Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan berat pada peserta didik kelas 2B SDN Pandean Lamper 03 Semarang

Zuhrotun Nisa, Agnita Siska Pramasdyahsari, Ida Dwijayanti, Susilo Adi Saputro

Submitted : 2023-06-16, Published : 2023-06-27.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan berat pada kelas 2B SDN Pandean Lamper 03 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan hasil jawaban tes tertulis dan wawancara peserta didik berdasarkan kesalahan Newman. Teknik analisa data dilakukan dengan teknik purposive sampling dan data di analisis menggunakan teknik triangulasi untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan 4 peserta didik tersebut melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung materi satuan berat, minimal pada salah satu soal tes. Selain itu, kesalahan yang dilakukan peserta didik terkait dengan kesalahan memahami masalah yaitu tidak mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan, kesalahan mentransformasi masalah yang ditandai dengan kesalahan dalam menuliskan representasi simbolik matematika, kesalahan keterampilan proses yaitu tidak mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan prosedur penyelesaian yang benar, dan kesalahan dalam menulis jawaban akhir yaitu tidak menuliskan secara tepat simpulan akhir dari masalah yang diberikan.

References

Dwidarti, U., Marnpouw, H.L., Setyadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Gunawan, Ansyori. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V di SDN 59 Kota Bengkulu.10(1): 2.

Hasibuan, A.M., Saragih, S., & Amry, Z. (2018). Development of Learning Materials based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Remaja ROSDAKARYA.

Idah, Faridah. 2014. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. 3(1): 54.

Lestiana, Herani Tri, “Journal of Research and Advances in Mathematics Education” JRAMathEdu Vol. 1, No. 2 Tahun 2016.

Meilando, R., Idris, M., & Murdiana, I. N. (2017). Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VIII SMP Labschool Untad Palu Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 213–229.

Purnomo, Yoppy W. 2015. Pembelajaran Matematika untuk PGSD. Jakarta: Erlangga.

Raharjo, Marsudi, dkk. 2008. Pembelajaran Soal Cerita Yang Berhubungaqn Dengan Penjumlahan dan Pengurangan di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Raharjo, Marsudi, dkk. 2009. Pembelajaran Soal Cerita di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Santri, Fatrima. 2016. Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika

Salma, Ummu. 2014. Profil Kemampuan Estimasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, 3(1): 173.

Sri Wardhani. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. PPPPTK Matematika. 2010.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, P. L. dan Ratu, N. (2018). “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial”.

Wahyudi, Indri Anugraheni. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Setya Wacana Universitas Press dung: LabMath-Indonesia.

Article Metrics

Abstract view: 161 times
Download     : 103   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.