Strategi promosi produk “Mie-Nyam”Mie Bayam Ikan Tenggiri melalui platform digital dan kompetisi anak nasional

Sumartini Sumartini, Aghitia Maulani, Nirmala Efri Hasibuan, I Ketut Sumandiarsa, Zahriani Alvina, An Naim Defi

Submitted : 2024-10-12, Published : 2025-05-01.

Abstract

MieNyam sebagai salah satu produk inovasi baru dari program kewirausahaan Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai merupakan produk start up yang memerlukan pengenalan pada masyarakat, terutama. Strategi pemasaran  adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan produsen barang atau jasa secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar. Salah satunya adalah dengan mengadakan kompetisi mewarnai anak secara online nasional yang memang banyak diminati masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana promosi, strategi pemasaran dan pengenalan produk MieNyam Metode yang dilakukan adalah tahap persiapan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa lomba diikuti oleh 112 peserta dari seluruh wilayah Indonesia pada kisaran umur 5-12 tahun. Berdasarkan hasil survey kepuasan responden terhadap pengelolaan media sosial, pelaksanaan lomba, layanan panitia, pengiriman hadiah menunjukkan bahwa Tingkat kepuasan responden diatas 80%. Selain itu hasil pra test yang sebelumnya di bawah standar (65) setelah pelaksanaan lomba menjadi di atas standar (minimal pada angka 80). Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kepuasan responden/pelanggan adalah kualitas layanan, feedback, diskon atau potongan harga dan bagaimana pemilik usaha mengelola media promosi pada perangkat digitalnya.Harapan kedepannya produk MieNyam dapat dikenal seluruh Masyarakat Indonesia dan dapat diterima konsumen.

Keywords

Lomba, Kepuasan konsumen, Mewarnai, Mienyam, Strategi promosi.

References

I. C. Matita, L. C. Soedirga, and I. Andriani, "Utilization of Chia Seeds Powder in Wet Noodle Substituted with Modified Cassava Flour," Caraka Tani J. Sustain. Agric., vol. 39, no. 1, pp. 140-153, 2024, doi: 10.20961/carakatani.v39i1.77711

F. I. Rahmawati, N. wely Asmoro, and A. I. N. Tari, "Chemical and Physical Analysis of Wet Noodles from Mocaf (Modified Cassava Flour) With The Addition of Tapioca and Moringa Leaf Extract (Moringa Oleifera)," Pro Food, vol. 9, no. 2, pp. 122-131, 2024, doi: 10.29303/profood.v9i2.352

R. Holinesti et al., "Mackerel Tuna Fortification for Improving Wet Noodle Quality," TEKNOBUGA J. Teknol. Busana dan Boga, vol. 11, no. 2, pp. 140-145, 2023, doi: 10.15294/teknobuga.v11i2.49327

W. Dewayani, S. Rapi, Muslimin, Sudarsono, and A. N. P. Islam, "Substitution of cassava, wheat and carrot on wet noodles to support local food," IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1230, no. 1, 2023, doi: 10.1088/1755-1315/1230/1/012194

C. Litaay, A. Indriati, and N. K. I. Mayasti, "Fortification of sago noodles with fish meal skipjack tuna (Katsuwonus pelamis)," Food Sci. Technol., vol. 42, pp. 1-7, 2022, doi: 10.1590/fst.46720

S. N. Qadri, Y. E. Yunus, M. Yamin, A. D. Tawakkal gau, and S. Zamzam, "Pengolahan Daun Bayam Hijau (Amarhantus tricolor ) guna Meningkatkan Tingkat Konsumsi Masyarakat," MALLOMO J. Community Serv., vol. 3, no. 1, pp. 14-18, 2022, doi: 10.55678/mallomo.v3i1.795

W. A. & Subari, "Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan," J. LENTERA Kaji. Keagamaan, Keilmuan dan Teknol. 13(1), 47-55., vol. 3 (1), no. 1693-6922, pp. 47-55, 2015.

S. Sakur, Afifah Ma'ruf, Nur Indah, Sonia Moriska, Amanda Pratiwi, and Hika Arpi Arpani, "Melatih Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kompetensi Lomba Mewarnai dDi Ra Ulil Amri Desa Paritbaru," J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 60-65, 2022, doi: 10.55606/jpmi.v1i3.436

S. Sumartini et al., "Pelatihan desain kemasan dan marketing berbasis digital melalui program 'Techno Fish-Park' pada sirup buah mangrove dan teh herbal mangrove," KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 4, p. 411, 2023, doi: 10.28989/kacanegara.v6i4.1671

R. F. Adri, "Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar," Menara Ilmu J. Penelit. dan Kaji. Ilm., vol. 1, no. XIV, pp. 81-85, 2020.

S. Maihani, K. Kumita, C. Khairani, S. A. Z. Yamani, I. T. M. Nur, and Z. Zulfikar, "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kreativitas Lomba Mewarnai Tingkat Sekolah Dasar," Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 5108-5113, 2023.

H. Z. Lubis, R. Fadila, M. M. F. Daulay, and N. Fadhillah, "Stimulasi Kegiatan Mewarnai Untuk Perkembangan Anak Usia Dini," J. Pema Tarb., vol. 1, no. 1, p. 11, 2022, doi: 10.30829/pema.v1i1.1463

R. H. Sucipto, "Analisis Indeks Kepuasan Pelanggan dDan Tingkat Kepentingan Untuk Peningkatan Kinerja Koperasi Karyawan Republika," JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. Univ. Sam Ratulangi)., vol. 8, no. 3, pp. 857-877, 2021, doi: 10.35794/jmbi.v8i3.38628

G. Fransiskho, T. S. Goh, and W. Julitawaty, "Pengaruh kepuasan konsumen dan diskon terhadap volume penjualan pt. atmindo tbk tanjung morawa," J. Bisnis Kolega, vol. 7, no. 2, pp. 20-29, 2021.

I. Siam Wahyono, "Media sosial dan kualitas layanan meningkatkan kepuasan pelanggan (survei pada media sosial toko buku online redaksi Loveable)," J. Inspirasi Ilmu Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 30-43, 2022, doi: 10.32897/jiim.2022.1.1.1643

I. K. Tampanguma, J. A. F. Kalangi, and O. Walangitan, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado," Productivivty, vol. 3, no. 1, pp. 7-12, 2022.

I. Effendy, "Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung," J. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 81-88, 2016.

Article Metrics

Abstract view: 19 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.