Edukasi etika bermedia sosial pada mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Rinta Arina Manasikana, Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali

Submitted : 2023-04-06, Published : 2023-11-01.

Abstract

Di era digital saat ini, penggunaan internet telah menjadi bagian integral dari interaksi sosial masyarakat, dan di Indonesia pun tidak terkecuali. Namun, sayangnya, peningkatan statistik ini tidak proporsional dengan kualitas penggunaannya. Sebagian besar netizen di Indonesia tampaknya kurang memperhatikan etika komunikasi saat berselancar online. Mereka sering memberikan pujian berlebihan pada hal-hal yang mereka sukai, tetapi juga dapat menggunakan bahasa kasar dan membatasi akun-akun yang tidak mereka sukai. Hal ini dapat mengarah pada tindakan cyberbullying. Etika media adalah bagian penting untuk memastikan bahwa komunikasi memenuhi standar profesionalisme yang telah ditetapkan dan mencegah terjadinya cyberbullying. Masalah ini juga merupakan topik penting bagi mahasiswa baru di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Meskipun sebagian besar mahasiswa sudah memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang etika media sosial, mereka masih memiliki kelemahan dalam memahami dampak apa yang bisa timbul jika mereka tidak memiliki pemahaman tentang etika media sosial, terutama terkait potensi cyberbullying. Dengan menggunakan metode pre-test, sosialisasi, dan post-test, kegiatan layanan ini menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa baru di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta tentang etika media sosial dalam mencegah perilaku cyberbullying.

Keywords

Etika, Media Sosial, Mahassiwa, Universitas Aisyiyah

References

B. Biały, “Social Media-From Social Exchange to Battlefield,” Source: The Cyber Defense Review, vol. 2, no. 2, pp. 69–90, 2017, doi: 10.2307/26267344.

We Are Social, “DIGITAL 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH - We Are Social UK,” 2022, [Online]. Available: https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/ (accessed Mar. 18, 2023).

Vice, “Berdasar Survei Microsoft, Warganet Indonesia Paling Tak Sopan se-Asia Pasifik,” 2021, [Online]. Available: https://www.vice.com/id/article/akd95p/survei-microsoft-netizen-indonesia-perilakunya-paling-tak-sopan-se-asia-pasifik (accessed Mar. 25, 2023).

The Jakarta Post, “Half of all netizens in Indonesia victims of cyberbullying: Study - Science & Tech - The Jakarta Post,” 2019, [Online]. Available: https://www.thejakartapost.com/life/2019/05/16/half-of-all-netizens-in-indonesia-victims-of-cyberbullying-study.html (accessed Mar. 25, 2023).

N. Barrett-Maitland and J. Lynch, “Social Media, Ethics and the Privacy Paradox,” Security and Privacy From a Legal, Ethical, and Technical Perspective, Sep. 2020, doi: 10.5772/INTECHOPEN.90906.

P. Chakraborty, “Turban. E., King. D., Lee. J. K., Liang, T. P., and Turban, D.C., (2015), Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. 8th Ed.” Accessed: Mar. 27, 2023. [Online]. Available: https://www.academia.edu/11706168/Turban_E_King_D_Lee_J_K_Liang_T_P_and_Turban_D_C_2015_Electronic_Commerce_A_Managerial_and_Social_Networks_Perspective_8th_Ed

G. Karaoglu, E. Hargittai, and M. H. Nguyen, “Inequality in online job searching in the age of social media,” Inf Commun Soc, vol. 25, no. 12, pp. 1826–1844, 2022, doi: 10.1080/1369118X.2021.1897150.

Y. Fahrimal, “Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial,” Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, vol. 22, no. 1, pp. 69–78, Jun. 2018, doi: 10.46426/JP2KP.V22I1.82.

N. J. L. F. Andhi Nur Rahmadi, “# Makincakapdigital Webinar throughout Indonesia as an Implementation of Digital Scout Empowerment for the Community Webinar # Makincakapdigital di Seluruh Wilayah Indonesia sebagai Implementasi Pemberdayaan Pandu Digital untuk Masyarakat,” vol. 3, no. 2, pp. 135–150, 2022, doi: 10.52187/rdt.v3i2.106.

M. A. Nugroho and Amsori, “Pentingnya Etika dalam Bermedia Sosial,” Jurnal Hukum Indonesia, vol. 1, pp. 10–18, 2022. doi: 10.58344/jhi.v1i1.1.

A. Arif Setiawan, C. N. Wijayanti, W. Yuliatmojo, A. A. Setiawan, and U. Surakarta, “Moralitas Bermedia Sosial (Distorsi Etika dalam Perspektif Halal Media : Standar Etika Komunikasi Publik),” AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 3, no. 1, p. 38, 2022.

I. Farisi and B. Ulfah, “Good And Right Media Socialization,” Prosidinf BamaraMu, vol. 2, no. 1. pp. 120–123, 2022.

R. W. Taqwa Hariguna, Berlilana, “Sosialisasi Etika Penggunaan Media Sosial untuk Mencegah Bullying pada Siswa MTs Ushriyyah Purbalingga,” Adimas, vol. 3, no. 2, pp. 107–113, 2023, doi: 10.34306/adimas.v3i2.865.

R. P. M. M. V. A. University Pradita, “Etika Bermedia Sosial Bagi Generasi Z,” Jurnal Filsafat, vol. Vol 1, no. No 1, pp. 2–14, 2022.

M. Z. Al-Ayyubi, “Etika Bermedia Sosial Dalam Menyikapi Pemberitaan Bohong (Hoax) Perspektif Hadis,” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis, vol. 19, no. 2, p. 148, 2019, doi: 10.14421/qh.2018.1902-02.

Article Metrics

Abstract view: 363 times
Download     : 385   times Download     : 43   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.