Adaptasi digital marketing dalam rangka mewujudkan ekonomi kreatif UMKM di Kelurahan Penjaringansari

Naflah Azmi Nur Aisyah, Ignatia Martha Hendrati, Wirya Wardaya

Submitted : 2023-07-14, Published : 2024-02-01.

Abstract

Kurangnya pengetahuan dalam penggunaan teknologi pemasaran online dan kurangnya pemahaman dalam mengelola usaha melalui situs web, media sosial, dan marketplace, telah menyebabkan produk yang dijual hanya dikenal di wilayah lokal. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan kegiatan pelatihan pemasaran digital dalam rangka Kuliah Kerja Nyata yang diikuti oleh 10 pelaku UMKM di Kelurahan Penjaringansari. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM memahami strategi digital marketing dan online marketing. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa pendekatan pemasaran digital yang berfokus pada pembuatan konten yang menarik (menjual melalui cerita) melalui foto dan video dapat membantu pelaku UMKM meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaannya dengan inovasi ide dan memperluas peluncuran produk. .

Keywords

UMKM; Digital Makerting; Pemasaran

References

Y. I. N. L. H. H. and D. F. F. Reza, “Strategi Low Cost Digital Marketing Di Masa Pandemi Bersama UMKM Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung,” Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2a, pp. 51–60, Nov. 2021, doi: 10.25124/charity.v4i2a.425.

D. Desmawan et al, “Pelaksanaan Webinar Dengan Tema Implementasi Digital Marketing Dalam Menarik Minat Konsumen Di Era Pandemi Covid-19 Khususnya Di Desa Ketapang,” Jurnal Warta Desa (JWD), vol. 4, no. 1, pp. 64–67, Jun. 2022, doi: 10.29303/jwd.v4i1.149.

R. Hamdani and B. Swastika, “Pemasaran Digital Dan Pengenalan Green Marketing Di Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan,” Jurnal Abdimas Madani dan Lestari (JAMALI), vol. 3, no. 2, pp. 80–86, Sep. 2021, doi: 10.20885/jamali.vol3.iss2.art6.

N. Handayani, J. K. N, S. H. Harun, D. Y. Putri, and V. Melati, “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat Berbasis Potensi Desa melalui Pembuatan Produk Olahan dan Digital Marketing di Desa Mekarjaya, Bogor,” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 1, p. 274, Feb. 2023, doi: 10.20527/btjpm.v5i1.7326.

P. Pranoto, J. Jasmani, and I. N. Marayasa, “Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang,” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, vol. 1, no. 2, p. 250, Mar. 2019, doi: 10.32493/j.pdl.v1i2.2425.

E. Susanti, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor,” Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 36, Jul. 2020, doi: 10.24198/sawala.v1i2.26588.

G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, vol. 1, no. 2, pp. 88–92, Dec. 2020, doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981.

R. Yuniar Rahmadieni and E. Idar Wahyuni, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Bulusulur,” Jurnal Al Basirah, vol. 2, no. 1, pp. 17–26, Jan. 2023, doi: 10.58326/jab.v2i1.28.

F. Y. Febri, D. Permatasari, I. I. Kurniafitra, and W. Islamiah, “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar,” Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 60–72, Feb. 2022, doi: 10.26740/jpm.v2n1.p60-72.

S. Supriyati, R. S. Bahri, S. C. Nugraha, and K. Fernaldy, “Implementasi aplikasi digital marketing sebagai strategi penjualan untuk meningkatkan kinerja pendapatan UMKM di wilayah Cisaranten Kulon,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 6, no. 1, Jan. 2023, doi: 10.28989/kacanegara.v6i1.1350.

H. Yulita, M. Christian, S. Wibowo, and F. Titis, “Penyuluhan digital marketing kepada pelaku usaha catering di Pasar Kemis dalam upaya peningkatan nilai jual,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 6, no. 2, p. 223, May 2023, doi: 10.28989/kacanegara.v6i2.1516.

D. Danny and R. Robin, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Di Modern Furniture Tanjungpinang,” BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 4, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.29040/budimas.v4i1.4357.

N. Shonhadji et al., “Penerapan Digital Marketing pada UMKM ‘ESM Collection’ di Kota Surabaya,” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 14, no. 2, pp. 372–380, Jun. 2023, doi: 10.26877/e-dimas.v14i2.12510.

Z. Zefriyenni, E. Eliza, B. P. Azka, and L. Lusiana, “Pengembangan Umkm Berbasis Digital Pada Umkm Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang,” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 3, p. 558, Dec. 2022, doi: 10.24198/kumawula.v5i3.41446.

H. Hendrayati, T. Yuliawati, A. Miftahuddin, A. Ciptagustia, N. S. Nurhayati, and T. Sandjaya, “Optimalisasi Media Promosi Melalui Pengembangan Desain Dan Konten Marketing Yayasan Pendidikan Handayani 1979 Kabupaten Bandung,” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 3, p. 565, Dec. 2022 ,doi: 10.24198/kumawula.v5i3.41740.

Article Metrics

Abstract view: 72 times
Download     : 61   times Download     : 14   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.