Pelatihan dan pendampingan penguatan norma matematika sosial dan numerasi melalui komunitas belajar PMRI bagi guru SMP

Ratu Ilma Indra Putri, Zulkardi Zulkardi, Ruth Helen Simarmata, Rahma Siska Utari

Submitted : 2025-01-28, Published : 2026-02-01.

Abstract

Matematika sosial dan numerasi merupakan kompetensi esensial yang harus dimiliki oleh siswa agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, hasil observasi awal menunjukkan masih banyak guru SMP yang menghadapi kesulitan dalam mengintegrasikan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ke dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan guru dalam mengaitkan konsep matematika dengan konteks sosial dan budaya siswa, terbatasnya referensi pembelajaran berbasis numerasi kontekstual, serta belum terbentuknya komunitas belajar yang secara aktif mendukung penerapan norma matematika sosial di sekolah. Norma sosial dan numerasi yang digunakan berkonteks budaya Palembang yaitu makanan tradisional palembang dan kain tradisional palembang. Kegiatan dilaksanakan synchronous dan asynchronous dengan melibatkan 32 orang guru dari berbagai SMP di Kota Prabumulih. Kegiatan ini mencakup pelatihan, diskusi kelompok, dan pendampingan secara dalam mendesain konteks budaya lokal, seperti makanan tradisonal dan kain songket Palembang. Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kompetensi guru dengan nilai sebesar 0,714 serta respon peserta yang positif terhadap kegiatan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan komunitas belajar PMRI efektif dalam memperkuat norma matematika sosial dan numerasi.

Keywords

PMRI, Social Mathematical Norms, Numeracy.

References

Kemendikbud, Permendikbud No.57 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud, 2017.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi untuk Mata Pelajaran Matematika Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.

M. Niss and T. Højgaard, "Mathematical competencies revisited," Educational Studies in Mathematics, vol. 102, no. 1, pp. 9-28, 2019, doi: 10.1007/s10649-019-09903-9

B. G. Wilson, "Metaphors for instruction: Why we talk about learning environments," Educational Technology, vol. 35, no. 5, pp. 25-30, 1995.

J. Colbert, "Classroom design and how it influences behavior," Early Childhood News, 2014. [

H. Freudenthal, Revisiting Mathematics Education: China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers, 2002.

J. U. Michaelis, R. H. Grossman, and L. F. Scoot, New Design for Elementary Curriculum and Instruction, 2nd ed. New York: McGraw-Hill, 1975.

B. Bustang, Z. Zulkardi, D. Darmawijoyo, M. Dolk, and D. van Eerde, "Developing a local instruction theory for learning the concept of angle through visual field activities and spatial representations," International Education Studies, vol. 6, no. 8, pp. 58-70, 2013, doi: 10.5539/ies.v6n8p58

M. Sato, Reformasi Sekolah: Konsep dan Praktik Komunitas Belajar. Jakarta: Pelita, 2014.

M. Sato and M. Sato, Kodomo to Kyoshitsuno Jijitsu Kara Manabu [Learning Based on the Fact of Student and Classroom]. Tokyo: Gyosei, 2003.

R. I. I. Putri and Zulkardi, "Fraction in shot-put: A learning trajectory," in Research and Education for Developing Scientific Attitude in Sciences and Mathematics, C. Kusumawardani et al., Eds. New York: AIP Publishing, 2017, p. 050005, doi: 10.1063/1.4995132

Nofrion, "Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode 'jumping task' pada pembelajaran geografi," Jurnal Geografi, vol. 9, no. 1, pp. 11-30, 2012, doi: 10.24114/jg.v9i1.6043

D. S. Jagad, E. N. Kenzu, N. F. Maulidya, Z. Untu, and A. Muhtadin, "Studi literatur: Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah menengah pertama," Jurnal Riset Pecinta Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 121-131, 2024.

A. Lumahu, A. L. Tilaar, and S. M. Salajang, "Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika: Studi eksperimentasi PMRI di kelas VII SMP Negeri 3 Tondano," Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 4546-4556, 2025, doi: 10.31004/jerkin.v3i4.1245

B. Haloho and U. Napitu, "Pelaksanaan kegiatan literasi dan numerasi bagi peserta didik kelas tinggi sekolah dasar," Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, vol. 12, no. 2, 2023, doi: 10.70210/ajpm.v2i2.89

U. S. Supardi and H. Herdiana, "Efektivitas komunitas belajar dalam meningkatkan kualitas guru di sekolah," Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, vol. 2, no. 6, pp. 146-153, 2024, doi: 10.62383/algoritma.v2i6.294

U. Faridah, A. Wulandari, S. Suryanti, M. Nursalim, and A. Khamidi, "Peran komunitas belajar dalam meningkatkan karakter dan kompetensi pedagogik guru," JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 2209-2212, 2025, doi: 10.54371/jiip.v8i2.7105

M. Bancin, "Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional," Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, vol. 3, no. 1, pp. 70-74, 2025.

N. Fitriyana and A. Elly, "Systematic literature review: Penggunaan LKPD berbasis PMRI menggunakan konteks budaya lokal," in Proceeding of Silampari Conference of Life Science and Technology, vol. 1, pp. 97-106, Jul. 2025.

E. Sanita, Z. Zulkardi, E. Susanti, and M. Meryansumayeka, "Desain pembelajaran refleksi geometri menggunakan pendekatan PMRI dengan konteks songket prada Palembang," Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 1, pp. 246-260, 2024, doi: 10.31851/indiktika.v7i1.17196

C. Rahayu, W. R. Setiani, D. Yulindra, and L. Azzahra, "Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam pembelajaran mendalam (deep learning): Tinjauan literatur," Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, vol. 13, no. 1, pp. 9-25, 2025, doi: 10.23960/mtk/v13i1.pp9-25

N. I. Lestari and S. Muryaningsih, "Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) di kelas II SD Negeri 1 Pagedongan Banjarnegara," Consilium: Education and Counseling Journal, vol. 5, pp. 1023-1035, 2025.

A. Lumahu, A. L. Tilaar, and S. M. Salajang, "Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika: Studi eksperimentasi PMRI di kelas VII SMP Negeri 3 Tondano," Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 4546-4556, 2025, doi: 10.31004/jerkin.v3i4.1245

Article Metrics

Abstract view: 10 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.