Pendampingan proyek penguatan profil pelajar pancasila siswa SMA Kristen YPKPM Ambon tentang pengukuran emisi karbon di lokasi Agroforestry Negeri Hutumuri Kota Ambon

Yulianus Dominggus Komul, Ludia Siahaya

Submitted : 2023-02-09, Published : 2023-08-01.

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini berlatar belakang pada program kreatif proyek penguatan profil mahasiswa pedesaan (P5) yang merupakan tahapan yang dapat memberikan kemajuan bagi pengembangan pengetahuan dan kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Profil Mahasiswa Pancasila merupakan perwujudan mahasiswa Indonesia sebagai mahasiswa sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendampingan dan kontrol atas pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila (5P) dengan tema “Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan dengan Pengukuran Emisi Karbon di Kota Ambon”. Pendampingan diarahkan pada hal-hal teknis yang dilakukan mahasiswa mulai dari cara pengumpulan data di lapangan, prosedur pengujian laboratorium, analisis data hingga penyusunan laporan kegiatan tugas akhir. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan di dua lokasi yaitu SMA Kristen YPKPM Ambon dan Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon pada tanggal 1-3 Maret 2022. Siswa yang terlibat telah menguasai teknik pengumpulan data, uji laboratorium, serta analisis dan presentasi hasil. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas X SMA Kristen YPKPM Ambon memiliki kemampuan dalam melakukan pengukuran karbon pada berbagai tipe area dan mampu mempresentasikan hasilnya dalam bentuk laporan. Di sisi lain, sebagai penyelenggara, SMA Kristen YPKPM Ambon telah mampu membawa perubahan yang tentunya berdampak bagi manusia dan lingkungan dengan proyek sederhana yang juga memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat umum tentang pentingnya pelestarian hutan lestari.

 

Keywords

Pendampingan, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengukuran Emisi Karbon,SMA Kristen YPKM Ambon

References

Kemendikbudristek, Program Sekolah Penggerak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta

A. Kurniawan, A. Tujuan Sekolah Penggerak, Beserta Manfaat dan syarat untuk mendaftar, 2022

I Made Murta Astawa. Program Sekolah Penggerak Sebagai Katalisator Dalam Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan, 2021

Direktorat Sekolah Dasar, Profil Pelajar Pancasila, Jakarta, 2021.

D. Zuchron, Tunas Pancasila, Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar. 2021

Direktorat Menengah Pertama, 2021.

Memahami Profil Pelajar Pancasila, 2022.

SMA Kristen YPKPM Ambon, "Kelompok Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5P) dalam Kegiatan Pengukuran Emisi Gas Karbon di SMA Kristen YPKPM Ambon," Ambon, 2022.

SMA Kristen YPKPM Ambon, "SMA Kristen YPKPM Ambon Tanda tangan MOU Kerjasama dengan Universitas Pattimura Tahun 2022," Ambon, 2022.

Y. D. Komul. "Analisa Kandungan Biomassa dan Karbon Tersimpan (Carbon Stock) pada Plot Sampel Parmanent (PSP) Hutan Lindung Sirimau Kota Ambon," Jurnal Hutan Pulau - Pulau Kecil, vol. 1, pp. 72-83, 2017, doi : 10.30598/jhppk.2016.1.1.72

Badan Standardisasi Nasional, SNI 7724:2011; Pengukuran dan Penghitungan Cadangan Karbon, Jakarta: BSN, 2011.

W. Sedjarawan, Akhbar and I. Arianingsih, "Biomassa Dan Karbon Pohon Di Atas Permukaan Tanah di Tepi Jalan Taman Nasional Lore Lindu (Studi Kasus Desa Sedoa Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso")," Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Tadulako, Palu, 2013

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Panduan Pengembangan Projek Penguatan, Jakarta, 2022.

L. Djanggola, Strategi Daerah REDD+ (Reducing Emissions From Deforestation and Forest Degradation Plus)" Provinsi Sulawesi Tengah, Palu, 2012.

K. Hairiah and S. Rahayu, Pengukuran Karbon Tersimpan di Berbagai Macam Penggunaan Lahan, Bogor: World Agroforestry Centre, ICRAF Southeast Asia, 2007.

Kemendikbudristek, Program Sekolah Penggerak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta, https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/. 2021.

R. Rusnaini, . R. Raharjo, A. Suryaningsih and . W. Noventari, "Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa," Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 27, pp. 230 - 249, 2021, doi : 10.22146/jkn.67613

F. M. Selanno, "Studi Pendugaan Model Allometrik Tingkat Permudaan Di Hutan Gunung Lindung Sirimau," Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Ambon, 2015.

Lie and Anita, "Profil Pelajar Pancasila dan Konsolidasi di Sekolah," Kompas, 2021.

R. Jayanti, R. T. Rinayuhani and C. Hasanudin, "Pendampingan Siswa Smk Palapa Mojokerto Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Sebagai Bentuk Dimensi Kreatif Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat "J-ABDIPAMAS", vol. 6, pp. 281-290, 2022.

Article Metrics

Abstract view: 125 times
Download     : 62   times Download     : 33   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.