Pelatihan Canva pembuatan desain poster dan materi presentasi pada siswa SMP Negeri 2 Ngabang

Renny Sari, Dian Prawira, Ilhamsyah Ilhamsyah, Ferdy Febriyanto, Syahru Rahmayuda, Ibnur Rusi, Nurul Mutiah

Submitted : 2024-07-15, Published : 2024-11-01.

Abstract

Desain grafis memainkan peran penting dalam Pendidikan. Salah satu platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna membuat berbagai jenis konten visual dengan mudah dan cepat adalah Canva. Penerapan Canva pada bidang pendidikan yaitu pada SMP Negeri 2 Ngabang Kabupaten Landak. Kendala yang dihadapi siswa SMP Negeri 2 Ngabang yaitu masih minimnya pengetahuan dan keterampilan membuat desain poster dan materi presentasi sebagai media informasi pembelajaran. Selain itu, banyak siswa membuat materi presentasi maupun poster yang kurang menarik,. Siswa SMP Negeri 2 Ngabang masih belum terbiasa dengan aplikasi yang efektif dan efisien untuk membuat materi presentasi. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali siswa SMP Negeri 2 Ngabang pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Canva. Pada akhir pelatihan dilakukan evaluasi untuk menilai keberhasilan dan kebermanfaatan penyampaian materi melalui survey dan tugas kepada peserta PKM. Berdasarkan hasil kuisioner didapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa sebesar 86, 4 % ketika mendesain menggunakan aplikasi Canva.

Keywords

Pelatihan Desain Grafis Canva Poster

References

Kamila Chairunnisa and Venni Herli Sundi, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Poster Pada Siwa Kelas X SMAN 8 Tangsel,” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, pp. 1–4, 2021.

Yasir Hasan and Kristian Siregar, “Pemanfaatan Desain Grafis Berbasis Android Untuk Promosi Produk Dan Bisnis di Medsos,” Jurnal Abdimas Budi Darma, vol. 2, no. 1, pp. 52–56, Aug. 2021, Accessed: Jul. 13, 2024.

K. Nur Isnaini, D. F. Sulistiyani, Z. Ramadhany, and K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” Jurnal Selaparang, vol. 5, no. 1, 2021.

N. Fadilah Bakri et al., “Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online,” Jurnal Ilmiah Pro Guru, vol. 7, no. 1, 2021.

A. R. Kurniawan Maranto, E. Dwiyanthi Kusuma, H. Wijaya, Y. Kurnia, R. Rimbawan Oprasto, and S. Margita, “Pelatihan Desain Poster dengan Canva,” Abdi Dharma, vol. 2, no. 2, pp. 115–120, Oct. 2022, doi: 10.31253/ad.v2i2.1738.

M. S. Zainuddin and A. Awaluddin, “Pelatihan Pembuatan Google Form dan Canva sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Olahraga,” Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), vol. 3, no. 1, pp. 32–38, Jun. 2022, doi: 10.26877/jpom.v3i1.11912.

Tiawan, Musawarman, L. Sakinah, N. Rahmawati, and H. Salman, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di SMKN 1 Gunung Putri Bogor,” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 4, pp. 476–480, Oct. 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.417.

Tri Wulandari and Adam Mudinillah, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD,” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), vol. 2, no. 1, pp. 102–118, Feb. 2022, doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.

M. A. Puspitasari, Y. H. Mada, E. Hasibuan, S. Yustina, and N. C. Aurawidhar, “Pelatihan Canva sebagai Media Pembuatan Desain Materi Presentasi pada Siswa SMP Karitas Ngaglik,” 2023.

I. Rusi, R. E. Suhardi, D. Yustosio, A. P. Aditya, S. Sugiyanto, and F. A. D. Op Sunggu, “Pelatihan penggunaan Aplikasi Canva dalam pembuatan poster guna mendukung kreativitas siswa,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 7, no. 2, p. 181, May 2024, doi: 10.28989/kacanegara.v7i2.2012.

M. Nurfitriyanti et al., “Sosialisasi Penggunaan Canva Dalam Pembuatan Modul Pembelajaran,” Communnity Development Journal, vol. 3, no. 3, pp. 1432–1437, 2022.

S. D. Apriliana and R. Nawangsari, “Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi,” Forum Ekonomi, vol. 23, no. 4, pp. 804–812, 2021

Muhamad Hanafi et al., “Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Presentasi Siswa SMP pada Matematika,” Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA, vol. 11, no. 1, pp. 149–160, 2023.

Ibnur Rusi et al., “Increasing Student Knowledge and Skills in Utilizing Google Apps,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 1, Feb. 2023, doi: 10.31849/dinamisia.v7i1.12351.

Arifah Novia Arifin, Ismail, Firdaus Daud, and Asmawati Azis, “Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa,” Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, pp. 468–472, 2021

A. Fauzi et al., “Informasi Artikel Abstrak,” vol. 4, pp. 3936–3944, 2023, doi: 10.55338/jpkmn.v4i4.

Article Metrics

Abstract view: 64 times
Download     : 15   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.