Penguatan keterampilan teknologi informasi bagi guru melalui pelatihan Microsoft Office di UPTD SDN 168 Inpres Jambua

Ahyuna Ahyuna, Asmah Akhriana, Madyana Patasik, Magfirah Magfirah, Muh. Khaddafi, Novita Sambo Layuk, Nurul Aini, Santi Santi, Sitti Aisa, Sri Wahyuningsi Piu, Suci Ramadhani Arifin

Submitted : 2024-06-01, Published : 2024-11-01.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru di UPTD SDN 168 Inpres Jambua melalui pelatihan Microsoft Office. Pelatihan yang diikuti oleh 20 orang guru ini berfokus pada pemanfaatan aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint untuk pembelajaran yang efektif dan inovatif. Metode yang digunakan meliputi pelatihan teori dan praktik, pendampingan, serta evaluasi pemahaman peserta. Hasilnya, keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran berkualitas meningkat. Evaluasi kuesioner menunjukkan respon positif dari peserta terkait materi, penyampaian, dan kebermanfaatan pelatihan. Mayoritas menyatakan pelatihan sesuai kebutuhan, memberikan keterampilan baru, dan bermanfaat bagi pembelajaran. Sebagian besar peserta menyatakan akan menerapkan keterampilan tersebut. Kegiatan ini juga menjalin sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Peserta terbaik berpotensi menjadi agen perubahan dalam penerapan teknologi informasi di sekolah. Tantangan yang dihadapi adalah durasi pelatihan yang dirasa kurang dan perlunya pendampingan lebih lanjut. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesionalisme guru melalui penguasaan Microsoft Office.

Keywords

Profesionalisme Guru; Microsoft Office; Pengabdian kepada Masyarakat; Teknologi Pendidikan; Pengembangan Profesional

References

N. Niyarci, “Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara,” Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, May 2022, doi: 10.57251/ped.v2i1.336.

S. Sulastri, H. Fitria, and A. Martha, “Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Journal of Education Research, vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Dec. 2020, doi: 10.37985/jer.v1i3.30.

W. Rohmah, “Upaya Meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Peningkatan Profesionalisme Guru,” Apr. 2016, Accessed: Jun. 01, 2024.

D. E. Myori, K. Chaniago, R. Hidayat, F. Eliza, and R. Fadli, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2019, doi: 10.24036/jtev.v5i2.106832.

K. Maullidina, E. S. Mulyani, and C. Atikah, “Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Kualitas Pendidikan,” Journal of Education Research, vol. 4, no. 4, Art. no. 4, Nov. 2023, doi: 10.37985/jer.v4i4.519.

N. Shofiyah, C. N. Aulina, and N. Efendi, “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sains Berbasis Smartphone,” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 23–33, Mar. 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i1.29.

M. I. Fawwaz, M. F. Akbar, M. Churiyah, and Sholikhan, “Peningkatan Kompetensi Guru SD Melalui Pengembangan Media Belajar Interaktif,” PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 1, no. 4, Art. no. 4, Aug. 2022, doi: 10.55047/prima.v1i4.349.

S. Musalamah, A. Saefudin, and M. A. Ramadhan, “Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office Untuk Mendukung Kinerja Tenaga Pendidik Di Sekolah | Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat,” Aug. 2021, Accessed: Jun. 06, 2024.

I. Y. Okyranida and I. A. D. Astuti, “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Videoscribe bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Lebak,” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 5, no. 4, Art. no. 4, Nov. 2020, doi: 10.30653/002.202054.406.

I. Santoso, Pendidikan Pelatihan (Diklat), Iklim Organisasi, dan Motivasi Berprestasi: Pengaruhnya pada Kinerja Guru. Penerbit NEM, 2021.

F. A. Zahwa and I. Syafi’i, “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, vol. 19, no. 01, pp. 61–78, Jan. 2022, doi: 10.25134/equi.v19i01.3963.

L. Rosmalia and D. Y. Setyawan, “Pelatihan Pengelolaan Administrasi Sekolah bagi Guru di SD N 1 Talang Jawa Kabupaten Tanggamus Lampung,” Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, vol. 1, no. 0, Art. no. 0, Aug. 2022.

J. I. Poerwanti and T. Budiharto, “Pelatihan Merancang Instrumen Asesmen High Order Thinking Skills Pada Guru-Guru SD Di Kecamatan Laweyan Surakarta,” WIDYA LAKSANA, vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2020, doi: 10.23887/jwl.v9i1.16660.

E. Puspitoningrum et al., “Pelatihan Implementasi Paradigma Pembelajaran Bahasa Indonesia Terkini Bagi Guru MGMP Bahasa Indonesia Kota Kediri,” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 6, pp. 11347–11352, Dec. 2023, doi: 10.31004/cdj.v4i6.22314.

R. Asmara and W. R. Kusumaningrum, “Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja Berstandar LKIR LIPI Bagi Guru Dan Siswa SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang,” WIDYA LAKSANA, vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2020, doi: 10.23887/jwl.v9i1.21760.

M. Syahroni, T. P. R. N. Hapsari, and I. Shalima, “Pelatihan Microsoft Office Guna Meningkatkan Kemampuan Teknologi Guru Dalam Administrasi Pendidikan,” Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, vol. 2, no. 4, Art. no. 4, Dec. 2022, doi: 10.37905/dikmas.2.4.1045-1052.2022.

Article Metrics

Abstract view: 42 times
Download     : 22   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.