Company profile dan brosur komunitas Read Aloud Jogja sebagai media promosi komunitas

Kartika Sari Yudaninggar, Subektiningsih Subektiningsih, Andromeda Pandu Saputro

Submitted : 2023-08-25, Published : 2024-08-01.

Abstract

Komunitas Read Aloud Jogja berdiri sejak tahun 2020 dan telah aktif melakukan berbagai kegiatan  terkait kampanye untuk mengenalkan gerakan membacakan nyaring di wilayah Daerah Istimewa  Yogyakarta. Selama kurang lebih dua tahun berjalan, komunitas ini kemudian menyadari bahwa perlu upaya lebih untuk mempromosikan komunitas dan gerakan yang dilakukan kepada masyarakat. Oleh sebab itu Komunitas Read Aloud Jogja membutuhkan media dan promosi untuk dapat meningkatkan awareness masyarakat terkait keberadaan komunitas, dan gerakan kampanye yang dilakukan oleh Komunitas Read Aloud Jogja. Tim pengabdian masyarakat akan membantu merancang profile komunitas dalam bentuk cetak dan digital untuk dapat digunakan sebagai media promosi mengenalkan Komunitas Read Aloud Jogja kepada masyarakat, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Rencana kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan melakukan pengumpulan data dengan wawancara dengan pihak mitra, diskusi mengenai desain dan konsep perancangan, kemudian melakukan pengumpulan materi perancangan profile komunitas. Proses perancangan akan dilakukan dengan diskusi aktif antara tim pengabdian dengan mitra, dan sedapat mungkin dapat mengakomodir kebutuhan mitra. Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu berupa media promosi bagi Komunitas Read Aloud Jogja dalam bentuk Company Profile Book dan Brosur yang dimanfaatkan sebagai media promosi komunitas.

Keywords

Brosur, Komunitas Read Aloud, Profile Komunitas, pengabdian masyarakat

References

S. Suardi and S. Syarifuddin, “Peran Ganda Istri Komunitas Petani,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 1, Feb. 2017, doi: 10.26618/equilibrium.v3i1.508.

S. A. Queen, “What is a Community?,” 1923. doi:10.2307/3004942.

Tommy Kurnia, “Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika.” Accessed: Aug. 24, 2023.

Rachmat Kriyantono, Public Relations Writings: Media Public Relations Membangun Citra Korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

S. W. LittleJohn and A. Karen, Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika, 2018.

B. Natasha, P. Wibowo Yunanto, and V. Oktaviani, “Perbandingan Desain Komunikasi Visual Berbasis Brosur dan Video Sebagai Media Promosi Dapur Lamda di Cisauk-Tangerang,” PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 13–17, Jun. 2019, doi: 10.21009/pinter.3.1.3.

K. Fatimah, “Perancangan Company Profile Sebagai Media Promosi Cv. Barotek,” IKONIK : Jurnal Seni dan Desain, vol. 2, no. 1, p. 13, Feb. 2020, doi: 10.51804/ijsd.v2i1.607.

Vanya Karunia Mulia Putri, “Syarat-Syarat Brosur Yang Baik.” Accessed: Aug. 25, 2023.

J. V. Marpaung, “Perancangan Company Profile Usaha Kecil Menengah pada Bilqis Watersportdi Pulau Untung Jawa,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, pp. 118–125, Jan. 2019, doi: 10.47007/abd.v5i2.2580

M. P. Rahastine, “Analisa Peranan Public Relation PT. Graha Bina Mandiri Dalam Pembuatan Company Profile Sebagai Media Informasi,” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 9, no. 1, 2022, doi: 10.31294/kom.v9i1.12020

Tria Kuswidya Estherlita, “Perancangan Brosur Sebagai media Promosi NIN3 Space Berbasis Vektor,” Surabaya, 2015. Accessed: Aug. 25, 2023.

Bayu, “Perbedaan Brosur Bi Fold dan Tri Fold, Sesuaikan Untuk Kebutuhan Anda.” Accessed: Aug. 25, 2023.

R. Liem, E. Srisanto, and R. Pratama Sutanto, “Perancangan Buku Company Profile Sebagai Media Promosi Vegas Conceptual Show,” 2015.

Nurul Iman, “Efektivitas Penggunaan Company Profile Dalam Membentuk Citra Positif Perusahaan Pertamina,” Medan, Oct. 2016.

A. Jasmine and R. B. Loen, “Penggunaan Video Company Profile sebagai Sarana Informasi dan Meningkatkan Promosi pada PT Avoir Industry,” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 2, no. 2, pp. 125–132, Aug. 2020, doi:10.35746/jtim.v2i2.100

Article Metrics

Abstract view: 95 times
Download     : 43   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.