Peningkatan strategi pemasaran dan legalitas usaha UMKM Amelia Catering di Kecamatan Rembang

Novia Ainur Romandona, Siti Alliyah, Siti Nugrahani

Submitted : 2024-03-02, Published : 2024-08-01.

Abstract

UMKM Amelia Catering merupakan usaha yang bergerak dalam produksi catering makanan. UMKM Amelia Catering berada di Desa Leteh Kabupaten Rembang. Dalam melaksanakan usahanya, UMKM Amelia Catering memiliki permasalahan seperti belum memiliki legalitas dan pemasaran masih tradisional belum beralih ke digital. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut maka program dalam pengabdian masyarakat adalah membuat banner penunjuk arah, membuat google maps, membuat akun media sosial instagram, membuat NIB. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan pendampingan. Hasil dari pengabdian yang telah penyusun laksanakan adalah memiliki banner petunjuk arah UMKM sehingga memudahkan pelanggan menemukan alamat usaha, memiliki akun google maps, membuat akun instagram, memiliki legalitas usaha. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan UMKM kepada masyarakat supaya masyarakat bisa mengetahui menu dan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM dan mempunyai bukti kelegalan. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan program KKU ini dapat turut serta membantu mengembangkan UMKM Amelia Catering kedepannya.

References

E. Listyawati and A. Muhim, "Pemberdayaan UMKM Melalui Penguatan Legalitas Usaha Di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor," PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 46-52, Sep. 2022, doi: 10.47776/praxis.v1i1.573

S. Bakhri and V. Futiah, "Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19," Jurnal Loyalitas Sosial, vol. 2, no. 2, p. 59, Sep. 2020, doi: 10.32493/JLS.v2i2.p59-70

K. N. Abidah, I. Baihaqi, and S. F. Persada, "Konsep Model Bisnis Inkubasi Online dengan Perspektif Triple Helix,"Jurnal Teknik ITS, vol. 9, no. 1, pp. 13-18, Jul. 2020, doi: 10.12962/j23373539.v9i1.42551

K. Rosyadah and Wirakartika , "Penerapan Strategi Digital Pada UMKM Kopi Murni Pak Tuwo Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 3, pp. 1894-1901, Aug. 2023.

A.U. Syukri and A. N. Sunrawali, "Digital Marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah," KINERJA, vol. 19, no. 1, pp. 170-182, 2022. doi: 10.30872/jkin.v19i1.10207

A.Yuniarti, "Pemberdayaan UMKM tentang Pentingnya Adaptasi Digital dan Legalitas Usaha di Limpomajang Kec. Majauleng Kab. Wajo," Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 299-306, Sep. 2023.

G. G. Zalzalah and F. Farhan, "Pendampingan Pemasaran Daring dan Pembuatan Studio Foto Mini di UMKM Nyami'an Ndeso," J. Altifani Penelit. Pengabd. k. Masy, vol. 2, no. 4, pp. 354-361, Jul. 2022.

S. F. Insani, Y. Syahrizal, and A. P. Putra, "Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari," Warta, vol. 25, no. 1, pp. 44-56, Jan. 2022, doi: 10.23917/warta.v25i1.596

S. Ikerismawati, I. Sholiha, and S. Hardiyanti, "Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan," I-Com, vol. 3, no. 3, pp. 1294-1302, Sep. 2023, doi: 10.33379/icom.v3i3.3139

P. A. Fauziyya, F. A. Rashida, and L. Arif, "Pembuatan NIB Dan Aplikasi Google Maps Dalam Pengembangan UMKM Desa Kebondalem Kabupaten Jombang," JPkMN, vol. 4, no. 3, pp. 1837-1847, Aug. 2023, doi: 10.55338/jpkmn.v4i3.1214

U. N. Umi, D. Ambarwati, and S. Srikamlah, "Pelatihan Pembuatan Nomor Ijin Berusaha untuk Kelegalitasan Usaha pada Pelaku Usaha di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri," empowerment.j.n.a, vol. 1, no. 3, pp. 351-368, May. 2022, doi: 10.55983/empjcs.v1i3.115

Hasyim, "Pengembangan UMKM Desa Sapit Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital dan Legalitas Usaha," JPMPI, vol. 6, no. 3, pp. 735-742, Sep. 2023.

E. Soleha, E. Rulianti, and F. Maria, "Sosialisasi Pemberdayaan Umkm "Umkm Bangkit Bersinergi"," ABDIMAS 45, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, Apr. 2022, doi: 10.30640/abdimas45.v1i1.165

V. S. Purborini, "Pentingnya Legalitas Pirt Dan Nib Bagi Pelaku Usaha Kue Kering," Jurnal Magister, vol. 14, no. 1, pp. 28-37, May. 2023, doi: 10.37303/magister.v14i1.75

N. A. Dewi and R. A. Suwaidi, "Pendampingan Pembuatan Legalitas Usaha dan Branding Produk UMKM Desa Ngampungan," JPMSAINTEK, vol. 3, no. 2, pp. 01-06, Sep. 2023, doi: 10.58169/jpmsaintek.v2i3.164

Article Metrics

Abstract view: 122 times
Download     : 54   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.