PENGARUH KOMPOSISI SKIN TERHADAP KEKUATAN BENDING PADA KOMPOSIT SANDWICH SERAT AREN-POLYESTER DENGAN SERBUK KAYU SENGON-POLYESTER

Fajar Nugroho, Nurfi Ahmadi

Submitted : 2022-12-22, Published : 2023-01-19.

Abstract

Komposit sandwich adalah jenis komposit yang mempunyai kekuatan tinggi apabila digunakan sebagai struktur primer maupun sekunder. Komposit juga memiliki kelebihan dari sifat mekaniknya, tahan korosi, massa jenis yang kecil dan proses pembuatannya yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh variasi fraksi volume lapisan kulit serat aren dengan inti limbah gergaji kayu sengon laut terhadap kekuatan bending komposit sandwich bermatriks polyester. Bahan penelitian ini adalah serat aren, unsaturated polyester resin 157 BQTN-EX, serbuk limbah gergaji kayu sengon laut dan urea formaldehide. Spesimen ini dibuat dengan metode cetak tekan dengan tebal skin (2 mm) dan tebal core (10 mm). Pengujian bending komposit sandwich ini mengacu pada standar ASTM D-790-03. Metode yang digunakan dalam proses pembuatan komposit ini adalah metode hand lay up.

Hasil penelitian menunjukkan nilai kekuatan bending mengalami kenaikan dari variasi fraksi volume 20% : 80% ke variasi fraksi volume 40% : 60%, dengan nilai tegangan lentur maksimum tertinggi 54,87 N/mm2 pada variasi fraksi volume 40% : 60%. Berdasarkan hal ini dapat diketahui bahwa seiring penambahan serat maka turut mempengaruhi nilai tegangan yang dihasilkan. Hasil pengujian morfologi pada variasi 30% : 70% ditemukan adanya void atau pori-pori di sekitar permukaan spesimen.

Keywords

komposit; sandwich; bending

Full Text:

PDF Plagiarism check

References

Catur, A.D, dkk., (2014). Sifat Mekanik Komposit Sandwich Berpenguat Serat Bambu-Fiberglass dengan CorePolyurethan Rigid Foam, Jurnal Rekayasa Mesin Volume 5, No.1 Tahun 2014 51-57.

Catur, A.D, dkk., (2017). Kekuatan Bending dan Berat Jenis Komposit Sandwich Yang diperkuat Z-Pin Bambu. Simposium Nasional –RAPI XVI, FT-UMS.

Hariyanto, A., dan Apriandana, R., 2109. Komposit Sandwich Berpenguat Hybrid Serat Bambu Ori dan Serat Rami pada Skin dan Berpenguat Serbuk Kayu Sengon Laut serta Serbuk Tempurung Kelapa pada Core dengan Matrik Polyester. Simposium Nasional –RAPI XVIII, FT-UMS.

Nurhidayat, A., (2016). Pengaruh Ketebalan Core Terhadap Sifat Mekanik Komposit Sandwich Cantuta- HDPE Daur Ulang Sebagai Bahan Penutup Lantai Ramah Lingkungan. Prosiding SNATIF, 159- 166.

Wulantika, N. (2014). Kekuatan dan ModulusBending Bahan Komposit Ramah Lingkungan Berpenguat Serat Ampas Tebu dengan Matrik Asam Polilaktat.

Xie, D., (2009). Kekuatan impak komposit sandwich berpenguat serat aren.

F. Abdurrachman. (2017). Analisa Teknis Komposit Berpenguat Serat Daun Nanas (Smooth Cayenne) Dan Serat Ampas Tebu (Saccharum Officinarum L) Sebagai alternatif Komponen Kapal Ditinjau Dari Kekuatan BendingDan Impack.

Umbara, N.A.A., (2011). Pengaruh Ketebalan Core Dan Jumlah Siklus Beban BendingDinamis Terhadap Penuruan Kekuatan Komposit Sandwich Serat Aren Dengan CoreSerbuk Gergaji Kayu Sengon Laut.

Munandar,I., Savetlana, S., (2013). Kekuatan Tarik Serat Ijuk (Arenga Pinnata Merr).

Diharjo, K., (2006). Karakteristik Alkali Terhadap Sifat Tarik Bahan Komposit Serat Rami-Polyester.

Article Metrics

Abstract view: 114 times
Download     : 124   times Download     : 1   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.