Penguatan business model canvas untuk strategi branding dan packaging berdasarkan cost constraint di Desa Situ Udik
Submitted : 2025-01-16, Published : 2025-08-01.
Abstract
Keywords
References
M. A. Billah and I. M. Kom, "Strategi Peningkatan Mutu Pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Dalam Rangka Mengembangkan Inovasi Produk dan Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus Pada Atap Biru Drink&Amp; Food Sidoarjo)," PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol. 5, no. 1, Jul. 2021, doi: 10.33650/profit.v5i1.1543
R. Nainggolan, "Gender, Tingkat Pendidikan Dan Lama Usaha Sebagai Determinan Penghasilan Umkm Kota Surabaya," KINERJA, vol. 20, no. 1, pp. 1-12, Aug. 2016, doi: 10.24002/kinerja.v20i1.693
H. Nainggolan and S. Patimah, "Pengaruh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Dan Biaya Overhead Pabrik Terhadap Omset Penjualan Pabrik Roti Gembung Kota Raja Km. 3 Balikpapan Kalimantan Timur," METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist, vol. 4, no. 1, pp. 19-33, Oct. 2020, doi: 10.46880/jsika.Vol4No1.pp19-33
T. Tumija, "Peran Pemerintah dan Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Masa Pandemi Covid-19 di Cipageran, Cimahi," Civitas Consecratio: Journal of Community Service and Empowerment, vol. 2, no. 1, pp. 25-37, Jun. 2022, doi: 10.33701/cc.v2i1.2328
P. Adiguna et al., "Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada UMKM Melalui Keterampilan Digital dalam Produksi Pangan," Journal of Community Research & Engagement, vol. 1, no. 1, pp. 92-102, Jul. 2024, doi: 10.60023/v1sgmx97
C. Yolanda, "Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia," Jurnal Manajemen Dan Bisnis, vol. 2, no. 3, pp. 170-186, Apr. 2024, doi: 10.36490/jmdb.v2i3.1147
E. Vibriana Wulandari, S. Samiyono, and P. S. Studi, "Pentingnya Menumbuhkan Jiwa Wirausaha (Umkm) Dalam Pengembangan Perekonomian di Indonesia," Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, vol. 4, no. 2, pp. 173-178, 2024.
H. Martoyo, K. Sudarti, and M. Yudi Mahadianto, "Fasilitasi Penyusunan Bisnis Model Canvas Pada UMKM Cirebon," DIMASEJATI, vol. 4, no. 2, p. 185, 2022.
M. Kajanus et al., "What can we learn from business models in the European forest sector: Exploring the key elements of new business model designs," For Policy Econ, vol. 99, pp. 145-156, Feb. 2019, doi: 10.1016/j.forpol.2018.04.005
A. dan P. Y. Osterwalder, Business Model Generation : A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challangers. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2017.
C. Candraningrat, D. Y. Yurisma, and S. Mujanah, "Pengembangan strategi bisnis Melalui BMC (Business Model Canvas) dan strategi pemasaran bagi UMKM Sari Delight Surabaya," TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 11-22, May 2021, doi: 10.17509/tmg.v1i1.34295
E. T. Hutamy, A. Marham, A. N. Q. A. Alisyahbana, N. Arisah, and M. Hasan, "Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z," Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, vol. 1, no. 1, pp. 1-11, Jul. 2021, doi: 10.35912/jbpd.v1i1.453
E. Y. Pramularso, E. Nurhayaty, I. H. Susilowati, and R. Marginingsih, "Pelatihan Pembuatan Business Plan Dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas (Bmc) Pada Komunitas Perempuan Indonesia Maju," SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 2, p. 726, Jun. 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i2.8335
Bagus Hardika, Mahesa Dzikri Kurniawan, Cindy Valencia, and Wien Kuntari, "Pengembangan Strategi Bisnis Kreatif Trikarasu Design dengan Business Model Canvas di Era Digital," Venus: Jurnal Publikasi Rumpun Ilmu Teknik, vol. 2, no. 6, pp. 166-178, Dec. 2024, doi: 10.61132/venus.v2i6.643
N. N. Padila, T. Kurnia, A. Ramandha, and A. Nugraha, "Peningkatan Keterampilan UMKM Melalui Branding Produk dan Pendampingan Legalitas Usaha di Desa Tajurhalang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor," ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 42-50, Apr. 2024, doi: 10.30997/almujtamae.v4i1.11677
W. P. Sari and L. Irena, "Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm," Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, vol. 4, no. 3, Feb. 2022, doi: 10.24912/jbmi.v4i3.13271
S. Wardani, A. Arsid, and A. S. Widodo, "Optimasi Social Media Marketing Untuk Pengembangan Produk Lokal di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor," DEDIKASI PKM, vol. 4, no. 1, p. 19, Jan. 2023, doi: 10.32493/dedikasipkm.v4i1.27455
A. Amar, A. Affandi, A. Sunandar, M. B. A. Azizah, S. Sahroni, and N. Arianto, "Strategi Pemasaran Digital yang Efektif dalam Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM Keduemas Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Provinsi Banten," Jurnal PKM Manajemen Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 282-293, Jul. 2024, doi: 10.37481/pkmb.v4i2.878
E. Rizal, U. L. Siti Khadijah, and R. Khairul Anwar, "Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Kegiatan Wisata Di Desa Cipacing Kabupaten Sumedang," Tornare, vol. 2, no. 2, May 2020, doi: 10.24198/tornare.v2i2.29183
Y. Prasetiyo, S. N. Wisnantiasri, N. F. D. Puspitasari, S. Zuhroh, N. Hardiana, and I. Irma, "Pelatihan Perencanaan Keuangan, Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Pelaporan Keuangan Sederhana UMKM," I-Com: Indonesian Community Journal, vol. 4, no. 1, pp. 406-419, Mar. 2024, doi: 10.33379/icom.v4i1.4087
Article Metrics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.