Peningkatan percaya diri, rasa ingin tahu dan hasil belajar materi peluang melalui model Realistic Mathematics Education

Nurlaila Mahmudah

Submitted : 2023-02-20, Published : 2023-06-23.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran yang mampu meningkatkan sikap percaya diri, rasa ingin tahu dan hasil belajar; meningkatkan sikap pecaya diri, rasa ingin tahu serta hasil belajar; dan mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart.  Data sikap dikumpul dengan lembar observasi, hasil belajar diambil dari hasil tes, dianalisis dengan teknik analisis diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian di atas 75% siswa mencapai kriteria baik untuk sikap serta hasil belajar di atas 75% mencapai KKM. Pada pratindakan capaian skor baik sikap percaya diri 47,06%, rasa ingin tahu 44,32% serta hasil belajar 35 % diatas KKM. Skor sikap percaya diri siklus I sebesar 73,53%, rasa ingin tahu 70,59% dan hasil belajar 68% di atas KKM. Capaian skor baik sikap percaya diri siklus II 97,06%, rasa ingin tahu 94,12% sedangkan hasil belajar 85% di atas KKM

Keywords

Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar.

References

Anonim, 2006, Tokoh Kita Prof. DR. Hans Freudental (1905 – 1990), Majalah PMRI Edisi VIII, April 2006, Bandung : IP – PMRI.

Hadi, S.(2017), Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: Rajagrafindo Persada.

Wahyudi. Pengembangan Model Realistic Mathematics Education (RME) dalam Peningkatan Pmbelajaran Matematika Bagi Mahasiswa Prodi PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen. Jurnal Paedagogia Vol. 18 N0. 2 Tahun 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2015 hal 64-73.

Pradipta, Sarastika. (2014). Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Araska

Ghufron, Nur dan Rini Risnawati. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jakarta: Ar-ruzz Media

Mohamad Mustari. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Ismawati, F., Dwijananti, P., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 23.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Rimmy Yoko. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Bentuk Pengembangan Profesi Guru. LPMP

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung Rosda Karya

Article Metrics

Abstract view: 99 times
Download     : 51   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.