongge Kecamatan Lepembusu Kelisoke berbasis website," JSISTEK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 3, no. 1, p. 26, 2025, doi: 10.37478/jsistek.v3i01.4799.

N. Sari, "Pendampingan teknik panen, pasca panen, dan pemasaran produk Trigona sp bagi peternak kecil di Kabupaten Lombok Utara," Prosiding Seminar Nasional Unram: Komunikasi, Ekonomi Kreatif dan Pemulihan Pembangunan Global, vol. 1, no. 1, p. 55, 2020.

A. E. Bhagaskara, A. K. Firdausi, and M. Syaifuddin, "Penerapan media webquest berbasis Google Sites dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo," Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 2, p. 104, 2021, doi: 10.21067/jbpd.v5i2.5541.

A. Usman, Y. F. A. Lubis, Y. D. Lestari, A. Budiman, S. Sarudin, N. Wulan, and S. Suriati, "Pelatihan digital marketing menggunakan Google Site sebagai optimalisasi pemasaran produk UMKM," Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 1, p. 21, 2025, doi: 10.35447/prioritas.v1i01.1011.

L. N. Sugiarto, S. T. Wulandari, D. W. Utami, E. F. Esterlita, M. L. Valentino, and I. M. Sakti, "Pengembangan pemasaran digital UMKM Dzikro Coklat Kacang Salatiga: Social media marketing dan website berbasis Google Sites," GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2, p. 130, 2024

M. Shobri and Q. Rifqi, "Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Google Sites di UPT SMP Negeri 19 Gresik," KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 1, p. 66, 2023, doi: 10.55606/kreatif.v3i1.1208.

A. Arismunandar, S. Habibah, M. Monoarfa, and H. Nurhikmah, "Manajemen kelas online learning guru SMA Insan Cendekia Gowa," CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 3, p. 527, 2024

A. S. Mutmainah, J. R. Handaru, D. Desthantri, S. E. N. Alif, and H. A. Pradesa, "Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah Angkringan Sadulur dengan mengoptimalkan pemanfaatan marketplace serta media sosial," SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 8, no. 2, p. 1526, 2024

W. Ana, T. D. F. Sophan, C. Nisa, and D. A. Sanggarwati, "Pengaruh pemasaran media online dan marketplace terhadap tingkat penjualan produk UMKM CN Collection di Sidoarjo," Media Mahardhika, vol. 19, no. 3, p. 517, 2021, doi: 10.29062/mahardika.v19i3.274.

Y. Yansahrita, F. Fauzi, and R. Irviani, "Digital marketing: Sebagai strategi pemasaran produk home industry di wilayah Oku Timur," ECo-Buss, vol. 6, no. 1, p. 410, 2023, doi: 10.32877/eb.v6i1.887.

A. Mubarok and G. Z. Muflih, "Implementasi website sebagai media digital marketing untuk meningkatkan loyalitas pelanggan," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 9, no. 1, p. 15, 2025, doi: 10.36040/jati.v9i1.12146.

N. W. Latifah, "Strategi manajemen sumber daya manusia dalam berwirausaha di era digitalisasi," Jurnal RASI, vol. 4, no. 1, p. 49, 2023

Erdal, Nurgül & Kaya, Sevdakar, “The Effect of Website and Internet Benefit on E-Customer Loyalty in E-Commerce”, Journal of South Asian Studies, vol. 11, no. 3, p.253, 2023, doi: 10.33687/jsas.011.03.4465.

Article Metrics

Abstract view: 20 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.