Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial di dusun Turunan Girisuko Panggang Gunungkidul

Marni Astuti, Riani Nurdin

Abstract

Kabupaten Gunungkidul sebagai salah satu Kabupaten yang ada di wilayah D.I. Yogyakarta memiliki potensi ragam rekreasi dan hiburan yang lengkap seperti, pantai, goa, kerajinan, desa wisata, air terjun, kuliner, dan lain sebagainya. Pengelolaan sektor wisata di Gunungkidul menjadi perhatian yang sangat besar. Desa Turunan, Girisuko, Panggang, Gunungkidul yang memiliki 7 RT dan 169 KK, secara swadaya membentuk Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Lestari II. KTH tersebut mengawali ide membangun dan mengembangkan desa wisata Bukit Roso Wulan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Gunungkidul. Sebagai desa wisata rintisan, perlu mempromosikannya kepada masyarakat luas. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada peningkatan promosi dan publikasi desa wisata dalam bentuk pembuatan konten pemasaran yang akan disebarkan melalui media sosial Instagram dan WhatsApp Business. Ada dua kegiatan yang dilakukan, pertama, pelatihan pembuatan konten pemasaran video promosi, kedua, pengadaan peralatan pendukung promosi. Konten pemasaran dalam kegiatan pengabdian ini berupa video promosi. Materi video disiapkan dengan memberdayakan pemuda dan anggota Kelompok Tani Hutan Wana Lestari yang didampingi oleh tenaga ahli dari ITDA. Pendampingan ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemuda dan anggota Kelompok Tani Hutan Wana Lestari dalam pembuatan video konten promosi secara mandiri. Pengadaan peralatan komunikasi Handphone diharapkan dapat meningkatkan frekuensi promosi melalui video pada media sosial Instagram dan WhatsApp Business.

Keywords

desa wisata; promosi; media sosial

References

I. W. Sudarmayasa and I. W. Lanang Nala, “DAMPAK KEBERADAAN SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KAMPUNG TENUN SAMARINDA DI KOTA SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR,” Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), p. 283, Jan. 2019.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI,” Jurnal Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, Aug. 2019.

B. I. Tjayadhi, “POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN DESA SUMBERSALAK SEBAGAI DESA WISATA,” MEDIAKOM, vol. 4, no. 1, pp. 70–91, Sep. 2020.

R. Retnowati, E. N. Wahyudi, S. N. Anwar, and H. Listiyono, “OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL FACEBOOK UNTUK MENDUKUNG PERLUASAN JARINGAN PEMASARAN BAGI KELOMPOK WANITA KREATIF (KWK) SEROJA,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 1, p. 1, Jan. 2021.

I. M. Mulitawati and M. Retnasary, “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag),” Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, vol. 4, no. 1, p. 23, Jun. 2020.

W. Widayati and F. Augustinah, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG,” DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 4, no. 2, pp. 1–20, Oct. 2019.

N. Pandrianto and G. G. Sukendro, “Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement,” Jurnal Komunikasi, vol. 10, no. 2, p. 167, Dec. 2018.

A. Van Looy, “Social Media Management,” Springer Texts in Business and Economics, 2016.

C. B. Waluyo, D. Dermawan, and M. J. Purnomo, “PELATIHAN PENGAMBILAN FOTO UDARA MENGGUNAKAN UAV UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA DI GUNUNG KIDUL,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 2, Jul. 2020.

N. D. Retnowati, Y. Indrianingsih, and A. S. Honggowibowo, “Pemanfaatan Endorse Dan Hashtag Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Instagram Pada UMKM Di Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 1, Dec. 2019.

H. Setyowardhani, H. Susanti, and Riyanto, “Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, Jul. 2019.

Sudaryanto, H. Sajati, A. Kusumaningrum, D. Nugraheny, S. Aryanto, and H. Wintolo, “Pendampingan Pemasaran Produk Menggunakan Instagram Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Pathuk Gunung Kidul,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 1, Dec. 2019.

R. T. Kreutzer, “Social Media und Social-Media-Marketing,” Social-Media-Marketing kompakt, pp. 1–19, 2018.

Article Metrics

Abstract view: 19 times
Download     : 6   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.