Pendampingan pemanfaatan teknologi untuk guru melalui penggunaan Google Suite For Education

Nur Aisyah, Nirfayanti Nirfayanti, Rismawati Rismawati, Siti Rahma Sari

Submitted : 2024-09-04, Published : 2025-05-01.

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru-guru MA DDI Alliritengae dalam menggunakan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan mengenalkan pentingnya Google Suite for Education dalam pembelajaran online dan bagaimana cara menggunakannya dengan aplikatif. Sasaran program pengabdian masyarakat ini adalah Guru MA DDI Alliritengae yang berjumlah 22 orang. Guru-guru kurang familiar dengan teknologi digital dan fitur-fitur yang ada di Google Suite for Education. Hal ini membuat mereka merasa kesulitan dalam mengadopsi teknologi baru dalam pembelajaran, sehingga permasalahan tersebut diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu analisis kebutuhan mitra, koordinasi serta pelaksanaan dan pendampingan kegiatan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi dilapangan mengenai kesulitan yang dialami guru dalam menggunakan teknologi untuk proses pembelajaran pada masa pandemic covid-19. Kemudian dilanjutkan dengan koordinasi pelaksanaan kegiatan kepada sekolah dengan menyesuaikan jadwal pelaksanaan yang diberikan. Pelaksanaan dan pendampingan dilakukan dengan proses pengajaran gabungan (online dan tatap muka) dengan menggunakan metode ceramah, demontrasi atau praktik dan diakhiri dengan evaluasi. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Dari hasil kegiatan pelatihan yang dilakukan diperoleh bahwa guru mampu mengoperasikan Google Classroom, Google Forms, Google Meet, Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides dengan baik. Hal ini juga menunjukan respon yang positif atas penggunaan fitur-fitur Google Suite for Education yang Guru yakini akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar online serta kehadiran dan keaktifan peserta yakni mencapai 86,95%. Selain itu, pengetahuan dan kemampuan peserta dalam memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada Google Suite for Education juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran

Keywords

Google Suite for Education; Pendampingan; Keterampilan Mengajar

References

P. H. Pebriana, "Pelatihan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Daring di SDN 020 Ridan Permai," abdira, vol. 1, no. 1, pp. 21-28, Jun. 2021, doi: 10.31004/abdira.v1i1.4

B. T. Cahyono and W. Nugroho, "Optimalisasi Pemanfaatan Akun Pembelajaran untuk Kegiatan Pembelajaran Daring," ED, vol. 4, no. 1, pp. 170-175, Dec. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1766

N. Alfitri, H. Humaira, T. Azra, and Y. Yefriadi, "Pelatihan Penggunaan Fitur Google Application For Education (GAFE) bagi Guru Sekolah," Abdimas: Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 76-80, 2020.

U. Rahmi, A. Hidayati, and A. Azrul, "Pelatihan E-Learning Untuk Mengintegrasikan TIK Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMA," Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 34-41, Jan. 2020, doi: 10.20956/pa.v4i1.6710

Y. Apridiansyah et al., "Pembelajaran Daring SD 45 Kota Bengkulu Berbasis Information and Communication Technology (ICT)," JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), vol. 1, no. 2, pp. 15-22, 2021.

D. Aryani, S. P. S. Patiro, and H. D. Ariessanti, "Sosialisasi Pemanfaatan Layanan G-Suite For Edu (Google Suite for Education) pada SMP Negeri 69 Jakarta," Universal Raharja Community (URNITY Journal), vol. 1, no. 2, pp. 131-137, 2021.

S. Musalamah, A. Saefudin, and M. A. Ramadhan, "Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office Untuk Mendukung Kinerja Tenaga Pendidik di Sekolah," Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 528-535, 2021.

D. Puspitarini, "Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21," ideguru, vol. 7, no. 1, pp. 1-6, Jan. 2022, doi: 10.51169/ideguru.v7i1.307

U. H. Salsabila, M. N. Sofia, H. P. Seviarica, and M. N. Hikmah, "Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar," INSANIA : J. Pemikir. Alternatif Kependidikan, vol. 25, no. 2, pp. 284-304, Nov. 2020, doi: 10.24090/insania.v25i2.4221

D. A. Kusuma, "Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19," TEOREMA, vol. 5, no. 2, pp. 169-175, Sep. 2020, doi: 10.25157/teorema.v5i2.3504

I. Habibi, "Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom dan Zoom Meeting)," Cendekia: Media KomunikasiPenelitian dan PengembanganPendidikan Islam, vol. 12, no. 2, pp. 61-78, 2020.

R. Fitria, M. F. Jazuli, and Moch. A. Fadlol, "Penggunaan Media Whatsapp Dalam Pembelajaran Sejarah Islam Indonesia Selama Pandemi Covid-19 (Mahasiswa Semester Dua Prodi Akidah Dan Filsfat Islam )," JISIP, vol. 6, no. 1, pp. 2210-2219, Jan. 2022, doi: 10.36312/jisip.v6i1.2788

F. P. N. Koten, A. Jufriansah, and H. Hikmatiar, "Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review," JIP, vol. 14, no. 1, pp. 72-84, Jul. 2022, doi: 10.37640/jip.v14i1.1409

G. Gunawan, N. M. Y. Suranti, and F. Fathoroni, "Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period," Indonesian Journal of Teacher Education, vol. 1, no. 2, pp. 61-70.

H. Setiadi, D. Wisnu Wardani, E. Suprih Widayat, and M. Ulfa, "Implementasi Google Suite For Education Untuk Peningkatan Proses Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 2 Surakarta," pkmcsr, vol. 4, pp. 59-65, Nov. 2021, doi: 10.37695/pkmcsr.v4i0.1242

H. D. Cahyono, D. W. Wardani, H. Setiadi, and A. Wijayanto, "The Use of Technology Based on Google Suite for Education at SMP Negeri 5 Surakarta," j. mattawang, vol. 3, no. 3, pp. 289-295, Aug. 2022, doi: 10.35877/454RI.mattawang1127

Article Metrics

Abstract view: 76 times
Download     : 4   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.