Pelatihan digital marketing dengan media sosial instagram bisnis untuk penjualan snack lidah buaya pada KWT Sumber Rejeki Desa Ngestiharjo DIY

Singgih Santoso, Jonathan Herdioko, Eka Adhi Wibawa

Submitted : 2024-11-27, Published : 2025-08-01.

Abstract

Banyak produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang masih mengalami kendala dalam mengakses pasar, terutama karena terbatasnya dana promosi. Di era digital saat ini, komunikasi pemasaran melalui kegiatan pemasaran digital, khususnya melalui media sosial, semakin populer. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai tempat untuk berbagi fitur, testimoni, dan ulasan produk. Kegiatan pengabdian ini merupakan upaya untuk memberdayakan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki di Yogyakarta agar dapat meningkatkan penjualan produk camilan dan makanan ringan berbahan dasar lidah buaya melalui kanal Instagram. Kegiatan ini mencakup tahap pra-pembimbingan dan pelatihan dalam membuat akun Instagram Bisnis agar anggota dapat melakukan promosi secara tepat sesuai kaidah digital marketing. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anggota KWT telah mampu membuat akun Instagram Bisnis dan mulai mengunggah konten. Dengan semakin menguasai fitur-fitur yang tersedia di Instagram, diharapkan ke depannya KWT Sumber Rejeki mampu meningkatkan penjualan produknya secara lebih luas kepada konsumen. Pemberdayaan digital ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat posisi UMKM dalam persaingan pasar yang semakin kompetitif di era digital.

Keywords

Pemasaran Digital Instagram Bisnis Snack Lidah Buaya Produk UMKM

References

N. A. Romandona, S. Alliyah, and S. Nugrahani, "Peningkatan strategi pemasaran dan legalitas usaha UMKM Amelia Catering di Kecamatan Rembang," Kacanegara J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 7, no. 3, pp. 297-306, 2024, doi: 10.28989/kacanegara.v7i3.2146

R. A. Rebia, F. N. Hidayah, A. S. Budiman, S. A. Isla, and D. W. Septyani, "Produk Kreatif Berbasis Kewirausahaan Hasil Pengolahan Limbah Masker Sekali Pakai Di Smk Muhammadiyah 2 Sleman," J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 29, no. 3, pp. 364-369, 2023.

E. P. Ariningsih et al., "Penguatan Legalitas Usaha dan Komunikasi Pemasaran pada KWT Margi Mulyo Desa Trirejo, Kecamtan Loano, Kabupaten Purworejo," JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 8, no. 2, pp. 323-331, Aug. 2024, doi: 10.30595/jppm.v8i2.21395

N. Noriko, A. Mandjusri, L. Mailani, and R. S. Wijihastuti, "Pemberdayaan Kemitraan Petani untuk Ketahanan Pangan Melalui Model Pertanian Berkelanjutan di Era Digital," Wikrama Parahita J. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 2, pp. 219-228, May 2024, doi: 10.30656/jpmwp.v8i2.7641

R. Susanto, N. Triyandari Nugroho, and W. Lestari, "Penguatan Pemasaran Batik Ciprat Karya Difabel Melalui Social Media Dan Website," J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 251-258, Dec. 2020, doi: 10.12928/jp.v4i3.2445

A. Shabrina Nurqamarani et al., "Strengthening the Capability of a micro-scale Bag Producer 'Katbag' Through Business Planning and Digital Marketing," J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 189-203, 2024, doi: 10.29062/engagement.v8i1.467

R. F. Naryanto, M. K. Delimayanti, M. F. A. Arifin, B. B. Hapsoro, and I. D. Herunandi, "Pendampingan Pemasaran Tempat Kost Berbasis Media Digital Untuk Warga Di Kelurahan Bulustalan Kota Semarang," Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 399-409, Apr. 2023, doi: 10.31849/dinamisia.v7i2.11509

I. Istiqomah, H. Adibatul Husna, K. Lubaba, and A. Saefudin, "Packaging and Branding Strategy to Increase the Competitiveness of Bolu Jadul Business in Bulungan Village, Jepara," Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 05, no. 01, pp. 110-119, Mar. 2021, doi: 10.29062/engagement.v5i1.655

M. Frasquet-Deltoro, M. del C. Alarcón-del-Amo, and C. Lorenzo-Romero, "Antecedents and consequences of virtual customer co-creation behaviours," Internet Res., vol. 29, no. 1, pp. 218-244, 2019, doi: 10.1108/IntR-06-2017-0243

Y. Pane, "Mie Kopi (MIKOP)," Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 5, pp. 1304-1309, Oct. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i5.11158

F. Fatimah, D. Darna, E. Y. Metekohy, and Y. Nuraeni, "Peningkatan Kemampuan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Promosi Produk UMKM Kota Depok," Wikrama Parahita J. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 2, pp. 289-296, Jun. 2024, doi: 10.30656/jpmwp.v8i2.7503

N. A. Sinaga, R. Riwayani, F. N. Simamora, A. Tanjung, and S. A. Saragih, "Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Promosi Dan Pemasaran Produk Hasil-Hasil Pertanian Desa Pananggahan Kabupaten Tapanuli Tengah," vol. 29, no. 1, pp. 103-108, 2023.

D. M. Utama, T. Baroto, and A. D. Yasa, "Pelatihan dan pendampingan digital marketing untuk bisnis jasa landscaping di Kabupaten Lamongan," Kacanegara J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 7, no. 3, pp. 287-296, 2024, doi: 10.28989/kacanegara.v7i3.2165

A. N. Andina, E. F. Zahra, and M. Munirruddin, "Pemanfaatan Sosial Media Untuk Digital Marketing Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB B Yakut Purwokerto," J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 245-250, Dec. 2020, doi: 10.12928/jp.v4i3.2794

P. Meilasari, R. A. Yustisiana, and S. Anang, Lorensius Waloyo, "Development of exotic cultural tourism after the COVID-19 pandemic in Gunungsari Village Madiun Indonesia," J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 26-38, 2021, doi: 10.12928/jp.v5i1.2921

Y. Suryani, T. Sulistyaningtyas, A. Supriadi, E. A. Febriyanti, and Q. Qurratu'Aini, "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Komunitas Perajin Sulam Tali di Kabupaten Ketapang," Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 6, pp. 1689-1696, Dec. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i6.11698

N. Putu et al., "Pendampingan Instagram Marketing dalam Membangun Ketrampilan Pemasaran Digital dan Brand Awareness Produk UMKM di Desa Geluntung," KOMET Kolaborasi Masy. Berbas. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 26-33, 2024, doi: 10.70103/komet.v1i1.11

O. Dziubaniuk, M. Ivanova-Gongne, and M. Nyholm, "Learning and teaching sustainable business in the digital era: a connectivism theory approach," Int. J. Educ. Technol. High. Educ., vol. 20, no. 1, Dec. 2023, doi: 10.1186/s41239-023-00390-w

R. Kristaung and Mutanto, "Construction Of Customer Relationship Management In Retail Business," J. Manaj. dan Pemasar. Jasa, vol. 12, no. 2, pp. 297-314, 2019, doi: 10.25105/jmpj.v12i2.5521

Article Metrics

Abstract view: 3 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.