Pelatihan dan pendampingan digital marketing untuk bisnis jasa landscaping di Kabupaten Lamongan

Dana Marsetiya Utama, Teguh Baroto, Arnelia Dwi Yasa

Submitted : 2024-03-14, Published : 2024-08-01.

Abstract

Artikel ini membahas sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan digital marketing yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis jasa landscaping di Lamongan. Kegiatan ini terdiri dari empat tahapan utama, yaitu Pre-test Awal, Paparan Materi Digital Marketing, Pendampingan Pemanfaatan Web untuk Digital Marketing, dan Post-test Akhir. Pendekatan yang digunakan meliputi pelatihan pemasaran digital yang interaktif dan partisipatif serta pendampingan yang melibatkan sesi presentasi, diskusi kelompok, studi kasus, dan latihan praktis. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta terkait digital marketing. Selain itu, dampak dari kegiatan pendampingan digital marketing juga dapat diamati melalui pengembangan tampilan website yang telah dibangun. Penyelenggaraan kegiatan ini memberikan bukti konkret tentang efektivitas pelatihan dan pendampingan dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep-konsep digital marketing dalam konteks bisnis jasa landscaping. Temuan ini memiliki implikasi yang penting bagi pengembangan keterampilan dan peningkatan kinerja bisnis di era digital saat ini.

Keywords

pelatihan; pendampingan; digital marketing; jasa landscaping; pengabdian masyarakat

References

Karim, F. Fadlina, and G. Ginting, "Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu," Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), vol. 2, no. 1, pp. 12-16, 2022.

L. Septiana, S. Sapitri, and S. M. Muhlida, "Pelatihan Digital Marketing dan Pembuatan Sabun pada Siswa-Siswi SMP Yayasan Perguruan Islam As Sa'adah," TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), vol. 5, no. 1, pp. 22-31, 2022, doi: 10.35335/abdimas.v5i1.1843

H. Muharam, H. Gursida, W. Hasyim, D. Daryono, and M. Ramdan, "Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Umkm Di Tajur Halang Kab. Bogor," Journal of Community Service and Engagement, vol. 3, no. 5, pp. 28-32, 2023, doi: 10.31294/abdiekbis.v3i2.2923

N. Nuraisyah, D. Haryono, and L. Lutfiani, "Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk Dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula)," Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), vol. 2, no. 2, pp. 63-78, 2023.

A. A. Purwati, M. Irman, S. Rahman, M. L. Hamzah, Y. Desnelita, and H. Hamzah, "Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM Tenun Songket Melayu Cahaya Kemilau," ARSY: Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 52-56, 2021, doi: 10.55583/arsy.v2i1.164

S. Mariam and A. H. Ramli, "Pelatihan Dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM Di Kota Jakarta Barat," Indonesian Collaboration Journal of Community Services, vol. 3, no. 4, pp. 379-390, 2023, doi: 10.53067/icjcs.v3i4.149

E. Siska and D. A. W. Prapto, "Pelatihan digital marketing pada marketplace sebagai strategi peningkatan penjualan produk UMKM pulo gadung jakarta timur pada masa new normal," Jurnal Abdimas Perbanas, vol. 2, no. 2, pp. 59-75, 2021, doi: 10.56174/jap.v2i2.422

S. A. Sholikhatin, W. Fitrianingsih, and S. Dhiyaulhaq, "Pelatihan Digital Marketing bagi Anggota Nasyiatul Aisyiyah Purbalingga dalam Menghadapi Era Pasar Global dan Pengembangan Industri Kreatif," SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 4, no. 3, pp. 849-854, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v4i3.5395

A. A. J. Sinlae, P. A. Nani, M. A. L. Amaral, A. Ketmoen, G. D. Tukan, and P. A. K. L. Ratumakin, "Pelatihan Digital Marketing Untuk Penguatan Kapasitas BUMDes Kecamatan Kupang Barat," Jurnal Abdimas Bina Bangsa, vol. 4, no. 1, pp. 263-270, 2023.

C. S. Bangun and S. Purnama, "Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)," ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 89-98, 2023, doi: 10.34306/adimas.v3i2.826

C. Ahmadi, D. Hermawan, N. L. P. Srinadi, and T. M. Kusuma, "Penerapan digital marketing sebagai strategi pengembangan usaha ternak tikus putih," Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 29-37, 2021, doi: 10.35912/yumary.v2i1.503

M. Sholahuddin, W. Wiyadi, N. I. Abas, S. D. Rahmawati, and R. Y. Rahmawati, "Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Usaha UMKM Binaan PCIM Malaysia," Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 1, pp. 4147-4161, 2024.

