Pengembangan Instrumen Soal HOTS pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas II SDN 3 Kademangan

Wuli Oktiningrum, Lilik Indah Rahayu

Submitted : 2022-06-16, Published : 2022-07-12.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan instrument soal materi operasi hitung bilangan bulat untuk meningkatkan literasi numerasi, mengetahui hasil siswa terhadap instrument soal, dan mengetahui hasil pengembangan instrument soal materi operasi hitung bilangan bulat untuk meningkatkan literasi numerasi siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) yang terdiri atas 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Perbaikan produk, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba pemakaian, 9) Revisi Produk, 10). Produksi. Penelitian ini dimana menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Brog and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 3 Kademangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pretes dan postes, dokumentasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument soal tersebut layak untuk diuji cobakan dengan melakukan revisi berdasarkan saran para ahli materi. Rata-rata kelayakan yang diberikan oleh ahli materi yaitu 96% dengan  kualifikasi “Sangat Layak” diujicobakan untuk siswa Sekolah Dasar. Rata-rata respon siswa terhadap media yang diberikan oleh kelompok kecil 92% dengan kualifikasi “sangat baik” dan oleh kelompok besar 95% dengan kualifikasi “Sangat Layak”. Hasil uji coba pada kelompok besar mengalami peningkatan  yakni pada rata-rata pretes 69 dan postest 89. Hasil uji coba kelompok besar nilai ketuntasan 50% pada pretes dengan menunjukkan kualifikasi tidak tuntas dan 100% pada posttest dengan kualifikasi tuntas, sehingga ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan, Instrumen Soal tersebut layak digunakan dan dapat meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 2 Sekolah Dasar.

References

TIM GLN Kemendikbud, “Panduan Gerakan Literasi Nasional,” Pandu. Gerak. Literasi Nas., p. 50, 2017.

M. R. Mahmud et al., “Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur,” vol. 4, no. 1, pp. 69–88, 2019.

S. H. Pratiwi, “Upaya Meningkatkan Literasi Membaca di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku,” Fitrah, 2021.

E. Oktavianingtyas, “Media Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Dasar,” Pancar. Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 207–218, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV, 2013.

A. Widiyono, “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19,” J. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 169–177, 2020, doi: 10.36232/pendidikan.v8i2.458.

Sukardjo, “Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. PhD Thesis,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV, 2010.

M. Syah, Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Article Metrics

Abstract view: 56 times
Download     : 19   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.