Pelatihan desain kemasan dan marketing berbasis digital melalui program “Techno Fish-Park” pada sirup buah mangrove dan teh herbal mangrove

Sumartini Sumartini, Muhammad Nur Arkham, Aulia Azka, Nirmala Efri Hasibuan, Putri Wening Ratrinia, Eko Novi Saputra, Muh Suryono, Basri Basri

Submitted : 2023-06-13, Published : 2023-11-01.

Abstract

Technofisheriespark adalah suatu kawasan terpadu (dirancang/direncanakan, dikembangkan  &  dikelola secara  khusus)  yang  terdiri  dari  satu  atau  lebih  pusat  kegiatan IPTEKIN. Kegiatan Pengenalan  dan  Sosialiasi dilaksanakan dalam upaya  yang dilakukan dengan cara mengembangkan masyarakat pesisir dan nelayan di kawasan Sungai Geniot, Sungai Sembilan berencana memberikan program penyuluhan dan pelatihan tentang potensi mangrove sebagai bahan baku pembuatan sirup mangrove dan teh herbal. Kegiatan ini dilakukan melalui metode perencanaan dan sosialisasi, pendampingan operasional dan implementasi teknologi. Pada awal pengamatan terlihat para pengusaha tertarik dengan program pendidikan ini. Para pengusaha tampak antusias hingga akhir kegiatan pelatihan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat pendapatan wirausaha masyarakat Sungai Geniot, meningkatkan kreativitas dalam pengemasan dan pelabelan serta pemasaran  digital produk, serta keterampilan wirausaha warga Desa Sungai Geniot Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai. 

Keywords

Digital, Kemasan, Mangrove, Sirup, Technofisheries, Teh mangrove

References

D. Kurniawan, NF., Kadir, I.,& Rinnarsuri, “Diterbitkan oleh,” Garis-Jurnal Mhs. Jur. Arsit., vol. 7, no. 1, 2022.

P. K. Dumai, “Sejarah singkat Sejarah singkat,” no. 29, pp. 1–10, 2020.

H. Purnobasuki, “Potensi Mangrove Sebagai Tanaman Obat (Short Communication),” Biota J. Ilm. Ilmu-Ilmu Hayati, no. 1998, 2019, doi: 10.24002/biota.v9i2.2901.

S. Sumartini, K. S. Harahap, and A. Mujiyanti, “Brownies From Mangrove Fruit Flour: the Use of Variation of Flours As an Alternative To High Food Nutrition,” Indones. Food Nutr. Prog., vol. 17, no. 1, p. 16, 2021, doi: 10.22146/ifnp.55188.

Sumartini, P. W. Ratrinia, and R. F. Hutabarat, “The effect of mangrove types and leave maturity on the mangrove leaves ( Sonneratia alba) and ( Rhizophora mucronata) tea powder,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 967, no. 1, 2022, doi: 10.1088/1755-1315/967/1/012018.

Jariyah, E. K. B. Susiloningsih, and K. Nilasari, “Glycemic Index Biscuits Formulation of Pedada Flour (Sonneratia caseolaris) with Tubers Starch,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 953, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/953/1/012246.

R. Y. Gloria, “Pentingnya Asesmen Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan MembacaIlmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi,” J. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2012.

Z. Zulkarnain, “Strategi Konsep Desain Kemasan Kopi Specialty untuk Industri Skala Mikro,” J. Desain, vol. 8, no. 1, pp. 17–26, 2020, doi: 10.30998/jd.v8i1.6491.

N. S. Prameswari, M. Suharto, and E. Wulandari, “Strategi Branding melalui Inovasi Desain Kemasan bagi Home Industry Sabun Cair,” Demandia, vol. 3, no. 2, pp. 35–54, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1547.

R. Istianah, “Desain Kemasan Produk ‘Mochi Gulung Kiwari’’,’” Dasarrupa, vol. 5, no. 1, pp. 10–13, 2022, doi: 10.52005/dasarrupa.v5i1.142.

A. Pinandita, “Tinjauan Desain Kemasan Boxset Musik Sebagai Strategi Penjualan Rilisan Fisik Di Yogyakarta,” AKSA J. DESAIN Komun. Vis., vol. 2, no. 2, pp. 297–310, 2019, doi: 10.37505/aksa.v2i2.22.

S. Alhadar, R. Mahmud, L. Van Gobel, Y. Sahi, and R. Mahadi, “Optimalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Gula Semut Berbasis Digital Marketing,” J. Mandala Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 80–86, 2022, doi: 10.35311/jmpm.v3i2.74.

M. Stiadi, D. Herlinudinkhaji, Y. D. P. Ariyanti, and N. Erwanti, “Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM,” BAKTI BANUA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 8–11, 2021, doi: 10.35130/bbjm.v2i1.212.

H. Yulita, M. Christian, S. Wibowo, and F. Titis, “Penyuluhan digital marketing kepada pelaku usaha catering di Pasar Kemis dalam upaya peningkatan nilai jual,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 2, p. 223, 2023.

M. Astuti and R. Nurdin, “Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial,” Kancanegara J. Pengabdi. pada Masy., vol. 5, no. 1, pp. 59–66, 2022, doi: 10.28989/Kacanegara.v5i1.1041.

Article Metrics

Abstract view: 196 times
Download     : 162   times Download     : 48   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.