Pelatihan pembuatan dan pemanfaatan aplikasi berbasis mobile untuk digital marketing pada PAUD Terpadu Ananda Rantau dalam mendukung school branding

Aulia Akhrian Syahidi, Subandi Subandi, M. Helmy Noor, Herlinawati Herlinawati

Submitted : 2023-08-10, Published : 2023-11-01.

Abstract

Transformasi digital telah merubah segala sesuatu secara mendasar termasuk untuk bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi digital juga akan memberikan fleksibilitas dan efisiensi bagi layanan terhadap masyarakat. Transformasi digital pada bidang pendidikan ini diantaranya pembelajaran yang diarahkan pada media dan cara yang digital, serta untuk proses memasarkan sekolah (digital marketing) dan menjadikan nama sekolah lebih dikenal atau disebut sebagai school branding. Tak terkecuali untuk PAUD Terpadu Ananda Rantau yang sangat membutuhkan pelatihan, pemahaman, pembuatan, dan pemanfaatan teknik digital marketing untuk school branding dengan alat berupa aplikasi mobile. Sehingga tujuan dari pengabdian ini adalah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan pembuatan dan pemanfaatan aplikasi berbasis mobile untuk digital marketing pada PAUD Terpadu Ananda Rantau sebagai mitra kami dalam mendukung school branding. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu analisis masalah mitra, pendekatan/solusi yang ditawarkan kepada mitra, persiapan pelaksanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Ketika melaksanakan kegiatan dimulai dengan pemaparan materi mengenai konsep digital marketing, school branding, dan aplikasi berbasis mobile untuk kebutuhan PAUD. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 23 orang yang menyatakan bahwa 90,8% atau setara dengan 3,95 menyatakan Sangat Setuju bahwa pengabdian melalui pelatihan ini memiliki kebermanfaatan dan dapat mengupayakan untuk menyelesaikan masalah mitra. Selain itu juga mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan para guru/pengasuh dan staf terkait pentingnya digital marketing untuk school branding dengan memanfaatkan aplikasi berbasis mobile.

Keywords

aplikasi mobile; digital marketing; school branding

References

D. I. Pratiwi, H. W. Prasetya, and D. S. Atmaja, “Pelatihan Aplikasi Mendeley sebagai Instrumen Citation dan Reference Manager Artikel Ilmiah bagi Akademisi di Kota Madiun,” Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 3, no. 2, p. 250-260, 2022, doi: 10.33394/jpu.v3i2.5502.

A. Nugroho, C. A. Bakti, A. Ariawan, A. Santoso, and E. Lutfiana, “Pemanfaatan Google Bisnisku sebagai Sarana Pemasaran Digital dengan Metode Mesin Pencarian Lokal Area, Studi Kasus: PAUD Rumah Asa Banyumanik,” Science Technology and Management Journal, vol. 2, no. 1, p. 26-30, 2022, doi: 10.53416/stmj.v2i1.52.

H. Hermawan, A. Sutoyo, and T. Suminar, “Development of Digital Marketing Management Through Websites and Social Media at Al-Furqon Vocational School,” Educational Management, vol. 11, no. 1, p. 106-110, 2022.

A. Kusumawati, “Impact of Digital Marketing on Student Decision-Making Process of Higher Education Institution: A Case of Indonesia,” Journal of e-Learning and Higher Education, vol. 2019, no. 1, p. 1-11, 2019, doi: 10.5171/2019.267057.

A. Fahmi and Windasari, “Peran Website sebagai Sarana Branding Sekolah di Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. 10, no. 2, p. 330-340, 2022.

M. Devi, Suyatno, and Sukirman, “School Branding Strategy In Facing The Impact Of Zoning System,” International Journal of Educational Management and Innovation, vol. 3, no. 3, p. 288-304, 2022, doi: 10.12928/ijemi.v3i3.6089.

T. Sholihah, “Strategi Manajemen Humas dalam Menciptakan School Branding pada Sekolah Islam Terpadu,” J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, p. 72-84, 2018, doi: 10.18860/jmpi.v3i2.6455.

W. Syafitri and L. Costaner, “Pelatihan Branding Sekolah pada Media Sosial di SMP IT Madani,” DINAMISIA - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, p. 158-166, 2019, doi: 10.31849/dinamisia.v3i1.2804.

M. S. Hutami, “Implementasi Strategi Branding PAUD dalam Meningkatkan Image Sekolah,” Jurnal Pelita PAUD, vol. vol. 4, no. 2, p. 242-246, 2020, doi: 10.33222/pelitapaud.v4i2.988.

Marsudi and R. I. Robbie, “Pelatihan Digital Marketing dalam Membentuk Branding Sekolah,” Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks: SOLIDITAS, vol. 4, no. 2, p. 194-199, 2021, doi: 10.31328/js.v4i2.2779.

Suprayogi, B. Permatasari, D. Puspita, L. Prasetyo, and S. Ahmad, “Every Word Matters: Membangun School Branding melalui Pelatihan Digital Marketing,” Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, p. 1-8, 2022, doi: 10.24042/almuawanah.v3i1.12395.

N. D. Fitri, Subaidah, and I. T. Hariyani, “Penerapan Media Sosial dan Digital Sebagai Sarana E-Marketing Sekolah PAUD Ungul Rejo,” JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 3, p. 502-510, 2022, doi: 10.56799/joongki.v1i3.960.

Direktur Poliban, “Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Banjarmasin 2022-2026,” Banjarmasin: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Banjarmasin, 2022.

D. Pertiwi, U. Syafrudin, and R. Drupadi, “Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6 Tahun,” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 62-69, 2021, doi: 10.31849/paud-lectura.v4i02.5875.

N. P. N. Hendayanti, G. A. Aghivirwiati, I. G. A. D. Saryanti, and S. Soraya, “Pemberdayaan UMKM Kripik Landrang Indra Berbasis Digital,” ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 3, no. 1, p. 129-138, 2022, doi: 10.30812/adma.v3i1.1954.

F. P. Juniawan, M. S. Mayasari, H. A. Pradana, L. Tommy, and D. Y. Sylfania, “Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur Bangka,” Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 6, no. 1, p. 17-25, 2023, doi: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.8649.

Article Metrics

Abstract view: 184 times
Download     : 133   times Download     : 35   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.