Penanganan Vibration Propeller menggunakan Metode Fault Tree Analysis pesawat KT-IB Woong Bee

Riski Kurniawan, Sunu Aditya Pamungkas, Agung Prakoso, Indro Lukito, Cyrilus Sukaca Budiono, Wahyudi Soemarwoto

Submitted : 2024-07-25, Published : 2024-08-28.

Abstract

Propeller yang diputar oleh engine dapat menghasilkan gaya dorong, karena bentuk blade propeller sendiri yang menyerupai airfoil pada wing pesawat jika dilihat dari penampangnya. Pada pesawat KT-1B Woong Bee, propeller yang digunakan adalah HC-E4N-2/E9512CB-1, jenis adjustable pitch dengan 4 blade. Agar propeller berfungsi optimal, putaran harus stabil untuk memastikan gaya dorong dan kenyamanan penerbangan. Vibration pada propeller sering disebabkan oleh ketidakseimbangan blade, yang bisa terjadi akibat perbedaan berat blade atau perbedaan angle of attack. Analisis kegagalan vibration propeller dilakukan dengan observasi dan data kegagalan dari pesawat KT-1B Woong Bee dalam tiga tahun terakhir (2021-2023). Data tersebut dianalisis menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk menemukan basic event vibration yang kemudian dianalisa kembali untuk menentukan modus kegagalan yang berupa different weight pada blade yang kemudian dilakukan penanganan berupa balancing propeller, yang mencakup penambahan beban pada blade untuk menyeimbangkan berat blade propeller.

Keywords

aeronautics, FTA

Full Text:

Article

References

Lucia Rahayu Geroda, Kasmara Joni, and Marausna Gaguk, "Analisis Performa Heat Exchanger Dengan Variasi Arah Aliran Dan Penambahan Vortex Generator Untuk Mengatasi Icing Pada Karburator Pesawat Piston Engine," vol. 7, 2021, doi : 10.56521/teknika.v7i1.255

Wirawan Taruna, "Analisis Perbedaan Pitch Propeller Terhadap Kecepatan Angin Dan Gaya Dorong Yang Dihasilkan Dengan Metode CFD," 2022.

Yusuf Amry As Tanjung, "Rancang Bangun Simulator Pergerakan Feather Pada Baling-Baling Pesawat Terbang," 2019.

T. I. Ar Roby Nurofik, "Kerja Sama Pengembangan Pesawat Tempur KFX/IFX Antara Indonesia-Korea Selatan Periode 2010-2018," 2021.

"Propeller System KT-1B Woong Bee," 2018.

D. Kriswinantyo and H. Hartopo, "Terjadinya Unbalanced Fan Blade Sebagai Salah Satu Penyebab Vibrasi Pada Engine CFM56-7B Boeing 737-900 ER PK-LGK," 2018.

IB. P. P. Mahartana, "Modeling And Analysis The Influence Of Increasing Operating Speed Over The Dynamic Response Of Unbalance Rotor Study Case At Steam Turbine Unit 1 PLTU Amurang 2X25MW," 2018.

National Transportation Safety Board, "Aircraft Accident Report In-Flight Loss Of Propeller Blade Forced Landing, And Collision With Terrain Atlantic Southeast Airlines, Inc., Flight 529 Embraer EMB-120RT, N256AS Carrollton, Georgia August 21, 1995," 1996. Accessed: May 05, 2024.

A. Alijoyo, Q. B. Wijaya, and I. Jacob, "Fault Tree Analysis Analisis Pohon Kesalahan," 2021.

I. Lukito, C. S. Budiono, A. Pambekti, R. Kurniawan, A. Prakoso, and F. Mizan, "Analisi Kegagalan Fungsi Traffic Alert and Collision Avoidance System Boeing 737-800 Next Garuda Indonesia dan Indentifikasi Penyebab Kegagalan Dengan Metode Fault Tree," 2022, doi: 10.28989/senatik.v7i0.459

R. I. Yaqin, A. Bagus Prasetiyo, M. H. Amrullah, B. Maruli, and T. Pakpahan, "Studi Numerik Umur Kelelahan (Fatigue Life) Pada Propeller Kapal Penangkap Ikan Dengan Kapasitas Mesin 24 HP," Jurnal Teknologi Terapan) |, vol. 6, no. 1, 2020, doi: 10.31884/jtt.v6i1.245

E. Nurfauzi, L. E. Riyanti, and B. Shakti Arrafat, "Damage Analysis of Propeller Blade P/N R815505 with Root Cause Failure Analysis Method on ATR 72 Aircraft," Airman: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi, vol. 5, no. 2, pp. 87-94, Dec. 2022, doi: 10.46509/ajtk.v5i2.297

Mega Suryani and Arya Mahendra Sakti, "Analisis Korosi Erosi Pada Material Propeller Kapal Berbahan Dasar Paduan Dan Aluminium Komersil Dengan Penambahan NaCl," JTM, vol. 10, pp. 123-128, 2022.

G. Filimonikhin, I. Filimonikhina, Y. Bilyk, L. Krivoblotsky, and Y. Machok, "Theoretical Study Into The Aerodynamic Imbalance Of A Propeller Blade And The Correcting Masses To Balance It," Eastern-European Journal of Enterprise Technologies, vol. 4, no. 7-112, pp. 1-6, 2021, doi: 10.15587/1729-4061.2021.238289

Ar'Rauf Dandy, "Penaganan Dan Analisa Kegagalan Pitch Change Pada Propeller System Engine PT 6A-62 Pesawat Kt-1b Woong Bee Di Hangar 3 Skadron Teknik 043 Lanud Adisutjipto," 2022.

Article Metrics

Abstract view: 82 times
Download     : 33   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.