Pelatihan pengembangan animasi pembelajaran matematika dalam membentuk karakter menghadapi revolusi 5.0

Nurapni Sopia, Melinda Rismawati, Olenggius Jiran Dores

Submitted : 2021-09-24, Published : 2022-01-01.

Abstract

Pada zaman sekarang sangat dibutuhkan teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjamah keseluruh ranah kehidupan dan semua kalangan. Salah satu fakta yang ada terdapat pada siswa yang lebih tertarik untuk bermain smartphone daripada membaca buku. Dari segi guru matematika belum memiliki kompetensi dan kreativitas untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan. Penyelesaian permasalahan tersebut diwujudkan melalui kegiatan pelatihan singkat mengenai pengembangan animasi pembelajaran matematika dalam membentuk karakter menghadapi revolusi 5.0 yang dilanjutkan dengan proses pendampingan bagi guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi dan konsep dalam matematika, membangun karakter siswa SD, meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru SD sekota Sintang.

 

Keywords

Pelatihan; Pengembangan Animasi Pembelajaran; Karakter

References

Arjunaita,"Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0",Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 10 Januari 2020.

Pertiwi, D. R. "Pendampingan Pengembangan Kemampuan Story Telling Guru Kelompok Bermain Dan Taman Penitipan Anak Aviciena". KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol.2, no.2, pp. 105-109, Juli 2021, doi : 10.28989/kacanegara.v2i2.456

Nugrahenny, D., Wintolo, H., Kusumaningrum, A., Sudaryanto, S., & Sajati, H. "Pendampingan Pengenalan Metode Pengetikan Cepat Menggunakan Microsoft Word Bagi Siswa Kelas 5 SD IT Salsabila Al Muthi'in Yogyakarta". KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol.2, no.1, pp. 21-28, Juni 2018, doi : 10.28989/kacanegara.v2i1.406

Rufaida, H. D.,"Pelatihan Berpikir Positif untuk Peningkatan Harga Diri Remaja Panti Asuhan Yatim Putri "X" di Yogyakarta", Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018

Gurung, R. A. R. "Call It Out: Recognizing Good Teaching and Learning". Journal of Applied Research in Memory and Cognition, vol.9, no.2, pp. 161-164, Februari 2020, doi : 10.1016/j.jarmac.2020.02.003

Henriksen, D., Richardson, C., & Shack, K., "Mindfulness and creativity: Implications for thinking and learning. Thinking Skills and Creativity", 37(December 2019), 100689, doi : 10.1016/j.tsc.2020.100689

Idris, I., & Sida, S. C. "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD". Indonesian Journal Of Primary Education, vol.3, no.2, pp.58-63, Desember 2019, doi : 10.17509/ijpe.v3i2.21849

Sari, K, R, et.al. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD". Jurnal Pedagogi Pembelajaran. vol. 4, no.1, pp 122-130, April 2021, doi : 10.23887/jp2.v4i1.33356

Rosmiati, M. "Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE". Paradigma: Jurnal Komputer dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika, vol.21, no.2, pp. 261-268. September 2019, doi : 10.31294/p.v21i2.6019

Widjayanti, dkk. "Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP". Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 13, no. 1, pp 101-112, Januari 2019, doi : 10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Feladi, dkk. "Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah". Jurnal Gervasi. Vol. 1. No. 1, Mei 2017, doi : 10.33330/jurdimas.v1i2.104

Article Metrics

Abstract view: 365 times
Download     : 240   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.