Sosialisasi Follow Like Comment Share(FLCS) sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan ayam bakar Pak’D Surabaya

Dian Eswin Wijayanti, Siska Dwi Haryani, Winda Agustina

Submitted : 2024-06-01, Published : 2024-11-01.

Abstract

Pesatnya perkembangan media sosial yang ada di Indonesia memberikan dampak besar terhadap dunia pemasaran. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan promosi dan pemasaran di Ayam Bakar Pak 'D'. Metode yang digunakan dalam pemaparan materi aplikasi FLCS (follow, like, comment, share), diskusi, dan pelatihan penggunaan aplikasi TikTok dan Instagram sebagai media promosi. Alur pelaksanaan terbagi dalam tiga tahapan, meliputi tahap observasi, sosialisasi dan pelatihan, evaluasi. Hasil observasi didapatkan permasalahan yang dialami di kegiatan marketing Ayam bakar Pak ‘D’ dirasa kurang efisien. Pemilik usaha perlu mempertimbangkan penggunaan Digital marketing dalam kegiatan marketing. Digital marketing adalah strategi atau Upaya yang digunakan untuk melakukan pemasaran dan mempromosikan produk melalui beberapa media digital seperti sosial media. FLCS (follow, like, comment, share) merupakan salah satu kegiatan marketing yang rencana dapat dilakukan di Ayam Bakar Pak ‘D’. Adapun kegiatan new marketing lainnya adalah upload konten di Instagram dengan penambahan lokasi dan kata-kata untuk memberikan umpan balik kepada views

Keywords

FLCS (follow, like, comment, share); Karyawan; Digital Marketing; New Marketing; Manajemen Pemasaran

References

M. Astuti and R. Nurdin, “Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 5, no. 1, pp. 59–66, 2022, doi: 10.28989/kacanegara.v5i1.1041.

N. Faiza and A. Kristina, “Interaksi Teknologi dan Tenaga Kerja: Peran Teknologi pada Daya Saing Produk (Studi Kasus Sentra Usaha Kecil dan Menengah Bordir Bangil Pasuruan),” J. Maksipreneur Manajemen, Koperasi, Dan Entrep., vol. 10, no. 2, pp. 181–195, 2021. doi: 10.30588/jmp.v10i2.717

H. Lambuan, M. A. N. Letuna, and others, “Penggunaan Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pacaran Jarak Jauh,” J. Communio J. Jur. Ilmu Komun., vol. 8, no. 2, pp. 1362–1391, 2019.

A. T. Wibowo, “Analisis Penerapan Imc Pada Startup LinkAja Dalam Kompetisi Di Bidang Fintech Indonesia,” 2021.

A. S. Cahyono, “Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Madyarakat di Indonesia,” J. Ilmu Syari’Ah Dan Perbank. Islam, vol. 5(2), pp. 202–225, 2020. doi: 10.36563/publiciana.v9i1.79

A. Rohimah, “Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional,” KANAL J. Ilmu Komun., vol. 6, no. 2, p. 91, 2019, doi: 10.21070/kanal.v6i2.1931.

R. N. Nugraha, W. Raditia, and others, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Hotel Teraskita Jakarta,” J. Daya Saing, vol. 9, no. 1, pp. 222–228, 2023.

F. Augustinah, “Pemanfaatan media sosial sebagai promosi makanan ringan kripik singkong di kabupaten sampang,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53(9), pp. 1689–1699, 2019. doi: 10.36636/dialektika.v4i2.345

L. Yulia and W. Setianingsih, “Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada Umkm Produksi Mebel Di Babakan Muncang Tamansari Kota Tasikmalaya),” J. Maneksi (Management Ekon. Dan Akuntansi), vol. 9, no. 1, pp. 346–354, 2020.

B. Setiawan and A. Fadillah, “Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 29–36, 2020.

S. Supriyati, R. S. Bahri, S. C. Nugraha, and K. Fernaldy, “Implementasi aplikasi digital marketing sebagai strategi penjualan untuk meningkatkan kinerja pendapatan UMKM di wilayah Cisaranten Kulon,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 1, pp. 25–32, 2023, doi: 10.28989/kacanegara.v6i1.1350.

J. Sulaksono, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Gener. J., vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020, doi: 10.29407/gj.v4i1.13906.

G. E. Aryanto and R. Victor, “Penggunaan Digital Marketing Pada Jasa Usaha Fotografi ‘X,’” J. Strateg. Maranatha, vol. 1, no. November, pp. 411–425, 2019.

N. A. N. Aisyah, I. M. Hendrati, and W. Wardana, “Adaptasi Digital Marketing dalam Rangka Mewujudkan Ekonomi Kreatif UMKM di Kelurahan Penjaringansari,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 7, no. 1, p. 45, 2024, doi: 10.28989/kacanegara.v7i1.1723.

C. S. Bangun and S. Purnama, “Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah),” ADI Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 89–98, 2023. doi: 10.34306/adimas.v3i2.826

V. V. Pandora and Y. M. Djajalaksana, “Penerapan Digital Marketing Multichannel untuk Pemasaran Program Studi Sistem Informasi,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 100–118, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i1.4248.

D. E. Wijayanti, A. R. Satriatama, A. Auliansyah, and Z. Ni’mah, “Mengoptimalkan Potensi Lokal dan Ekonomi melalui Inisiasi Penanaman Kelor di DEsa Sotabar Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan,” J. Pengamas, vol. 6, no. 3, pp. 266–274, 2023.

Article Metrics

Abstract view: 46 times
Download     : 17   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.