Pelatihan analisis kualitas instrumen penilaian hasil belajar dengan pendekatan Clasical Theory dan Item Response Theory di sekolah dasar

Marlina Marlina, Abdul Rahim, Fatahul Aziz, Ahmad Tsaaqib Arsalaan

Submitted : 2023-10-11, Published : 2024-05-01.

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai peningkatan softskill guru pada Sekolah Dasar Negeri 44 Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat ini bertujuan memenuhi kebutuhan mengenai keterampilan dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengolah data jawaban siswa menggunakan aplikasi QUEST. Kegiatan pelatihan yang terdiri tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pendampingan dan pemantauan, sertHaa tahap evaluasi dan pendampingan. Butir soal yang telah dianalisis, guru dapat memberikan soal yang berkualitas dan terukur sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Kegiatan pelatihan analisis butir soal ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan selama satu kali pertemuan. Metode pelaksanaan ini menggunakan pendekatan partisipatif. Hasil kegiatan diperoleh adanya peningkatan kemauan dan kemampuan guru dalam melakukan pengolahan data dan menganalisa butir soal menggunakan aplikasi QUEST. Oleh karena itu, kegiatan ini telah menjawab permasalah mitra terkait peningkatan mutu pendidikan melalui penilaian dan evaluasi pembelajaran.

Keywords

Teori tes klasik, Teori respon butir, Analisis butir soal, QUEST

References

A. Ardiansyah and N. Nana, "Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah," Indones. J. Educ. Res. Rev., vol. 3, no. 1, p. 47, 2020, doi: 10.23887/ijerr.v3i1.24245

S. Rahman, "Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar," in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2021, pp. 289-302.

R. Purwanto, "Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadapsiswa Kelas Xi Ipa Sma Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011," J. Pendidik. Dompet Dhuafa Ed., vol. 1, no. 1, pp. 1-14, 2011.

A. Sugiana, "A Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum di Indonesia," eL-HIKMAH J. Kaji. dan Penelit. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 1, pp. 91-103, 2018, doi: 10.20414/elhikmah.v12i1.229

S. G. Farrag, "Innovative Assessment Practice to Improve Teaching and Learning in Civil Engineering," Int. J. Learn., vol. 6, no. 2, pp. 74-80, 2020, doi: 10.18178/ijlt.6.2.74-80

O. Rohmawati, Poniah, and Adiyono, "Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar," J. Pendidik. dan Kegur., vol. 1, no. 3, pp. 108-199, 2023.

I. F. N. D. Primasari, A. Marini, and M. S. Sumantri, "Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar," J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1479-1491, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.956

M. Hartuti and D. E. Handayani, "Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 di Kelas Rendah," J. Prim. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1-8, 2019, doi: 10.24014/ejpe.v2i1.7370

I. Afriyanti, Wardono, and Kartono, "Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi," Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 1, pp. 608-617, 2018

A. Sobron, B. Bayu, R. Rani, and M. S, "Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah," Prosiding, vol. 1, no. 1, pp. 1-5, 2019.

F. Fridatama, T. Triyanto, and A. N. Wulandari, "Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Singgung Lingkaran di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020," J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 5, no. 5, pp. 201-210, 2021.

E. Dedeng, T. Fayeldi, and R. D. Ferdiani, "Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Sub Materi Penyelesaian Spldv Dan Penerapan Spldv Menggunakan Three Tier-Test," RAINSTEK J. Terap. Sains Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 129-135, 2020, doi: 10.21067/jtst.v2i2.4639

B. Utomo, "Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam," J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 156-175, 2019, doi: 10.21043/jpm.v1i2.4883

I. Magdalena, S. Ramadanti, S. N. Ramdhan, and V. Luftiyah, "Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Gintung I Kecamatan Sukadiri," vol. 3, no. 5, pp. 729-740, 2023, doi: 10.58578/masaliq.v3i5.1355

M. Saftari and N. Fajriah, "Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar," Edutainment J. Ilmu Pendidik. dan Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 71-81, 2019, doi: 10.35438/e.v7i1.164

N. M. Dwijayani, "Development of circle learning media to improve student learning outcomes," J. Phys. Conf. Ser., vol. 1321, no. 2, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099

I. Supena, A. Darmuki, and A. Hariyadi, "The Influence of Learning Model on Students' Learning Outcomes," Int. J. Instr., vol. 14, no. 3, pp. 873-892, 2021, doi: 10.29333/iji.2021.14351a

A. Shaw et al., "Thinking critically about critical thinking: validating the Russian HEIghten® critical thinking assessment," Stud. High. Educ., vol. 45, no. 9, pp. 1933-1948, 2020, doi: 10.1080/03075079.2019.1672640

D. Hamilton, J. McKechnie, E. Edgerton, and C. Wilson, Immersive virtual reality as a pedagogical tool in education: a systematic literature review of quantitative learning outcomes and experimental design, vol. 8, no. 1. Springer Berlin Heidelberg, 2021. doi: 10.1007/s40692-020-00169-2

D. Pratama, "Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch," Tarbawy J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 61-70, 2020, doi: 10.32923/tarbawy.v7i1.1187

E. Albanese, L. Bütikofer, S. Armijo-Olivo, C. Ha, and M. Egger, "Construct validity of the Physiotherapy Evidence Database (PEDro) quality scale for randomized trials: Item response theory and factor analyses," Res. Synth. Methods, vol. 11, no. 2, pp. 227-236, 2020, doi: 10.1002/jrsm.1385

Y. Tyumeneva, E. Kardanova, and J. Kuzmina, "Two related but independent constructs instead of one. Evidence from item response theory," Eur. J. Psychol. Assess., vol. 35, no. 4, pp. 469-478, 2019, doi: 10.1027/1015-5759/a000424

D. Mardapi, Pengukran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika, 2012.

S. C. Kong and Y. Q. Wang, "Item response analysis of computational thinking practices: Test characteristics and students' learning abilities in visual programming contexts," Comput. Human Behav., vol. 122, no. March, p. 106836, 2021, doi: 10.1016/j.chb.2021.106836

S. Min and V. Aryadoust, "A systematic review of item response theory in language assessment: Implications for the dimensionality of language ability," Stud. Educ. Eval., vol. 68, no. November 2020, p. 100963, 2021, doi: 10.1016/j.stueduc.2020.100963

W. C. M. Belzak, "The Multidimensionality of Measurement Bias in High-Stakes Testing: Using Machine Learning to Evaluate Complex Sources of Differential Item Functioning," Educ. Meas. Issues Pract., vol. 42, no. 1, pp. 24-33, 2023, doi: 10.1111/emip.12486

Article Metrics

Abstract view: 44 times
Download     : 17   times Download     : 2   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.