Hubungan kepribadian guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Yadika 5 Tanggerang Selatan
Submitted : 2022-12-28, Published : 2023-06-22.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian guru matematika dalam proses pembelajaran di SMK YADIKA 5 Tangerang Selatan, hasil belajar siswa dan hubungan antara keduanya. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian korelasional. Terdiri dari dua variabel yaitu kepribadian guru matematika sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa XI Akuntansi SMK YADIKA 5 Tangerang Selatan Tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa/i dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis yang dihitung oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil hitung rxy adalah sebesar 0,035, dengan memeriksa rtabel product moment ternyata df sebesar 28 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,361 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,463, karena rxy pada taraf signifikansi 5% lebih kecil dari rtabel (0,035 < 0,361), maka pada taraf signifikansi 5% Ha ditolak sedangkan Ho diterima. Selanjutnya pada taraf signifikansi 1% rxy juga lebih kecil daripada rtabel (0,035 < 0,463), maka pada taraf signifikansi 1% ini pun Ha kembali ditolak sedangkan Ho diterima. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara sifat kepribadian guru (variabel X) dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi (variabel Y) di SMK YADIKA 5 Tangerang Selatan
Keywords
Full Text:
Article (Bahasa Indonesia)References
Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta 2010
Napitupulu, Dedi Syaputra. Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Mengembangkan Ranah Afektif Siswa di MAN 2 Model Medan. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2, hlm. 23. 2016
N. Lestari, S. D. Kurniawan, and B. Yudhanto, “Tube Bending Machine for Home Industry Scale,” Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, vol. 4, Nov. 2018.
Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta 2009.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta :Pustaka Belajar, 2013
Ghufron, Nur dan Rini Risnawita S. Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014
Hanifah, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran . Bandung . PT Refika Adi Tama, 2009
Irianto, Agus. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.R, 2010
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2010
Tatang, S. Ilmu pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012
Article Metrics
Abstract view: 183 timesDownload  : 111 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.