Pengaruh Model CIRC Berbantuan Media Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 2 Tahunan
Submitted : 2023-07-16, Published : 2023-12-12.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
S. R. Janah, H. Suyitno, and I. Rosyida, “Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2019, vol. 2, pp. 905–910.
D. Kurniawati and A. Ekayanti, “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 3, no. 2, p. 112, 2020.
S. A. Oktavia, Model-Model Pembelajaran. Sleman: Deepublish, 2020.
Rahman, Model Mengajar & Bahan Pembelajaran. Bandung: Alqaprint Jatinangor, 2016.
V. A. N. Ariawan, N. T. Utami, and R. Rahman, “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak,” al-Aulad J. Islam. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 95–104, 2018, doi: 10.15575/al-aulad.v1i2.3529.
Y. Rahmi and I. Marnola, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ),” J. Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 662–672, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.406.
T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
P. Y. Kurniawan et al., “Pelatihan Menulis Deskripsi dengan menggunakan Media Gambar untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter,” JAMU J. Abdi Masy. UMUS, vol. 1, no. 02, 2021, doi: 10.46772/jamu.v1i02.347.
A. Binangun H, H & Hakim R, “Pengaruh penggunaan alat peraga dakon terhadap hasil belajar matematika siswa,” J. Kaji. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 02, pp. 204–214, 2016.
A. R. Hakim, I. Fadilah, and R. Oktaviana, “Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Sudut di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19,” 2021, pp. 1338–1347.
A. M. Yusuf, Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, & Penelitian Gabungan). Jakarta: Prenada Media, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung.: Alfabeta, 2019.
A. Quraisy, “Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar,” J. Heal. Educ. Econ. Sci. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 7–11, 2020.
M. Waruwu, “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readning And Compotition (CIRC),” Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 300–306, 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i1.46.
A. Herdiana and R. Julia, “Pemanfaatan Alat Peraga Jam Sudut sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika,” Polinomial J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 23–27, 2022, doi: 10.56916/jp.v1i1.41.
B. Mustika, D. A. Uswatun, I. Khaleda, A. Hendrik, and Nurnaningsih, “Pengaruh Penggunaan Media Wayang Sukuraga terhadap Keaktifan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4784–4793, 2022.
Article Metrics
Abstract view: 180 timesDownload  : 110 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.