Peningkatan pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk siswa dan siswi Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Bandung

Siti Saodah, Ahmad Deni Mulyadi, Hermagasantos Zein, Bella Eliana

Submitted : 2023-09-29, Published : 2024-05-01.

Abstract

Kecelakaan kebakaran, yang sering terjadi, umumnya disebabkan oleh tiga elemen utama: bahan yang mudah terbakar, oksigen, dan percikan api, dan ini mengakibatkan banyak penduduk menjadi korban, terutama di wilayah perumahan, kawasan perindustrian, bangunan umum, dan kendaraan. Kebakaran bisa dipicu oleh berbagai faktor, termasuk human error atau kesalahan manusia. Oleh karena itu, penting memiliki pemahaman mengenai risiko kebakaran akibat konsleting listrik. Untuk mengatasi ini, tim P2M dari Jurusan Teknik Energi di UPPM Polban mengusulkan program pengenalan sistem instalasi listrik dan sistem pengamanan listrik sesuai dengan standar PUIL 2011 dan standar Internasional. Program ini ditujukan kepada siswa/siswi SMKN 6 Bandung dalam bentuk workshop dengan tujuan membangun hubungan yang kokoh antara Tim Pengabdian Masyarakat (P2M) Jurusan Teknik Konversi Energi Polban (JTKE) dengan Mitra, serta memfasilitasi transfer ilmu secara berkesinambungan. Melalui program ini, diharapkan mitra dapat meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya instalasi listrik yang mematuhi PUIL 2011, memupuk perilaku aman dalam pekerjaan instalasi listrik, dan memperoleh pengetahuan dasar yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat keahlian dalam instalasi listrik.

Keywords

Energy

References

D., G., "Gedung Polban Bandung Terbakar Diduga akibat Konsleting AC," Diambil kembali dari mediaindonesia.com: wwww.mediaindonesia.com, Januari 2019.

H., A. M., "Pabrik Tekstil Terbakar Akibat Konsleting Listrik," Diambil kembali dari www.liputan6.com: www.liputan6.com, Januari 2022.

I, K., "Update Kebakaran di Gegerkalong, Tiga Rumah Hangus Terbakar," Diambil kembali dari prfmnews.pikiran-rakyat.com: prfmnews.pikiran-rakyat.com, Januari 2021.

Muttaqien, A. Y., "Ada 5 Kasus Kebakaran di KBB dan Kabupaten Bandung Sepanjang 2020," Diambil kembali dari BandungKita.id: BandungKita.id, Januari 2020.

Kepmenakertrans., "Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Listrik Sub Sektor Ketenagalistrikan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik," Dalam Kepmenakertrans, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 170/MEN/IV/2007 (hal. 119). Jakarta: Kepmenakertrans, 2007.

Mulyadi, A. D., "Gambar Listrik," Bandung: Jurusan Teknik Konversi Energi Polban, 2011

Nasional, B. S., "Persyaratan Umum Instalasi Listrik," Jakarta: Badan Standar Nasional, 2011.

Sayogo B, W. F., "Penjelasan PUIL 2022," Jakarta: Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, 2014.

Sufiyanto A, S. B., "Keselamatan dan Pemasangan Instalsi Listrik Voltase Rendah Untk Rumah Tangga," Jakarta: Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, 2016.

Ismail, I., Martini, N., & Akhmad, Z., " Penyuluhan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Listrik Rumah Tangga di Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang," Journal Community Service ConsortiumUniversitas Ciputra e-Journal, vol. 1, No. 1, 2020, doi : 10.37715/consortium.v1i1.3268

International Labour Office, Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Tempat Kerja, edisi 1. Reading, Jakarta: ILO, 2013.

I Wayan Suasira, I Made Jaya, Putu Gde Sukarata, I Ketut Sutapa, I Nengah Darma Susila, "Pemahaman Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Bidang Konstruksi Pada Pekerja Bangunan Di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali," Jurnal ABDIMAS: Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, Vol. 4 No. 1, pp. 80-86, Agustus 2022.

Yunita Adilla, Sidharta Adyatma, Deasy Arisanty, "Faktor Penyebab Kerentanan Kebakaran Berdasarkan Persepsi Masyarakat di Kelurahan Melayu Kecamatan Banjarmasin Tengah," Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 3, No 4, pp. 40-57, Juli 2016

Fuad F., " Kebakaran Oleh Listrik: Data dan Fakta?," The Australian, p. 35, May 31, 2005.

J. Jakariya, D. Setiawan, and F. Dewadi, "Pemakaian Peralatan K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) agar Tidak Terjadinya Kecelakaan Kerja," J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 281-286, 2023, doi: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1032

Article Metrics

Abstract view: 29 times
Download     : 19   times Download     : 4   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.