Peningkatan keterampilan komputer bagi Siswa SDN 1 Sinduadi Sleman

Dwi Ratnawati, Iwan Hartadi Tri Untoro, Vivianti Vivianti, Oktavia Hardiyantari, Soraya Fatmawati, Tri Widodo, Donny Avianto

Submitted : 2023-04-13, Published : 2023-08-01.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengusai semua bidang, terutama bidang Pendidikan. Kegiatan ujian berbasis paperless diwajibkan pemerintah dilakukan oleh semua sekolah. Banyak siswa yang belum memiliki kemampuan dalam komputer dasar sehingga mereka kesulitan dalam mengerjakan ujian dalam bentuk paperless. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan mengadakan pelatihan Peningkatan Keterampilan Komputer bagi Siswa SD N 1 Sinduadi, Sleman yang dilakukan selama dua minggu. Pelaksanaan ini dilakukan dengan pendampingan dari tim dosen Universitas Teknologi Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengoperasikan komputer dasar. Hasil dari pelaksaan ini adalah  78% siswa mampu meningkatkan kompetensi mengoperasikan komputer dasar dengan baik, dan 22% belum dapat menguasai komputer dasar dengan baik

Keywords

Pelatihan, Komputer dasar, Kompetensi

References

Nugraheny, D., Wintolo, H., Kusumaningrum, A., Sudaryanto, S., & Sajati, H., “Pendampingan Pengenalan Metode Pengetikan Cepat Menggunakan Microsoft Word Bagi Siswa Kelas 5 SD IT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta”, Kacanegara, vol. 2, no. 1, pp 21-28, Jan. 2019. doi: 10.28989/kacanegara.v2i1.

Budiman, H., “Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp 31-43, Jun. 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Hayati, T., Kurniawati, M., & Witarsa, R. “ Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Visual melalui Aplikasi Paint di RA Al Muhajirin Kota Cimahi”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp 111-117, Okt. 2018, doi: 10.31004/obsesi.v2i1.14.

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. “Strategi Pemanfaatan Media Baru Net. Tv Utilization Of New Media Strategy Of NET TV”, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, vol. 23, no. 1, pp 21-36, Jun. 2019, doi: 10.31445/jskm.2019.1770

A. Niati, A. Soelistiyono, and T. Ariefiantoro, “Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen,” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 10, no. 1, p. 105, Apr. 2019, doi: 10.26877/e-dimas.v10i1.3557

Rafidiyah, D., & Kailani, A. “Identifikasi Potensi Smk Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia”, Pedagogik: Jurnal Pendidikan, vol. 15, no. 1, pp 49-66, Maret. 2020, doi: 10.33084/pedagogik.v15i1.1284

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran. Ed 1. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Sutikno, Sobry, Belajar dan Pembelajaran. Ed 1. Lombok: Holistica, 2013

Rahardjo Adisasmita, Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Ed 1. Yogykarta: Graha Ilmu, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ed1.
Bandung: Alfabeta. 2013

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Ed 1. Jakarta: Prenada Media., 2017.

Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Ed 1 Jakarta:
RajaGrafindo Persada, 2016.

Nugroho, Eko, Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner, Ed 1. Malang: Brawijaya. 2018.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Ed 1, Bandung : Sinar Baru, 2004.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ed.1 Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.

Article Metrics

Abstract view: 323 times
Download     : 176   times Download     : 62   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.