Kajian literatur: kemampuan numerasi pada perkembangan peserta didik di lingkungan sekolah

Rachmawati Rachma

Submitted : 2023-01-01, Published : 2023-06-23.

Abstract

Kemampuan Numerasi merupakan kemampuan dalam menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.). Kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan numerasi siswa SD berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, kajian literatur. Instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data berupa beberapa jurnal tentang kemampuan literasi dan numerasi, perkembangan peserta didik. Berdasarkan beberapa literatur,   Maulidina, Hartatik (2021) dalam jurnalnya berjudul “Analisis kemampuan numerasi siswa dalam memecahkah masalah matematika pada siswa kelas II SDI Sunan Ampel II Trosobo kabupaten Sidoarjo” menjelaskan tentang kuranganya kemampuan numerasi dan perkembangan peserta didik di SDI Sunan Ampel II Trosobo kabupaten Siduarjo. Penelitian lain yaitu Ermiana, Uma, Niswatul Khair, Fauzi, Sari (2021) berjudul “Kemampuan literasi numerasi siswa SD inklusif dalam memecahkan soal cerita menjelaskan tentang kemampuan literasi numerasi siswa inklusif dan soal cerita”.  Berdasarkan hasil kajian penelitian artikel jurnal  Maulidina dan artikel jurnal Ermina banyak membahas terkait  kemampuan numerasi, dengan mangarahkan siswa terhadap numerasi

Keywords

Perkembangan Peserta didik, Kemampuan Numerasi, Lingkungan Sekolah

References

Rosidi, Ahmad. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar” Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Jurnal Kewarganegaraan : Vol. 6 No. 2. 2022

Salvia, Nayla. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika” Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vo. 3 No. 1. 2021

Han, W., Santoso, D., & dkk. “Materi Pendukung Literasi Numerasi” Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017

Maulidina, Ana Puspita. “ Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas II SDI Sunan Ampel II Trosobo Kabupaten Sidoarjo “ http://repository.unusa.ac.id/5183

Ermiana , dkk. “Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sd Inklusif Dalam Memecahkan Soal Cerita” Journal of Elementary Education Vol. 04., No.06. 2021

Susanto, Ahmad. “ Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. .Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. 2013

Mahmud ,Pratiwi. “Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur”, Jurnal KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4, No. 1, 69-88. 2019.

Baharuddin, Muhammad. “Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan” Jurnal Pedagogy Vol.6, No.2. 2021

Nuryati, Darsinah. “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar” Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Papeda: Vol 3, No 2 halaman 2715 – 5110. 2021.

Rubyanto, dkk. “ Pemecahan masalah matematika : untuk PGSD”. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2017

Maulidina, Hartatik. “Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika” Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD Vol. 3 No.2. 2021.

Febriyanti, Dewi. “Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2. 2021

Fauziah, Rusli. “Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik Secara Sosial Students” Development On Social Aspect, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. Jurnal Sosial Humaniora Vol.4., No. 2. 2013

Arrosyad, Nugroho. “Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi” Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, JURNAL BASICEDU Volume 5 Nomor 6. 2021

Article Metrics

Abstract view: 1068 times
Download     : 3497   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.