Meningkatkan kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan media buku gasing

Siti Napfiah, Nur Haliza

Submitted : 2023-03-16, Published : 2023-06-23.

Abstract

Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa madrasah dalam pembelajaran matematika melalui media pembelajaran buku gasing. Guru dituntut wajib memahami materi dengan baik juga memberikan motivasi kepada siswanya. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran operasi penjumlahan bilangan bulat di MTs Miftahul Ulum Ngingit Kabupaten Malang. Subjek penelitian yakni siswa kelas 7 MTs MIftahul Ulum. Siswa diminta mengerjakan soal yang sudah ditentukan jumlahnya dengan cepat, tepat, dan teliti dan dibatasi oleh waktu tertentu. Tolak ukur dari keberhasilan penelitian ini, jika nilai berhitung siswa sudah diatas 75. Pada saat studi pendahuluan nilai masih tergolong sangat rendah. Selanjutnya pada siklus I terdapat yang mendapat nilai 75, berikutnya pada siklus II setiap siswa mendapat nilai 100. Dengan demikian tujuan penelitian ini sudah tercapai.

Keywords

Calculate ability; Gasing Book

References

Malapata, E., dan Wijayaningsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Aanak Usia 4-5 Tahun melauli Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283-293

Suka. (2016) Pengembangan Kegiatan Bermain Kelereng dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak ABA III Peraingan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negrri Makassar. Makassar. Suryasubrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Rajawali.

Soelaiman. 2007. Manajemen Kinerja, Langkah Efektif Untuk Membangun, Mengendalikan, dan Evaluasi Kerja, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama.

Suryasubrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Zainudin. (2018). Peningkatan Kemampuan Menguasai Materi Pembelajaran Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Kelas di UPTD Makmur Kabupaten Bieuren. Jurnal Serambi Ilmu.

Rosalina, Iga. (2014). Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan pada Kelompok Pinjaman Bergulir di Desa Mantren Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Jurnal Unesa

Koeswara. 1995. Motivasi Teori dan Penelitian. Bandung: Angkasa.

Muhammad, Maryam (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida. Volume 4 No. 2.

Hidi, S. (2006). Interest: A Unique Motivasion Variable. Education Research Review, 1, 69-82.

Laufer, Ruth (1993). Pedoman Pelayanan Anak. Malang Indonesia: Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia.

Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Adtya Bakti

Hopkins, David.A. 2010. Theacher’s Guide to Classroom Research. Philadepia: Open University Press.

Joni T.R dan Tisno. 2012. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah Depdikbud.

Susilowati, Dwi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Junal Edunomika. Volume 2, No. 1.

Fatmawati, Nia (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Matematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 8, No. 2.

Article Metrics

Abstract view: 189 times
Download     : 161   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.