Peningkatan kapasitas pelayanan akomodasi dalam mendukung Event MXGP Samota-Sumbawa

Herman Herman, Herry Rachmat Widjaja, Amirosa Ria Satiadji, Putri Rizkiyah, Anas Pattaray, Muhammad Husni, Oktomi Harja

Submitted : 2023-01-24, Published : 2023-08-01.

Abstract

Event MXGP Samota merupakan pagelaran internasional MXGP yang baru pertama kali diadakan di Pulau Sumbawa. Event ini diperkirakan akan mendatang wisatawan dalam jumlah besar yakni sekitar 50 ribu orang. Olehnya perlu kesiapan sumber daya manusia yang kompeten khusus dibidang akomodasi seperti hotel dan homestay untuk melayani tamu tersebut. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang kompeten dibidang pelayanan akomodasi maka perlu dilakukan pelatihan bagi karyawan hotel dan pengelola homestay. Pelatihan ini dikhususkan untuk bidang yang dianggap vital seperti pada bidang pengolahan makanan dan minuman dan penyiapan kamar serta penerimaan tamu hotel atau homestay. Diharapkan ke depannya seluruh bidang ini bisa memiliki standar yang digunakan dan dipraktikkan oleh seluruh karyawan hotel dan pengelola homestay di Kabupaten Sumbawa. Tujuannya agar menjadi faktor penarik wisatawan untuk menyaksikan event MXGP Samota dan juga bisa menginap dalam waktu yang lama di akomodasi yang tersedia di Kabupaten Sumbawa.

Keywords

Event, MXGP-Samota, Akomodasi, Makan & Minuman, Penyiapan Kamar Penerimaan Tamu Wisatawan

References

S. Sant, L. Misener, and D. Mason, "Leveraging sport events for tourism gain in host cities: a regime perspective," J. Sport Tour., vol. 23, no. 4, pp. 203-223, 2019, doi: 10.1080/14775085.2019.1711444

S. Ferrari and C. Guala, "Mega-events and their legacy: Image and tourism in Genoa, Turin and Milan," Leis. Stud., vol. 36, no. 1, pp. 119-137, 2017, doi: 10.1080/02614367.2015.1037788

A. N. Candrea and A. Ispas, "Promoting Tourist Destinations through Sport Events: The Case Of Braşov," Rev. Tur. - Stud. si Cercet. Tur., vol. 10, no. 10, pp. 61-67, 2010.

A. Kersulić, M. Perić, and N. Wise, "Assessing and considering the wider impacts of sport-tourism events: A research agenda review of sustainability and strategic planning elements," Sustain., vol. 12, no. 11, 2020, doi: 10.3390/su12114473

J. I. Rojas-Méndez, G. Davies, J. Jamsawang, J. L. Sandoval Duque, and G. M. Pipoli, "Explaining the mixed outcomes from hosting major sporting events in promoting tourism," Tour. Manag., vol. 74, no. December 2018, pp. 300-309, 2019, doi: 10.1016/j.tourman.2019.04.001

M. Raga, "Peran Atribut Destinasi Terhadap Pembentukan Citra Kota Bandung Sebagai Destinasi MICE di Indonesia," J. Kepariwisataan Destin. Hosp. dan Perjalanan, vol. 3, no. 1, pp. 41-53, 2020, doi: 10.34013/jk.v3i1.31

Y. Jeong, A. Yu, and S. K. Kim, "The antecedents of tourists' behavioral intentions at sporting events: The case of South Korea," Sustain., vol. 12, no. 1, pp. 1-16, 2020, doi: 10.3390/su12010333

E. D. H. Putri, Pengantar Akomodasi dan Restoran.pdf, Edisi 1. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

E. Milaningrum, P. Rahmawati, Z. Zulkifli, and S. Mulyanto, "Pelatihan Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Industri Perhotelan di Balikpapan," Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 15-19, 2019, doi: 10.36277/abdimasuniversal.v1i2.34

I. Pratiwi, "Pengaruh Kualitas Produk Makanan dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Nostalgia Restaurant The Sidji Hotel Pekalongan," J. Pengabdi. Masy. Waradin, vol. 1, no. 3, pp. 135-148, 2021, doi : 10.56910/wrd.v1i3.202

D. N. Aprilia, "Pengaruh Hygiene Pengolahan Makanan Terhadap kualotas makanan di hotel aston rasuna jakarta," J. Hosp. dan Pariwisata, vol. 2, no. 2, pp. 216-227, 2016, [Online]. Available: https://journal.ubm.ac.id/index.php/journal-fame/article/view/1422

P. Di and D. Perhotelan, "Peranan Front Desk Agent Dalam Membentuk Citra," vol. V, no. 2, pp. 1-12, 2014.

L. Knezevic Cvelbar, B. Grün, and S. Dolnicar, "'To Clean or Not to Clean?' Reducing Daily Routine Hotel Room Cleaning by Letting Tourists Answer This Question for Themselves," J. Travel Res., vol. 60, no. 1, pp. 220-229, 2021, doi: 10.1177/0047287519879779

L. H. Pinto, B. P. Vieira, and T. M. Fernandes, "'Service with a piercing': Does it (really) influence guests' perceptions of attraction, confidence and competence of hospitality receptionists?," Int. J. Hosp. Manag., vol. 86, no. August, p. 102365, 2020, doi: 10.1016/j.ijhm.2019.102365

R. Battiti, M. Brunato, and F. Battiti, "RoomTetris: an optimal procedure for committing rooms to reservations in hotels," J. Hosp. Tour. Technol., vol. 11, no. 4, pp. 589-602, 2020, doi: 10.1108/JHTT-08-2019-0108

Sudjana, "Metode Statistik". Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Article Metrics

Abstract view: 202 times
Download     : 61   times Download     : 31   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.