Peningkatan kompetensi algoritma dan pemrograman C/C++ bagi siswa dan siswi SMK YADIKA 4

Painem Painem, Hari Soetanto, Dwi Kristanto, Achmad Solichin, Rusdah Rusdah

Submitted : 2023-06-23, Published : 2023-11-01.

Abstract

Salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Selain menyelenggarakan pendidikan dan penelitian, perguruan tinggi juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat di sekitar mereka. Pelatihan pemrograman bahasa C pada SMK Yadika 4 merupakan salah satu kontribusi nyata perguruan tinggi bagi masyarakat sekitar. Pelatihan pemrograman C/C++ dan kompetensi algoritma menjadi hal yang penting bagi siswa/siswi SMK Yadika 4. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan siswa/siswi dalam memasuki dunia kerja yang membutuhkan kemampuan pemrogramanPelatihan pemrograman C/C++ dan kompetensi algoritma menjadi hal yang penting bagi siswa/siswi SMK Yadika 4 serta membekali siswa/siswi dengan pengetahuan dan keterampilan dasar pemrograman C/C++ sehingga mereka dapat mengembangkan aplikasi sederhana. Selain itu, pelatihan ini akan meningkatkan kompetensi algoritma siswa/siswi dalam memecahkan masalah dan merancang solusi yang tepat menggunakan algoritma yang efektif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan siswa/siswi dalam memasuki dunia kerja yang membutuhkan kemampuan pemrograman. Dalam pelatihan ini, siswa/siswi akan diberikan pemahaman dan latihan tentang konsep dasar pemrograman C/C++ dan kompetensi algoritma. Pelatihan ini akan meliputi pembelajaran teori dan juga praktek pengembangan program, di mana siswa/siswi akan belajar mengenai sintaks dasar, variabel, tipe data, operator, penggunaan loop dan kondisi, fungsi, dan lain sebagainya. Dengan meningkatnya kompetensi siswa/siswi dalam pemrograman C/C++ dan algoritma, diharapkan SMK Yadika 4 dapat melahirkan lulusan-lulusan yang siap dan mampu berkontribusi dalam industri teknologi informasi di masa depan.

Keywords

kompetensi siswa, algoritma, pemrograman c/c++, sekolah

References

A. Suryadi, A. Nasution, and E. L. Febrianti, “Pengenalan dan Pelatihan Bahasa Pemrograman Android pada Siswa SMK Negeri 1 Air Joman-Kisaran,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, vol. 1, no. 2, pp. 1–4, 2018.

R. Mahdalena Simanjorang, P. Marto Hasugian, J. Manurung, J. Foster Marpaung, and R. Zahara Tarigan, “Pelatihan Pemrograman Dasar Bagi Siswa/i RPL di SMK Methodist 8 Medan,” TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.

J. Maulani, G. Mahalisa, G. A. Syafarina, D. Fauzi, and Y. Rahman, “Pelatihan Algoritma Dan Pemrograman Dasar Menggunakan Turbo Pascal Untuk Siswa Pada SMA Negeri 1 Anjir Pasar,” in Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2019, 2019, pp. 342–350.

L. Angriani and A. R. Dayat, “PKM Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Pelatihan Pemrograman dan Jaringan Komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Jayapura,” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 23, no. 2, pp. 92–98, 2019, doi: 10.15294/abdimas.v23i2.16463.

A. Solichin, D. Kristanto, and G. Triyono, “Optimasi pembelajaran daring siswa dan guru di masa pandemi Covid-19 menggunakan Google Classroom pada PKBM Bhakti Asih,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 2, p. 239, Jul. 2021, doi: 10.28989/kacanegara.v4i2.953.

A. Imamuddin, M. A. Sobarnas, and Nurkholis, “Pembelajaran Jarak Jauh Pemrograman Dasar Menggunakan Bahasa C++ Untuk Umum: Sebuah Program Pengabdian Kepada Masyarakat,” BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 59–67, Mar. 2021, doi: 10.37373/bemas.v1i2.85.

B. Sugiharto, FA. R. Sambada, D. Purwadianto, and W. Kusbandono, “Pelatihan Pemrograman Komputer Dengan Visual Basic Pada Siswa SMK Pangudi Luhur Muntilan,” ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 82–87, Oct. 2021, doi: 10.24071/aa.v4i2.3488.

D. Moeis and S. Yunarti, “Pelatihan Logika dan Algoritma Pemrograman Bagi Siswa/i SMAN 3 Makassar,” SELAPARANG, vol. 6, no. 2, pp. 1008–1012, 2022.

Saharuddin and M. W. Prihatmono, “Pengenalan dan Pelatihan Dasar Bahasa Pemrograman Python pada Siswa/i SMA Negeri 3 Makassar,” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 4, pp. 2233–2237, 2022.

P. Ferdiansyah, R. Indrayani, and B. Waluyo, “Pelatihan peningkatan kompetensi SMK TKJ untuk persiapan sekolah luring dan uji kompetensi sekolah,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 5, no. 2, p. 143, May 2022, doi: 10.28989/kacanegara.v5i2.1130.

D. Y. Setyawan, L. Rosmalia, Nurfiana, and M. G. Setiawati, “Pelatihan Algoritma dan Pemrograman untuk Kompetisi Sains Nasional (OSN) di SMAN 1 Metro,” J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 9, pp. 6255–6260, 2023.

A. Pratama, H. Mulyono, M. Devegi, L. D. Notavia, and A. Fitri, “Peningkatan Kompetensi Bidang Pemrograman Dasar pada Siswa Jurusan TKJ SMK Taman Siswa Padang,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 1, pp. 42–46, Jan. 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.349.

A. Dharmalau, J. Nasri, and H. Suryantoro, “Pelatihan Bahasa Pemrograman Java Tingkat Lanjut Untuk Siswa SMA/SMK Di Jakarta,” SWADIMAS, vol. 1, no. 1, pp. 7–12, 2023.

B. Jalaali, E. Kumolosari, and O. Dinaryanto, “Implementasi program peningkatan kompetensi siswa SMK melalui pelatihan CAD dan CFD serta evaluasi berbasis Key Performance Indicator,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 6, no. 1, Jan. 2023, doi: 10.28989/kacanegara.v6i1.1280.

V. Ayu, B. Soelitisjanto, H. A. Hernawan, and Tjendro, “Pelatihan Pemrograman Visual dengan Scratch untuk Siswa SD Negeri Sawah Panggang,” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 277–283, May 2023, doi: 10.35870/jpni.v4i2.197.

K. Umam et al., “Sosialisasi Komputer dan Pemrograman Java Kepada Murid SMK Ki Hajar Dewantara Jambe,” Abdi Jurnal Publikasi, vol. 1, no. 3, pp. 316–321, 2023.

Article Metrics

Abstract view: 542 times
Download     : 249   times Download     : 77   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.