Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Segiempat dengan Menggunakan Grid Paper

Nadya Husenti, Wuli Oktiningrum

Submitted : 2022-06-24, Published : 2022-07-12.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Sidomukti pada pokok bahasan segiempat yang menggunakan grid paper sebagai media pembelajarannya. Alasan penelitian ini dikarenakan dari hasil pengamatan sebelum penelitian dilakukan bahwa dalam pembelajaran di kelas, guru mengajarkan materi tanpa menggunakan media manipulatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah lembar jawaban siswa kelas VII MTs Ma’arif Sidomukti Gresik yang sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 37,5 % siswa melakukan kesalahan konseptual, 43,75 % melakukan kesalahan procedural, dan 0,09 % melakukan kesalahan kalkulasi.

Keywords

Hasil Belajar Segiempat Grid Paper

References

H. Hudojo, Pengembangan Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional, 1979.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 29, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.” 2005.

Hasratuddin, “Perkembangan Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik,” J. Pendidik. Mat. Paradig., 2010.

N. Kesumawati, “Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Mat., pp. 45–61, 2008.

A. Jihad, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press, 2009.

J. A. V. Walle, Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran Edisi Keenam. Terjemahan : Suyono. Jakarta: Erlangga, 2006.

G. Muhsetyo, Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

L. Moleong, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

mso-fareast-font-family:"Times New Roman";color:black;mso-ansi-language:EN-US;

mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language:AR-SA'>

field-end'><![endif]-->

Article Metrics

Abstract view: 27 times
Download     : 8   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.