Analisis kemampuan literasi numerasi dalam memecahkan masalah pada materi perbandingan ditinjau dari gaya belajar

Chindy Pebrianti, Mika Ambarawati

Submitted : 2024-08-26, Published : 2024-12-18.

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan literasi numerasi berdasarkan gaya belajar pada siswa kelas VII di MTs Daarul Ulum Ampelgading. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, dengan subjek awal penelitian sebanyak 31 siswa hingga subjek akhir yang terpilih sebanyak 6 siswa. Kemampuan numerasi siswa dapat diketahui dengan mengumpulkan data melalui lembar angket gaya belajar, tes kemampuan literasi, dan wawancara. Kemampuan numerasi dan numerasi dapat terlihat dari proses pengerjaan soal literasi dan numerasi yang telah disiapkan.  Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual yakni: kemampuan literasi 50 %, numerasi 0 % dan literasi numerasi 0 %. Siswa dengan gaya belajar visual mampu memahami soal tetapi tidak dengan penyelesaiannya. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yakni: kemampuan literasi 50 %, numerasi 50 % dan literasi numerasi 50 %.  Siswa dengan gaya belajar tersebut mampu memahami soal beserta dengan penyelesaiannya. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dapat memahami soal namun tidak beserta penyelesaiannya. Siswa dengan gaya belajar kinestetik yakni: Kemampuan literasi 50 %, numerasi 50 % dan literasi numerasi 0 %.

Keywords

Literasi; Numerasi; Gaya belajar

References

[1] Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar – Dharma Gyta Sari Hrp, Fauziah Nasution, Eni Sumanti Nst, Salman Alparis Sormin DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400.

[2] Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

[3] Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231

[4] Alberta. (2018). Literacy and Numeracy Progressions. (Online) (https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/), diakses 29 April 2022.

[5] Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Jakarta: Kemdikbud.

[6] Karmeliana, Dyah SitiLadyawati, Erlin (2023) Analysis of Senior High School Students ’ Numeracy Based on Learning Style Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Atas Ditinjau dari Gaya Belajar.

[7] A. A. Rosidi, M. Nimah, dan E. Rahayu, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar,” J. Cendekia, vol. 10, no. 02, hal. 157–162, 2018, doi: 10.37850/cendekia.v10i02.70.

[8] Wiedarti, P. (2018). Seri Manual GLS Pentingnya memahami gaya belajar (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[9] Ghufron, M. N. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[10] Suparman S. 2010. Gaya belajar yang menyenangkan siswa, Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

[11] Lanya, H. (2016). Pemahaman Konsep Perbandingan Siswa SMP Berkemampuan Matematika Rendah. Jurnal FKIP Universitas Madura, SIGMA, 2 (1), September 2016, hal. 20.

[12] Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

[13] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
(Buku ini berisi panduan metodologis penelitian untuk berbagai pendekatan).

[14] Isnaini, E N (2020). Kemampuan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Shape And Space Berdasarkan Gaya Belajar. KADIKMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 11,no.2, hal 23-35, 2020, doi: https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19801.

[15] Karmeliana S, D & Ladyawati, E (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Menengah Atas Ditinjau Dari Gaya Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika,Vol. 1,2023, https://snpm.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snpm/article/view/129.

Article Metrics

Abstract view: 26 times
Download     : 18   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.