Sosialisasi dampak positif stres terhadap perubahan pola pikir stres pada guru

Suwanda Priyadi, Nisrina Hanun Iftadi, Farah Hanifah Nuraini, Icha Triya Amanda, Taufik Imansyah, Muhammad Harisuddin Al-Munawwar

Submitted : 2024-06-06, Published : 2024-11-01.

Abstract

Tingkat stres yang tinggi dan kronis memiliki banyak konsekuensi negatif bagi guru. Sehingga, guru perlu mengembangkan keterampilannya dalam menghadapi stres, khususnya respons terhadap stres. Salah satu hal yang mempengaruhi respons terhadap stres adalah pola pikir stres. Oleh karena itu, sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong perubahan pola pikir guru terhadap stres. Sosialisasi berupa penyampaian materi tentang dampak positif stres. Peserta sosialisasi adalah 52 guru SMA Negeri X Surakarta. Evaluasi hasil sosialisasi menggunakan rancangan eksperimen-kuasi satu kelompok praperlakuan dan pascaperlakuan (one-group pretest-posttest design). Hasil analisis menujukkan bahwa pola pikir guru terhadap stres yang memiliki dampak negatif dan harus dihindari secara signifikan lebih rendah setelah mereka mendapatkan materi tentang dampak positif stres. Selain itu, pola pikir guru terhadap stres yang memiliki dampak positif dan harus dimanfaatkan secara signifikan lebih tinggi setelah mereka mendapatkan materi tentang dampak positif stres. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penyampaian materi dampak positif stres mendorong perubahan pola pikir stres pada guru.

Keywords

guru; pola pikir stres; sosialisasi; stres

References

L. Flook, S. B. Goldberg, L. Pinger, K. Bonus, dan R. J. Davidson, "Mindfulness for teachers: A pilot study to assess effects on stress, burnout and teaching efficacy," Mind Brain Educ. Off. J. Int. Mind Brain Educ. Soc., vol. 7, no. 3, hlm. 10.1111/mbe.12026, Sep 2013, doi: 10.1111/mbe.12026

A. Astuti, "Dukungan kepemimpinan guru, kondisi lingkungan dan minat belajar terhadap kemandirian siswa SMA," Manaj. Pendidik., vol. 13, no. 2, Art. no. 2, Jan 2019, doi: 10.23917/jmp.v13i2.6395

S. Narimo, D. D. Hastuti, dan A. Sutopo, "Konsekuensi tanggung jawab dalam pembelajaran Matematika SMA," J. VARIDIKA, vol. 30, no. 2, Art. no. 2, Jan 2019, doi: 10.23917/varidika.v30i2.7568

K. C. Herman, W. M. Reinke, dan C. L. Eddy, "Advances in understanding and intervening in teacher stress and coping: The Coping-Competence-Context Theory," J. Sch. Psychol., vol. 78, hlm. 69-74, Feb 2020, doi: 10.1016/j.jsp.2020.01.001

L. M. H. Sanetti, A. M. Boyle, E. Magrath, A. Cascio, dan E. Moore, "Intervening to decrease teacher stress: a review of current research and new directions," Contemp. Sch. Psychol., vol. 25, no. 4, hlm. 416-425, Des 2021, doi: 10.1007/s40688-020-00285-x

W. Firdaus dan R. Arjanggi, "Self-efficacy and career decision making difficulties in senior high school students," Indig. J. Ilm. Psikol., vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Nov 2020, doi: indigenous.v5i2.8941

S. Tono, "Kepemimpinan sekolah: Efektivitas dan efisiensi dalam peningkatan guru," J. VARIDIKA, vol. 32, no. 1, Art. no. 1, Jul 2020, doi: 10.23917/varidika.v32i1.11299

A. J. Crum, P. Salovey, dan S. Achor, "Rethinking stress: The role of mindsets in determining the stress response.," J. Pers. Soc. Psychol., vol. 104, no. 4, hlm. 716-733, Apr 2013, doi: 10.1037/a0031201

A. J. Crum, M. Akinola, A. Martin, dan S. Fath, "The role of stress mindset in shaping cognitive, emotional, and physiological responses to challenging and threatening stress," Anxiety Stress Coping, vol. 30, no. 4, hlm. 379-395, Jul 2017, doi: 10.1080/10615806.2016.1275585

A. J. Crum dkk., "Evaluation of the 'rethink stress' mindset intervention: A metacognitive approach to changing mindsets.," J. Exp. Psychol. Gen., vol. 152, no. 9, hlm. 2603-2622, Sep 2023, doi: 10.1037/xge0001396

C. S. Dweck dan D. S. Yeager, "Mindsets: A view from two eras," Perspect. Psychol. Sci., vol. 14, no. 3, hlm. 481-496, Mei 2019, doi: 10.1177/1745691618804166

C. S. Dweck, "The choice to make a difference," Perspect. Psychol. Sci., vol. 14, no. 1, hlm. 21-25, Jan 2019, doi: 10.1177/1745691618804180

J. L. Burnette, L. E. Knouse, D. T. Vavra, E. O'Boyle, dan M. A. Brooks, "Growth mindsets and psychological distress: A meta-analysis," Clin. Psychol. Rev., vol. 77, hlm. 101816, Apr 2020, doi: 10.1016/j.cpr.2020.101816

T. D. Hastjarjo, "Rancangan eksperimen-kuasi," Bul. Psikol., vol. 27, no. 2, hlm. 187-203, Des 2019, 10.22146/buletinpsikologi.38619

A. Mashuri, Buku ajar statistika nonparametrik. Inara Publisher, 2022.

JASP Team, "JASP." September 2023.

B. G. Permana, "9 Dampak stres pada tubuh yang patut diwaspadai," Juni, 2024 679-704, Jan 2010, doi: 10.1146/annurev.psych.093008.100352

L. D. Godoy, M. T. Rossignoli, P. Delfino-Pereira, N. Garcia-Cairasco, dan E. H. de Lima Umeoka, "A comprehensive overview on stress neurobiology: Basic concepts and clinical implications," Front. Behav. Neurosci., vol. 12, Jul 2018, doi: 10.3389/fnbeh.2018.00127

G. S. Shields, M. A. Sazma, dan A. P. Yonelinas, "The effects of acute stress on core executive functions: A meta-analysis and comparison with cortisol," Neurosci. Biobehav. Rev., vol. 68, hlm. 651-668, Sep 2016, doi: 10.1016/j.neubiorev.2016.06.038

Article Metrics

Abstract view: 120 times
Download     : 25   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.