Studi etnomatematika pada destinasi wisata telaga Madiredo

Lailatul Nur Alfiya, Rosyidatur Rohmah

Submitted : 2024-08-23, Published : 2024-12-18.

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang besaran, berbagai bentuk, dan juga konsep, tidak hanya memiliki hubungan internal tetapi juga terkait dengan berbagai disiplin ilmu, termasuk budaya. Penelitian ini menggali konsep etnomatematika pada wisata Telaga Madiredo yang terletak di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan observasi secara langsung. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui lebih dalam nilai-nilai budaya yang ada pada wisata Telaga Madiredo. Sedangkan kajian pustaka digunakan untuk mengetahui lebih dalam nilai-nilai budaya yang ada pada wisata Telaga Madiredo. Berdasarkan hasil pengumpulan data, diperoleh bahwa beberapa susunan kayu yang terdapat di kawasan tersebut ditemukan unsur-unsur matematika yaitu (1) konsep bangun datar lingkaran, segi empat, dan belah ketupat; dan (2) konsep simbol tanda kurung. Tempat wisata tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika khususnya tingkat dasar dan menengah. Dengan demikian, pembelajaran matematika akan lebih bermakna dan menyenangkan.

Keywords

Ethmomathematics; Madiredo Lake Tourism Destination; Geometry

References

[1] Simbolon, P. (2020). Etnomatematika pada Taman Wisata Iman Sitinjo dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 141-155.

[2] Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338

[3] Destrianti, S., Rahmadani, S., & Ariyanto, T. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation : Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116.

[4] Fahmita Sari, Nuraziza Rahmah, A. Rezky Pratiwi, Nurjannah (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai

[5] Putri, N. N. P., & Mariana, N. (2022). Etnomatematika pada Candi Sumur Sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, 10(2), 289-301

[6] Sabir, M. (2020). Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove Tongke-Tongke di Kabupaten Sinjai. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 53-60.

[7] Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

[8] Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

[9] Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216-226.

[10] Huda, N. T. (2018). Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217.

Article Metrics

Abstract view: 9 times
Download     : 28   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.