Peningkatkan keterampilan guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam pembelajaran daring

Erlin Fitria, Ulfa Amalia, Irma Handayani

Submitted : 2021-10-09, Published : 2022-07-01.

Abstract

Pandemi yang terjadi di seluruh dunia berdampak pada aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka beralih menjadi daring. Pembelajaran daring menimbulkan keresahan dari sisi guru, diantaranya kesulitan guru dalam menggunakan media penunjang pembelajaran daring seperti zoom, google meet, screen cast o matic dll. Berawal dari keresahan dari guru di lapangan tersebut, maka kegiatan pengabdian ini dilakukan. Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran daring, sehingga dapat melakukan modifikasi dalam pembuatan materi pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus. Guru diberikan pelatihan untuk menggunakan aplikasi Gem Reflektif dan aplikasi Screen Cast O Matic. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari di SLB Tunas Sejahtera Seyegan. Pengukuran tingkat keterampilan sebelum dan sesudah kegiatan menggunakan instrument kuesioner keterampilan dalam pembelajaran daring. Dari hasil analisis data ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara keterampilan guru dalam pembelajaran daring sebelum dan sesudah diberikan pelatihan

Keywords

keterampilan pembelajaran daring; guru SLB

References

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

R. Oktavian and R. F. Aldya, "Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0," Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 2, pp. 129-135, 2020, doi: 10.30651/didaktis.v20i2.4763

R. N. N. L. wulandari; S. B. Jannah, "Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 di SD Inklusif," Elem. Islam. Teach., vol. 8, pp. 359-376, 2020, doi : 10.21043/elementary.v8i2.8040

L. G. Muhammad Zainudin Atsani, "Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19," J. Stud. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82-93, 2020, doi : 10.24036/sikola.v3i2.161

M. Daheri, J. Juliana, D. Deriwanto, and A. D. Amda, "Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring," J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 775-783, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.445

Minsih, J. S. Nandang, and W. Kurniawan, "Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19," vol. 5, no. 3, pp. 1252-1258, 2021., doi : 10.31004/basicedu.v5i3.876

D. Darnawati, I. Irawaty, and W. A. S. Uke, "Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic," E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 1, pp. 100-105, 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i1.7204

A. Nur, G. Mahbuddin, U. I. N. Maulana, and M. Ibrahim, "Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam," vol. 3, no. 2, pp. 183-196, 2020, doi : 10.23971/mdr.v3i2.2312

R. Abdah, "Peranan Guru Dalam Memberikan Bimbingan Terhadap Anak Dengan Kebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kota Jambi," J. Khazanah Intelekt., vol. 3, no. 2, pp. 505-513, 2020, doi: 10.37250/newkiki.v3i2.51

Khairunisa Rani, A. Rafikayati, and M. N. Jauhari, "Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus," J. Abadimas Adi Buana, vol. 2, no. 1, pp. 55-64, 2018, doi: 10.36456/abadimas.v2.i1.a1636

S. V. Dewi, "Efektivitas penggunaan media Screencast O-Matic pada mata kuliah kalkulus integral terhadap hasil belajar mahasiswa," J. Penelit. Pendidik. dan Pengajaran Mat., vol. 2, no. 1, pp. 61-66, 2016.

S. Suhartono, "Peningkatan Motivasi Mengajar dan Keterampilan Menggunakan TIK Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19," J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 2, pp. 322-331, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i2.1011

M. Afriani and R. Hastuti, "Gambaran Motivasi Mengajar Guru Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Masa Pandemi Covid-19," Psikodimensia, vol. 20, no. 1, p. 76, 2021, doi: 10.24167/psidim.v20i1.3027

Article Metrics

Abstract view: 470 times
Download     : 231   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.