H. Rian, R. Estiana, N. G. Karomah, S. Suharmanto, and H. Gustiawan, "Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan," Jurnal Abdidas, vol. 3, no. 4, pp. 655-661, 2022, doi: 10.31004/abdidas.v3i4.651

T. Mardiana, I. Elyana, D. N. Sulistyowati, K. S. Setiawan, N. Khofifah, and N. S. Firmansya, "Pelatihan Konten Digital Marketing untuk Tingkatkan Customer Engagement UMKM Kopi Goenoeng Berjaya," Majalah Ilmiah Upi Yptk, pp. 44-51, 2023, doi: 10.35134/jmi.v30i2.154

M. R. Fahdia, I. Kurniawati, F. Amsury, and I. Saputra, "Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur," Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 34-39, 2022, doi: 10.25008/abdiformatika.v2i1.147

A. P. Putri et al., "Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 2.1 Desember, pp. 828-839, 2022.

A. Alfina, M. M. Khoirina, and T. A. Nastiti, "Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik," Jurnal Abdidas, vol. 1, no. 6, pp. 797-804, 2020, doi: 10.31004/abdidas.v1i6.166

D. N. Fahira, E. Agustina, and M. Qurhtuby, "Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 63-68, 2021.

M. A. Nasution and A. Afandi, "Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang," Fusion: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 58-65, 2022.

P. Prihatini, "Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso," ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, vol. 1, no. 2, pp. 264-270, 2022, doi: 10.55123/abdikan.v1i2.309

I. W. A. Pratama, "Pelatihan Digital Marketing Untuk Pemasaran Desa Wisata di Kepulauan Wakatobi," Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 27-32, 2023, doi: 10.59025/js.v2i1.60

D. Novitasari, E. T. Pebrina, D. Sutardi, Y. A. Nugroho, and F. Putra, "Pelatihan Digital Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Pelaku UMKM di Tangerang," Journal of Community Service and Engagement, vol. 2, no. 2, pp. 7-16, 2022.

A. Justitia, I. Werdiningsih, F. Effendy, and T. Taufik, "Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital," Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 60-72, 2021, doi: 10.47747/jnpm.v2i2.388

L. N. Hakim, "Pelatihan Membuat Website Digital Marketing Dengan Google Site Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Dikalangan Mahasiswa," KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 69-73, 2022, doi: 10.60004/komunita.v1i2.23

A. I. Candra, H. Hendy, H. Pratikto, A. Gunarto, and S. Sumargono, "Digital marketing untuk kewirausahaan pesantren di masa pandemi covid-19," Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 1-6, 2021, doi: 10.30656/jpmwp.v5i1.2586

D. M. Utama, "Penguatan Aspek Manajemen Produksi dan Kualitas Tempe Pada UKM Tempe," JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat); VOL. 3 NOMOR 1 MARET 2019 JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat)DO - 10.30595/jppm.v3i1.3641, 2019, doi: 10.30595/jppm.v3i1.3641

D. M. Utama and T. Baroto, "Program Kemitraan Masyarakat Industri Keripik Tempe Desa Bakalan Krajan Kecamatan Sukun," ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 8, no. 2, pp. 171-178, 2020, doi: 10.29313/ethos.v8i2.5379

A. D. Yasa, F. N. Kumala, and D. M. Utama, "Mewujudkan Sekolah Ramah Lingkungan: Program Eco Printing untuk Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 141-147, 2023.

A. Apriliana, N. Wahdini, V. Pramaningsih, R. Suhelmi, and A. Daramusseng, "Pendampingan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pemilahan Sampah Di Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir," SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 1, pp. 336-340, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i1.7315

I. M. A. Nugraha, F. Luthfiani, G. Sotyaramadhani, M. A. Idrus, K. Tambunan, and M. Samusamu, "Pendampingan teknis pemasangan dan perawatan pembangkit listrik tenaga surya di Desa Tablolong Nusa Tenggara Timur," Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 97-107, 2021, doi: 10.29303/rengganis.v1i2.89

M. Al Hafidz, L. D. Fitrani, M. Muazaroh, R. Iramani, and M. A. Karyawan, "Pendampingan Peningkatan Kompetensi Dan Motivasi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Masa Pandemi Covid-19," SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 3, pp. 1103-1108, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i3.9748

E. Lena, "Digital Marketing Training for MSMEs in Surabaya," Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 484-489, 2023, doi: 10.56799/joongki.v2i3.1759

Article Metrics

Abstract view: 135 times
Download     : 63   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.