Pengembangan E-modul interaktif berbasis RME (Realistic Mathematic Education) pada materi statistika
Submitted : 2024-07-29, Published : 2024-12-18.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
[2] Wahyudi, D. (2019). Pengembangan e-modul dalam pembelajaran matematika SMA berbasis Android. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1.
[3] Muslimah, K., & Wijaya, A. (2022). Pengembangan E-Modul Statistika Berbasis Contextual Problem Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(3), 202-210.
[4] Praspita, R., & Rosy, B. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 51-64.
[5] Sari, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1906-1912).
[6] Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis kemampuan literasi statistis siswa Madrasah Tsanawiyah dalam materi statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205-212.
[7] Muchson, M., & MM, S. (2017). Statistik Deskriptif. Spasi Media.
[8] Wijayanti, R., & Napfiah, S. (2016). Pengembangan Modul Statistika sebagai Media Penunjang Mata Kuliah Institusi di IKIP Budi Utomo Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 22(1), 13-20.
[9] Malo, A. H., Ambarawati, M., & Napfiah, S. (2020). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 109-118.
[10] Rahayu, T. (2010). Pendekatan RME terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas 2 SDN penaruban I purbalingga. Yogyakarta: UNY.
[11] Melawati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 44-49.
[12] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
[13] Ningsih, Y. E. (2019). Pengembangan peta digital toponim wilayah Surakarta dengan pendekatan Edusemiotik untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa MAN 1 Surakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
[14] Sulistyorini, Y., Napfiah, S., & Mufidah, K. (2023). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN PLATFORM WORDWALL. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 162-175.
[15] Ramadhani, Z. L., & Napfiah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Keterampilan Abad 21 Pada Materi Aritmatika Sosial. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(1), 20-34.
[16] Inanna, Nurjannah, Ampa, Nurdiana (2021) Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh : Universitas Negeri Makassar Indonesia
[17] Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191.
[18] Eriyan, D., & Napfiah, S. (2022, December). Pengembangan Media Interaktif untuk Mendorong Minat Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 3, No. 01, pp. 318-327).
[19] Rahmi, L. (2019). Perancangan e-module perakitan dan instalasi personal komputer sebagai media pembelajaran siswa SMK. Ta'dib, 21(2), 105-112.
[20] Sili, K. K., Napfiah, S., & Kurniawati, A. (2018). Pengembangan Modul Materi Barisan dan Deret Kelas X SMK dengan Pendekatan REACT. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 10-22.
Article Metrics
Abstract view: 5 timesDownload  : 19 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.