Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan
Submitted : 2021-10-12, Published : 2022-07-01.
Abstract
Pada masa pendemi Covid-19 yang dialami oleh seluruh dunia kondisi ini mengakibatkan terganggunya kesehatan manusia, selain itu juga mengakibatkan terhambatnya aktivitas manusia di luar rumah, sehingga segala aktivitas harus dilakukan di dalam rumah. Aktivitas yang terhambat salah satunya yaitu kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu teknologi merupakan hal yang sangat penting dalam kondisi seperti ini terutama bagi para pendidik. Pemakaian teknologi dalam pembelajaran dengan menggunakan kemajuan IT di maksudkan agar kegiatan pembelajaran masih efektif meskipun terhalang oleh pandemi Covid-19 tersebut antara lain yaitu aplikasi Canva dan Microsoft Word. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis interaktif dengan menggunakan Microsoft Word dan Canva itu efektif digunakan oleh para guru Sekolah Dasar Al-Ikhwan Pondok Aren. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat kondisi, situasi, fenomena, atau berbagai variable penelitian. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis interaktif menggunakan Canva dan Microsoft Word efektif digunakan oleh guru Sekolah Dasar Al-Ikhwan Pondok Aren.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
B. Budiyono, "Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0," J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, p. 300, 2020, doi : 10.33394/jk.v6i2.2475
W. A. F. Dewi, "Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar," Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55-61, 2020, doi : 10.31004/edukatif.v2i1.89
H. Bahar, D. Setiyaningsih, L. Nurmalia, and L. Astriani, "Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar," KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 155-162, 2020, doi : 10.28989/kacanegara.v3i2.677
S. H. S. Laara and I. Nyoman, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Example Non Example Pada Geometri SMK," no. 20, pp. 1067-1074, 2016.
R. Y. Arindiono and N. Ramadhani, "Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD," J. Sains dan Seni Pomits, vol. 2, no. 1, pp. 28-32, 2013.
D. T. P. Yanto, "Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik," INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 1, pp. 75-82, 2019, doi :10.24036/invotek.v19i1.409
H. Herlina, "Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Hypercontent pada Pembelajaran Tematik Daerah Tempat Tinggalku," JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 21, no. 3, pp. 215-230, 2019, doi : 10.21009/jtp.v21i3.13340
M. Amin, S. Muslim, and M. K. Wirasti, "Modul Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Untuk Mahasiswa Asal Daerah 3T Di Stkip Surya," J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. Vol 9, no. 1, pp. 1-15, 2020.
S. Fatimah and R. Ramadhana, "Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi," pp. 316-335, 2017, doi : 10.24252/ip.v6i2.5763
Garris Pelangi, "Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia," J. Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 Pemanfaat., vol. 8, no. 2, pp. 79-96, 2020.
R. E. Tanjung and D. Faiza, "Canva sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika," J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 2, pp. 79-85, 2019, doi : 10.24036/voteteknika.v7i2.104261
A. Afrizal Subhan, "Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran Dasar Pemrograman Berbasis Mobile Phone," J. Tek. Inform. Politek. Sekayu, vol. 6, no. 1, pp. 4-19, 2017.
M. Muhammad, "Analisis SWOT sebagai Strategi Pengembangan Usahatani Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis) Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur," Agrikan J. Agribisnis Perikan., vol. 11, no. 1, p. 28, 2018, doi : 10.29239/j.agrikan.11.1.28-37
Article Metrics
Abstract view: 1170 timesDownload  : 2486 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.