Program pengabdian guru dan tata usaha TK/RA di Batam

Dwi Ely Kurniawan, Afdhol Dzikri

Abstract

Guru dan tata usaha merupakan ujung tombak dalam pengembangan peserta didik. Namun, banyak guru yang masih mengalami kesulitan mengikuti perkembangan berbagai metode baru dalam pembelajaran terutama pada anak PAUD. Sistem inventarisasi data di sekolahpun masih menggunakan cara konvensional (mencatat di kertas). Guru PAUD dituntut untuk selalu kreatif dalam membuat media pembelajaran yang tepat sesuai perkembangan anak. Staf administrasi (TU) dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi. Metode pelaksanaan dalam program ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap persiapan membuat kesepakatan untuk mengalokasikan waktu dan tempat selama program pelatihan dan pendampingan. Selain itu menganalisis kebutuhan dengan melihat spesifikasi perangkat yang sudah ada dan sistem yang sudah berjalan. Tahap pelaksanaan berupa program pelatihan dan pendampingan untuk guru dan tata usaha di Batam. Pada tahap evaluasi, dievaluasi program pelatihan dan pendampingan secara keseluruhan. Harapannya setelah pelatihan dan pendampingan, guru TK / RA dan tata usaha memiliki kemampuan dalam penguasaan media IT maupun online untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyiapkan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak. Selain itu dapat terjalin kerjasama mitra secara kontinuitas.

Keywords

guru dan TU;TIK; administrasi perkantoran; TK/RA; Batam

References

Y. Nurdiani, “Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan),” Empower. J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Luar Sekol., vol. 2, no. 2, pp. 85–93, 2013.

D. Ely Kurniawan, A. Dzikri, H. Widyastuti, E. Sembiring, and R. Tiurma Manurung, “Smart mathematics: a kindergarten student learning media based on the drill and practice model,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1175, p. 012037, Mar. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1175/1/012037.

H. Khairi, “Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun,” J. Warn., vol. 2, no. 2, pp. 15–28, 2018.

K. Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal, vol. 1, 2017.

M. Fadlillah and others, Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media, 2019.

D. E. Kurniawan, Modul Praktikum Sistem Operasi. 2015.

D. E. Kurniawan and A. Dzikri, Augmented reality : praktikum dan penerapan dalam visual objek. Polibatam Press, 2020.

D. E. Kurniawan, P. Silalahi, and A. Pratiwi, “ARtrace: Augmented Reality for Student’s Fine Motor Learning,” 2019 2nd Int. Conf. Appl. Eng., pp. 1–5, Oct. 2019, doi: 10.1109/ICAE47758.2019.9221724.

S. B. Aji et al., “Pembuatan Media Belajar English For Ecotourism Untuk Masyarakat Hinterland,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 43–51, 2020.

N. Z. Janah, Y. Rokhayati, D. E. Kurniawan, and M. F. Muvariz, “Electronic School Books Dissemination Application for Batam Hinterland Schools,” Adv. Sci. Lett., vol. 24, no. 12, pp. 9739–9744, Dec. 2018, doi: 10.1166/asl.2018.13128.

A. Prabowo, A. H. Thohari, and D. E. Kurniawan, “Development of Interactive Learning Application for Vocational High School,” 2019 2nd Int. Conf. Appl. Eng., pp. 1–4, Oct. 2019, doi: 10.1109/ICAE47758.2019.9221674.

Y. Arifin and A. Dzikri, “Pembuatan Film Animasi 2d Guna Pengenalan Sila Dalam Pancasila,” J. Digit. Educ. Commun. ARTS, vol. 3, no. 01, pp. 18–29, 2020.

Article Metrics

Abstract view: 12 times
Download     : 3   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.