Pengembangan media video animasi pembelajaran pada materi garis dan sudut

Rachmawati Rachmawati

Submitted : 2024-11-27, Published : 2024-12-18.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan Tahap sebagai berikut perencanaan (planning), desain (design) dan pengembangan (develop) Pengembangan media video pembelajaran telah melalui tahap identifikasi kebutuhan siswa, Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan siswa proses pembelajaran Matematika yaitu sistem Garis dan Sudut berada pada kualifikasi cukup baik, pada hasil identifikasi kebutuhan media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dan pada hasil identifikasi materi kebutuhan belajar mata pelajaran Matematika berada pada kualifikasi baik. Media video pembelajaran ini sangat dibutuhkan pada sekolah SMP Islam Donomulyo. Hasil deskripsi data penilaian oleh validator media terhadap media video pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik ini dikategorikan sangat baik, dan hasil deskripsi data penilaian oleh validator ahli isi terhadap media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik ini dikategorikan sangat baik. Hasil uji coba menunjukan bahwa produk yang dilengkapi dengan aspek kepraktisan yang ditunjukan kepada guru dan siswa dikategorikan sangat praktis. Jadi Tingkat validitas media video pembelajaran ini dikategori sangat valid. Dan tingkat kepraktisan media video pembelajaran ini dikategorikan sangat baik

Keywords

pengembangan; video; pembelajaran

References

[1] Syaifuddin, 2017. Inovasi Pembelajaran PAI Dengan Pengembangan Model Constructivism Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah.

[2] Pulungan, A. R., & Rakhmawati, F. (2022). Tren Media Pembelajaran Matematika dalam Jurnal Pendidikan Matematika di Seluruh Indonesia. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3443–3458. https://doi.org/doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.177

[3] Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

[4] Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada. Ibrahim, dkk.

[5] Nugroho, Rinaldi Dwi. dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Programmable Logic Controller, (online), http://eprints.uny.ac.id/10273/1/JURNAL/,

[6] Sadiman, Arif, S. R. Haryono, Agung. Rahardjito. 2010. Media pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

[7] Astika, R. T., Astra, I. M., Makmuri, M., Sumarni, S., Andika, W. D., & Palupi, E. K. (2019). Survey of Elementary School Teacher Needs on Video Learning Mathematics Based on Contextual Teaching and Learning in Palembang City. Al Jabar: Jurnal Matematika, 10(2), Pendidikan 251–260. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i 2.4936

[8] Astuti, R., Nisak, N., Nadlif, A., & Hajjatul, A. W. (2021). Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series 1779(1), PAPER, 012051. https://doi.org/10.1088/1742 6596/1779/1/012051

[9] Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Prenamedia Group.

[10] Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 677–688. https://doi.org/doi.org/10.29333/iej me/5785

[11] Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

[12] Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. Pengembangan Pembelajaran Video (2020). Media Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v1 2i1.

[13] Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v 6i4.3257

[14] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.

[15] Sukmadinata, Nana, Syaodih. 2005. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view: 14 times
Download     : 25   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.