Penerapan Penggunaan Aplikasi Maple Terhadap Hasil Belajar Materi Trigonometri Kelas X

Widiana Tri Lestari, Nurina Ayuningtyas, Nurmala Sari Agustina

Submitted : 2022-06-19, Published : 2022-07-12.

Abstract

Pada saat ini peningkatan teknologi komputer berkembang semakin pesat, peneliti menggunakan komputer dengan aplikasi maple untuk membelajarkan matematika sebagai media pembelajaran khususnya pada persoalan yang berhubungan dengan materi trigonometri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Maple terhadap hasil belajar materi Trigonometri kelas X. Penelitian ini termasuk dalam kategoru penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI di salah satu sekolah SMK swasta daerah Sidoarjo jurusan OTKP (Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran) yang berjumlah 29 siswa. Data dikumpulkan dengan metode pengamatan pada aktivitas guru dan aktivitas siswa serta metode tes untuk mengecek hasil belajar. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dengan mencari nilai rata-rata aktivitas untuk menentukan kategori keterlaksanaan pembenaran dan data hasil belajar dianalisis melalui ketercapaian KKM dan ketuntasan klasikal Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pengamatan aktivitas guru ketika melaksanakan pembelajaran matematika dengan aplikasi maple memperoleh rata-rata nilai 3,75 termasuk kategori sangat baik dan aktivitas siswa selama pembelajaran memperoleh rata-rata nilai 3,28  termasuk kategori sangat baik juga, sedangkan hasil tes belajar siswa diperoleh rata-rata kelas yaitu 79,922 atau dengan demikian nilai rata-rata sudah di atas KKM salah satu sekolah di Sidoarjo dan ketuntasan tes hasil belajar siswa adalah 100% atau seluruh siswa yang ada dikelas dinyatakan tuntas  mengikuti tes, maka pembelajaran menggunakan aplikasi maple sangat baik digunakan untuk siswa kelas XI pada materi grafik fungsi Trigonometri.

Keywords

Maple Trigonometri Hasil Belajar

References

Daryanto. Media Pembelajaran. Gava Media, 2010.

Depdikbud. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Aneka Ilmu, 2003. Rochaety, Eti dkk. Sistem Informasi Menajemen. Bumi Aksara, 2005. Ariani, Niken; Haryanto Dany. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Prestasi Pustaka, 2010. Wartini, Sri. PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN TULIS, LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) PROYEKTOR DAN LABORATORIUM BAHASA BAGI GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 JETIS KABUPATEN BANTUL. 2017

Latuheru, John D. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Departemen Guruan dan Kebudayaan, 1988.

Teni Nurrita. “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.” Jurnal misykat, vol. 03, no. 01, 2018, hal. 171, https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf.

Novitasari, Dian. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol. 2, no. 2, 2016, hal. 8, doi:10.24853/fbc.2.2.8-18.

Sahid. Penggunaan MAPLE untuk Pembelajaran ALJABAR. 2009.

Izzaty, Rita Eka, et al. “Modul Pembelajaran MAPLE.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1967, hal. 5–24.

Sukardi. Metologi Penelitian Guruan. PT Bumi Aksara, 2007.

Ariestanti, Rizka Silvia. Efektivitas Pembelajaran Matematttika Menggunakan Program Maople pada Materi Trigonometri Kelas X MIPA 5 Nahdatul Ulama 1 Gresik 2015. 2015.

Rahmawati, Khaerani. “Aljabar Linear Ii Mahasiswa Semester Iv Prodi Pendidikan.” Jurnal Equals, vol. 2, 2019, hal. 18–22.

Article Metrics

Abstract view: 41 times
Download     : 14   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.