Pelatihan ‘Fun English Learning’ bagi guru-guru KB & TK ABA se-kecamatan Sedayu, Bantul

Margaretha Dharmayanti Harmanto, Luluk Iswati, Erni Suryandari Fatmaningrum

Submitted : 2021-09-06, Published : 2023-01-01.

Abstract

Pengajaran Bahasa Inggris untuk anak usia Kelompok Belajar (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) di Kecamatan Sedayu, Bantul masih perlu ditingkatkan karena minimnya pengetahuan, kompetensi, dan kualifikasi guru. Bahasa Inggris untuk anak harus diajarkan dengan cara yang menyenangkan sehingga anak bisa mengikuti dengan antusias, tidak cepat bosan, dan materi yang diajarkan bisa diterima dengan baik. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diadakan dalam bentuk pelatihan ‘Fun English Learning’ bagi guru-guru KB & TK ABA Kecamatan Sedayu, Bantul,agar mereka bisa mengajar dengan lebih efektif dan menyenangkan. Pelatihan ini diadakan selama dua sesi secara virtual dengan total durasi pelatihan selama 240 menit (masing-masing sesi 2 jam). Materi yang disampaikan meliputi classroom instructions, listen and do, listen and color dan listen and make. Dari hasil evaluasi kegiatan disimpulkan bahwa pelatihan tersebut cukup efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan diri guru tentang teknik-teknik pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Namun demikian, masih diperlukan pelatihan lebih lanjut dan kontinyu agar mampu meningkatkan kompetensi guru-guru KB & TK ABA Kecamatan Sedayu, Bantul dalam mengajar Bahasa Inggris.

 

Keywords

Fun English Learning; pelatihan;guru-guru

References

L. Masruroh, M. Ainiyah, and B. Hidayah, "Pelatihan pengajaran Bahasa Inggris usia dini bagi guru-guru Bahasa Inggris di PAUD-TK-MI," JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 2, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.247

S. Ara, "Use of songs, rhymes and games in teaching English to young learners in Bangladesh," Dhaka Univ. J. Linguist., vol. 2, no. 3, pp. 161-172, 2009, doi: 10.3329/dujl.v2i3.4150

R. A. Budiharto, S. A. Santoso, and R. A. Lestari, "Pengenalan English Vocabulary pada anak usia dini melalui English For Kids," Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 287-293, 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i2.4423

A. Habibi and M. Sofwan, "Teachers of English for Young Learners : An Analysis on Their English Proficiency and Profile," Semin. English Lang. Educ., no. October, p. 9, 2015.

S. S. Cahyati, A. Parmawati, N. S. Atmawidjaja, and I. Siliwangi, "Optimizing English teaching and learning process to young learners (a case study in Cimahi)," J. Educ. Expert. p-ISSN, vol. 2, no. 2, pp. 2614-3518, 2019, doi: 10.22460/as.v2i2p147-154.3265

N. N. Hidayati, "Pentingnya peningkatan kompetensi Bahasa Inggris bagi guru anak usia Ddini," J. Early Child. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 59-74, 2018.

F. N. D. Fatimah, Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.

M. Slattery and J. Willis, English for primary teachers. Oxford: Oxford University Press, 2001.

S. A. Bakhsh, "Using games as a tool in teaching vocabulary to young learners," English Lang. Teach., vol. 9, no. 7, p. 120, 2016, doi: 10.5539/elt.v9n7p120

N. T. Millington, "Using songs effectively to teach English to young Learners," Lang. Educ. Asia, vol. 2, no. 1, pp. 134-141, 2011, doi: 10.5746/LEiA/11/V2/I1/A11/Millington

D. L. Kirkpatrick and J. D. Kirkpatrick, Evaluating training programs: the four levels, 3rd ed. San Fransisco: Berret-Koehler, 2006.

N. Oroujlou and M. Vahedi, "Motivation, attitude, and language learning," Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 29, pp. 994-1000, 2011, doi: 10.1016/j.sbspro.2011.11.333

K. Bower, "Explaining motivation in language learning: a framework for evaluation and research," Lang. Learn. J., vol. 0, no. 0, pp. 1-17, 2017, doi: 10.1080/09571736.2017.1321035

M. Lamb, "The motivational dimension of language teaching," Lang. Teach., vol. 50, no. 3, pp. 301-346, 2017, doi: 10.1017/S0261444817000088

U. Lanvers, "Language learning motivation, Global English and study modes: a comparative study," Lang. Learn. J., vol. 45, no. 2, pp. 220-244, 2017, doi: 10.1080/09571736.2013.834376

A. Klaeijsen, M. Vermeulen, and R. Martens, "Teachers' Innovative Behaviour: The Importance of Basic Psychological Need Satisfaction, Intrinsic Motivation, and Occupational Self-Efficacy," Scand. J. Educ. Res., vol. 62, no. 5, pp. 769-782, 2018, doi: 10.1080/00313831.2017.1306803

Article Metrics

Abstract view: 247 times
Download     : 99   times Download     : 76   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.