Pengaruh Model CIRC Berbantuan Media Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 2 Tahunan

Nihlatun Niswah, Devani Mutiara, Wulan Sutriyani

Submitted : 2023-07-16, Published : 2023-12-12.

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki kompleksitas dan keunikan tersendiri dimana dalam mempelajarinya mengharuskan siswa untuk mampu bernalar kritis dan memiliki kemampuan problem solving. Untuk itu, penting bagi pendidik menciptakan pembelajaran dengan model pembelajaran yang kreatif dan variatif sesuai kebutuhan belajar siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC berbantuan media pembelajaran jam sudut terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis pendekatan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, metode pre-eksprimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini yaitu 26 siswa kelas 3 SDN 2 Tahunan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan semua anggota kelas dalam penelitian ini adalah sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan 10 soal pilihan ganda. Berdasarkam perhitungan yang dilakukan dengan SPSS, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap penggunaan model pembelajaarn CIRC berbantuan media jam sudut terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDN 2 Tahunan materi jenis-jenis sudut. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest. Pada pretest, diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 56,53. Sedangkan setelah peserta diidk diberi perlakuan dengan adanya penggunaan model CIRC berbantuan media jam sudut diperoleh rata-rata hasil belajar senilai 85,0. 

Keywords

Model Pembelajaran, CIRC, Media Pembelajaran

References

S. R. Janah, H. Suyitno, and I. Rosyida, “Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2019, vol. 2, pp. 905–910.

D. Kurniawati and A. Ekayanti, “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 3, no. 2, p. 112, 2020.

S. A. Oktavia, Model-Model Pembelajaran. Sleman: Deepublish, 2020.

Rahman, Model Mengajar & Bahan Pembelajaran. Bandung: Alqaprint Jatinangor, 2016.

V. A. N. Ariawan, N. T. Utami, and R. Rahman, “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak,” al-Aulad J. Islam. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 95–104, 2018, doi: 10.15575/al-aulad.v1i2.3529.

Y. Rahmi and I. Marnola, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ),” J. Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 662–672, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.406.

T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.

P. Y. Kurniawan et al., “Pelatihan Menulis Deskripsi dengan menggunakan Media Gambar untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter,” JAMU J. Abdi Masy. UMUS, vol. 1, no. 02, 2021, doi: 10.46772/jamu.v1i02.347.

A. Binangun H, H & Hakim R, “Pengaruh penggunaan alat peraga dakon terhadap hasil belajar matematika siswa,” J. Kaji. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 02, pp. 204–214, 2016.

A. R. Hakim, I. Fadilah, and R. Oktaviana, “Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Sudut di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19,” 2021, pp. 1338–1347.

A. M. Yusuf, Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, & Penelitian Gabungan). Jakarta: Prenada Media, 2017.


Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung.: Alfabeta, 2019.

A. Quraisy, “Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar,” J. Heal. Educ. Econ. Sci. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 7–11, 2020.

M. Waruwu, “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readning And Compotition (CIRC),” Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 300–306, 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i1.46.

A. Herdiana and R. Julia, “Pemanfaatan Alat Peraga Jam Sudut sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika,” Polinomial J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 23–27, 2022, doi: 10.56916/jp.v1i1.41.

B. Mustika, D. A. Uswatun, I. Khaleda, A. Hendrik, and Nurnaningsih, “Pengaruh Penggunaan Media Wayang Sukuraga terhadap Keaktifan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4784–4793, 2022.

Article Metrics

Abstract view: 99 times
Download     : 52   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.