Pengembangan E-modul interaktif berbasis RME (Realistic Mathematic Education) pada materi statistika

Siti Napfiah, Anggi Widiarti K

Submitted : 2024-07-29, Published : 2024-12-18.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan elektronik modul interaktif berbasis RME (Realistic Mathematics Education) sebagai media pembelajaran materi statistika sub materi pemusatan data. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) yang biasanya disebut juga dengan penelitian dan pengembangan. Peneliti menggunakan studi rekonstruksi dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Observasi dilakukan untuk menguji unsur interaktif pada e-modul dilihat melalui penggunaan e-modul dan penyelesaian games pada apersepsi. Adapun data yang telah diperoleh oleh peneliti berdasarkan hasil analisis kelayakan e-Modul yaitu sebesar 97% termasuk dalam kategori valid dan analisis keefektifan sebesar 84% termasuk dalam kategori efektif. Maka e-modul tersebut layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan disimpulkan bahwa e-Modul interaktif ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa elektronik modul interaktif berbasis RME (Realistic Mathematic Education) layak dan efektif dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi menunjukan bahwa unsur interaktif pada e-modul sudah terpenuhi.

Keywords

E-Modul; Interaktif; Realistic Mathematic Education (RME); Statistika

References

[1] Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

[2] Wahyudi, D. (2019). Pengembangan e-modul dalam pembelajaran matematika SMA berbasis Android. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1.

[3] Muslimah, K., & Wijaya, A. (2022). Pengembangan E-Modul Statistika Berbasis Contextual Problem Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(3), 202-210.

[4] Praspita, R., & Rosy, B. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 51-64.

[5] Sari, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1906-1912).

[6] Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis kemampuan literasi statistis siswa Madrasah Tsanawiyah dalam materi statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205-212.

[7] Muchson, M., & MM, S. (2017). Statistik Deskriptif. Spasi Media.

[8] Wijayanti, R., & Napfiah, S. (2016). Pengembangan Modul Statistika sebagai Media Penunjang Mata Kuliah Institusi di IKIP Budi Utomo Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 22(1), 13-20.

[9] Malo, A. H., Ambarawati, M., & Napfiah, S. (2020). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 109-118.

[10] Rahayu, T. (2010). Pendekatan RME terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas 2 SDN penaruban I purbalingga. Yogyakarta: UNY.

[11] Melawati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 44-49.

[12] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

[13] Ningsih, Y. E. (2019). Pengembangan peta digital toponim wilayah Surakarta dengan pendekatan Edusemiotik untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa MAN 1 Surakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

[14] Sulistyorini, Y., Napfiah, S., & Mufidah, K. (2023). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN PLATFORM WORDWALL. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 162-175.

[15] Ramadhani, Z. L., & Napfiah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Keterampilan Abad 21 Pada Materi Aritmatika Sosial. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(1), 20-34.

[16] Inanna, Nurjannah, Ampa, Nurdiana (2021) Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh : Universitas Negeri Makassar Indonesia

[17] Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191.

[18] Eriyan, D., & Napfiah, S. (2022, December). Pengembangan Media Interaktif untuk Mendorong Minat Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 3, No. 01, pp. 318-327).

[19] Rahmi, L. (2019). Perancangan e-module perakitan dan instalasi personal komputer sebagai media pembelajaran siswa SMK. Ta'dib, 21(2), 105-112.

[20] Sili, K. K., Napfiah, S., & Kurniawati, A. (2018). Pengembangan Modul Materi Barisan dan Deret Kelas X SMK dengan Pendekatan REACT. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 10-22.

Article Metrics

Abstract view: 5 times
Download     : 19   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.