Pengenalan energi matahari sebagai energi alternatif pada siswa TK Islam Terpadu Mujahidin Kota Madiun

Denny Hardiyanto, Ihtiari Prastyaningrum

Submitted : 2024-11-22, Published : 2025-08-01.

Abstract

Pembelajaran anak usia dini (PAUD) merupakan tahap penting dalam proses pendidikan yang memberikan landasan bagi perkembangan sosial, emosional, kognitif, dan fisik anak. Pada usia ini, anak-anak berada dalam fase kritis untuk belajar melalui pengalaman dan interaksi. Energi sangat penting untuk kehidupan manusia. Energi dibutuhkan sehari-hari untuk mendukung aktivitas manusia dalam melakukan pekerjaan. Sinar matahari merupakan salah satu energi alam yang murah dan mudah didapatkan. Oleh sebab itu, tujuan kegiatan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada anak-anak usia dini khususnya di usia Taman Kanak-Kanak (TK) tentang manfaat energi matahari/surya menggunakan media edukatif berbentuk diorama yang sederhana dan menarik.. Dengan memanfaatkan diorama dan metode bermain sambil belajar, diharapkan siswa TK mampu mengenal dan belajar tentang manfaat energi matahari secara sederhana. Kegiatan pengabdian dilakukan di TKIT Nur Mujahidin dengan peserta kurang lebih 25 siswa TK B. Kegiatan berlangsung dengan lancar, dan materi dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa TK.

Keywords

Pembelajaran; PAUD; Manfaat Energi Matahari; TK

References

H. Zaini and K. Dewi, "Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini," Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81-96, 2017, doi: 10.19109/ra.v1i1.1489

R. Rifiyah Sayidah, I. Hurri, and L. Siwiyanti, "Media Game Edukasi Berupa Aplikasi Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini," Early Child. J. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 142-154, 2021, doi: 10.35568/earlychildhood.v5i2.1363

Q. Faizatul Fitriyah, F. Rahman, T. Fatmarizka, T. Eko Susilo, M. Cahyadi, and A. Arza Lazuardy, "Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Steam dan Loose Parts pada Guru di TK Mancasan Sukoharjo," J. Pengabdi. Masy. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 159-168, 2023, doi: 10.23960/jpmip.v2i2

A. Lestariningrum, Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini, 1st ed. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia, 2021.

R. Ardiana, "Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini," Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 103-111, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i1.117

E. Munisah, "Proses Pembelajaran Anak Usia Dini," Edukasi Ling. Sastra, vol. 18, no. 2, pp. 73-84, 2020, doi: 10.47637/elsa.v18i2.273

S. Maghfiroh and D. Suryana, "Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini," J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1560-1566, 2021.

R. Rupnidah and D. Suryana, "Media Pembelajaran Anak Usia Dini," J. PAUD AGAPEDIA, vol. 6, no. 1, 2022, doi: 10.17509/jpa.v6i1.48199

O. Arifudin, E. Setiawati, D. Nur Chasanah, and N. Maulidya Jalal, Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: CV. Widina Bhakti Persada, 2021.

A. Zayyinun and M. Widyartono, "Prototipe Mesin Stirling Menggunakan Panas Sinar Matahari Sebagai Energi Alternatif," Tek. Elektro, vol. 09, no. 2, pp. 459-466, 2020.

M. Amudy, A. Musfadry, and Hamdani, "Pemanfaatan energi terbarukan: Satu kajian pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik di Universitas Samudra," J. POLIMESIN, vol. 19, no. 2, pp. 188-193, 2021.

V. Dwisari, S. Sudarti, and Y. Yushardi, "Pemanfaatan Energi Matahari: Masa Depan Energi Terbarukan," Opt. J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, pp. 376-384, 2023, doi: 10.37478/optika.v7i2.3322

R. S. Rosli, M. H. Habaebi, and P. M. R. Islam, "On the analysis of received signal strength indicator from ESP8266," Bull. Electr. Eng. Informatics, vol. 8, no. 3, pp. 933-940, 2019, doi: 10.11591/eei.v8i3.1511

R. Effendi, "Analisis Penggunaan Energi Surya Fotovoltaik Sebagai Sumber Energi Alternatif," J. Tek. Ind. Terintegrasi, vol. 6, no. 4, pp. 1298-1302, 2023, doi: 10.31004/jutin.v6i4.20634

D. Adi Widodo, Suryono, and T. Andrasto, "Pemberdayaan Energi Matahari Sebagai Energi Listrik Lampu Pengatur Lalu Lintas," J. Tek. Elektro, vol. 2, no. 2, 2010.

Article Metrics

Abstract view: 16 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.