Pelatihan peningkatan kompetensi SMK TKJ untuk persiapan sekolah luring dan uji kompetensi sekolah

Pramudhita Ferdiansyah, Rini Indrayani, Barno Waluyo

Submitted : 2021-12-01, Published : 2022-07-01.

Abstract

Dalam masa pandemi covid-19 di awal tahun 2020 di Indonesia menerapkan pendidikan secara daring dari rumah. Salah satu jenjang pendidikan yang menerapkan sistem tersebut yaitu Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan atau SMA/K. Dalam pendidikan tingkat SMK tentunya akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah, terutama untuk pelajaran praktikum. Peraturan pembelajaran dari rumah atau daring selama kurang lebih 3 semester akan berdampak pada ketrampilan siswa SMK. Sedangkan para siswa akan menghadapi Uji Kompetensi Sekolah dan salah satu komponen penilaian yang tinggi terletak pada Uji Kompetensi atau praktik. Oleh sebab itu perlu diadakan atau dilaksanakan pelatihan khusus secara intensif untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan di bidang komputer dan jaringan. Serta sebagai sarana persiapan ketika pembelajaran dilaksanakan secara luring lagi. Terlebih, pelatihan praktik yang mengacu pada kurikulum sekolah dan pengetahuan umum di bidang yang linear. Kompetensi yang akan dilaksanakan yaitu untuk siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Dan materi yang disampaikan meliputi keahlian dibidang jaringan komputer, pengalamatan IP, pengkabelan FO, dan pengaturan jaringan komputer dengan router. Materi-materi tersebut merujuk kepada kebutuhan siswa terhadap uji kompetensi yang akan dilakukan saat akhir semester

Keywords

jaringan, komputer, daring, luring, covid-19

References

F. Firman and S. Rahayu, "Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19," Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81-89, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659

Y. Saputra, T. Permana, and D. Suhayat, "Analisis Sarana Praktik pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK," J. Mech. Eng. Educ., vol. 4, no. 1, p. 117, 2017, doi: 10.17509/jmee.v4i1.7451

P. Dyah, R. Astuti, A. Aziz, and A. Fuad, "Analisa Pengelolaan Kampanye Public Relations tentang Pencegahan Covid-19 di Indonesia," 2020.

A. S. R. Lilis Satriah, sugandi Miharja, Wiryo Setiana, "Optimalisasi Bimbingan Online dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 (pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN SGD Bandung)," 2020.

S. F. Wahyuni and D. Dahlia, "Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa Sma Di Banda Aceh," Seurune J. Psikol. Unsyiah, vol. 3, no. 2, pp. 80-100, 2020, doi: 10.24815/s-jpu.v3i2.17612

A. A. Baiti and S. Munadi, "Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK," J. Pendidik. Vokasi, vol. 4, no. 2, pp. 164-180, 2014, doi: 10.21831/jpv.v4i2.2543

S. R. Tazkia and A. Suherman, "Optimalisasi Fasilitas Alat Praktik Untuk Mencapai Tuntutan Kompetensi Siswa Smk," J. Mech. Eng. Educ., vol. 3, no. 2, p. 263, 2016, doi: 10.17509/jmee.v3i2.4560

M. Handayani, P. Penelitian, K. Pendidikan, D. Kebudayaan, J. Jenderal, and S.-S.-J. Pusat, "Pemanfaatan Sarana Laboratorium Di Sma Yang Telah Dan Belum Melaksanakan Kurikulum 2013 the Utilization of Laboratory in the Senior Secondary School That Have and Have Not Implemented the 2013 Curriculum," J. Pendidik. dan Kebud., vol. 3, no. 2, pp. 117-131, 2013, doi : 10.24832/jpnk.v3i2.658

I. Choirunnisa, M. Muladi, and M. Devi, "Analisis Pengembangan Laboratorium Teknik Instalasi Fiber Optik pada Sekolah Menengah Kejuruan untuk Mencapai Standar Kompetensi sesuai dengan SKKNI dan Kebutuhan DU/DI," J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 1, pp. 62-74, 2018.

R. D. Noviyantii, D. Pertiwi, D. Kusudaryati, and D. Luthfianto, "Comparative Analysis of Online and Offline Lectures during the Covid-19 Pandemic Analisis Perbandingan Perkuliahan Secara Daring dan," Urecol Journal. Part A Educ. Train., vol. 1, no. 1, pp. 25-32, 2021, doi :10.53017/ujet.22

Article Metrics

Abstract view: 323 times
Download     : 355   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.