Identifikasi etnomatematika pada motif kain tenun Sumba Barat Daya

Yohanes Ndara Kalli, Siti Napfiah

Submitted : 2024-09-02, Published : 2024-12-18.

Abstract

Etnomatematika merupakan ilmu yang mempelajari keterkaitan antara matematika dengan budaya dan berfungsi untuk menjelaskan hubungan antara budaya dan matematika. Belajar matematika melalui budaya atau disebut etnomatematika memudahkan siswa untuk lebih memahami matematika karena terdapat di daerah mereka masing-masing. Budaya kain tenun Sumba Barat Daya merupakan budaya yang diwariskan dari turun temurun yang memiliki keanekaragaman motif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep matematika di dalam motif kain tenun Sumba Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa di dalamĀ  kain tenun Sumba Barat Daya terdapat konsep matematika meliputi segitiga, simetri lipat, belah ketupat, persegi, garis horizontal, garis vertikal, dan garis sejajar. Segitiga dan simetri lipat ditemukan pada motif kain Mamoli, belah ketupat ditemukana di kain tenun suku Kodi, persegi ditemukan pada kain tenun suku Laura dan suku Wewewa, serta garis horizontal, vertical, garis sejajar ditemukan pada motif kain tenun Bintang.

Keywords

identification; ethnomathematics; woven fabric; Sumba Barat Daya.

References

[1] Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi. Jurnal Literasiologi Volume 1, No.

[2] Ndima, P.P. 2007. Kajian Budaya Kain Tenun Ikat Sumba Timur. Nuansa Sukses. Salatiga.

[3] Irfa. (2018). Diversifikasi Produk Tenun Ikat Nusa Tenggara Timur dengan Paduan Teknik Tenun dan Teknik Batik. Vol. 35, No.

[4] Kevin , Janson Hendryli., dan Dyah Erny Herwindiati. (2019). Klasifikasi Kain Tenun berdasarkan Tekstur & Warna dengan Metode K-Nn. Journal of Computer Science and Information Systems, volume 3, no.

[5] Kamarusdiana. (2019). Studi Etnografi dalam Kerangka Masyarakat dan Budaya. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 6 No. 2

[6] Sarwoedi, S., Marinka, D., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam menigkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.

[7] Wulandari, Mega Retno. 2020. Eksplorasi Tenun Ikat Sumba Timur Ditinjau dari Etnomatematika. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 36 (2).

[8] Banase, Stefania, Hermina Disnawati, dan Selestina Nahak. 2022. Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun pada Masyarakat Oeolo NTT untuk Menggunakan Konsep Matematis. Edumat: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1).

[9] Sumartono. 2022. Kajian Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Nusa Tenggara Timur untuk Pembelajaran Tingkat Dasar. Sibatik Journal, 2 (1).

[10]Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bansa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan FMIPA UNY, Jogyakarta: (Vol. 1, No. 1, pp. 114-118).

[11] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

[12] Yuni Septiani, Edo Arribe,. dan Risnal Diansyah. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sisteminformasi Akademik Universitas Abdurrab terhadap Kepuasan Penggunaan menggunakan Metode Sevqual. Jurnal Teknologi dan Open Source E-Issn : 2622-1659 Vol. 3 No. 1.

[13] Lukito, Agung., dan Sisworo. 2014. Matematika SMP/MTS Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudyaan.

[14] Ledi, Fixaris, Benediktus Kusmanto, dan Denik Agustito. 2020. Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kian Tenun Sumba Barat. Jurnal Union 8 (1).

Article Metrics

Abstract view: 11 times
Download     : 19   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.