ANALISIS EFEKTIFITAS DRONE PADA PROSES PEMUPUKAN CAIR UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TANAMAN PERTANIAN PADI ORGANIK

Kris Hariyanto, Eko Poerwanto, Prasidananto Nur Santoso

Submitted : 2023-05-31, Published : 2023-07-01.

Abstract

SMK Muhamadiyah Sentolo terletak di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Mata pencaharian masyarakat di daerah ini 80% adalah petani yang memiliki etos kerja yang baik..Permasalahan yang dihadapi dalam upaya mengembangkan pertanian antara lain menurunnya minat para generasi muda terhadap usaha di bidang pertanian khususnya tanaman padi, hal tersebut disebabkan karena proses pengerjaan terhadap kegiatan pertanian tersebut relatif cukup melelahkan. Sedangkan generasi tua sudah selayaknya diganti untuk kemudian agar kegiatan pertanian terus berlanjut. Penelitian ini melakukan studi komparasi dengan menggunakan teknologi yang mendukung proses pemupukan cair dengan bantuan drone. Metode yang dilakukan adalah dengan membandingkan penggunaan teknologi drone untuk pemupukan dengan teknologi konvensional atau manual pada tanaman padi selama satu kali musim tanam. Hasil penyemprotan drone yang diperlukan untuk pemupukan pada luasan 1 hektar adalah 0.25 jam, pupuk yang dibutuhkan pada luasan 1 hektar adalah 40 liter, kerja yang dibutuhkan pada luasan 1 hektar adalah 160 liter/jam.

Keywords

drone; efektifitas; pemupukan.

Full Text:

PDF Plagiarism check

References

N.R. Prasetya and S. Putro, “ Hubungan Tingkat pendidikan dan Umur Petani dengan Penurunan Jumlah Rumah Tangga Usaha Pertanian Subsektor Tanaman Pangan di Desa Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal"

J. W. Simatupang, E.Rohmawan, and Z. Junior, “Pentingnya Drone Sprayer di Sektor Pertanian Khususnya Bagi Petani Indonesia”, yang dimuat di SENTER VI (2021), 18 November 2021, halaman 339-346 ISBN: 978-602-60581-7-1.

D.W. Santoso and K. Hariyanto, “Pengembangan Sistem Penyemprotan Pada Platform Pesawat Tanpa Awak Berbasis Quadcopter Untuk Membantu Petani Mengurangi Biaya Pertanian Dalam Mendorong Konsep Pertanian Pintar (Smart Farming)”, yang diterbitkan di Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, ANGKASA ; Volume IX, Nomer 2, November 2017.

H. Khoirunisa and F. Kurniawati, “Penggunaan Drone dalam Mengaplikasikan Pestisida di Daerah Sungai Besar, Malaysia,” vol. 1, p. 5.

M. Wardani and A. Yudhana, “Rancang Bangun Penyemprot Pestisida untuk Pertanian Padi Berbasis Quadcopter,” J. Ilm. Tek. Elektro Komput. Dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 132, Jan. 2018, doi: 10.26555/jiteki.v3i2.7479.

Khaidir Rahman, Ervi Novitasari, Nunik Lestari, “Uji Efisiensi Lapang Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Berbasis Quadcopter Kapasitas 10 Liter dalam Pemupukan Tanaman Padi” Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021: 257-264 ISSN 2476-8995 (Print) ISSN 2614-7858 (Online)

Anton Yudhana dan Miko Wardani; mengadakan penelitian yang berjudul “Rancang Bangun Penyemprot Pestisida untuk Pertanian Padi Berbasis Quadcopter ; diterbitkan di jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI), Vol. 3, No. 2, Desember 2017

Kementerian Perhubungan RI Nomor PM 37 tahun 2020, “Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak Di Ruang Udara Yang Dilayani Indonesia”.

Fathahillah, M. Yahya, B.A. Rauf, A.M. Mappalotteng, E.Novitasari, “Aplikasi Teknologi Pesawat Tanpa Awak Berbasis Drone Hexacopter dalam Mengefisiensikan Proses Penyemprotan Tanaman Padi di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan”, SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “Peluang dan tantangan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif di era kebiasaan baru” ISBN: 978-623-7496-57-1.

BPS “Persentase Tenaga Kerja Informal Sektor Pertanian (Persen), 2019-2021” .

BPS “Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Padi Menurut Provinsi”.

BPS (2017) “Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Padi Menurut Provinsi”

Pusluhtan Kementan, “ANALISA USAHA TANI PADI SAWAH,” p. 2.

Article Metrics

Abstract view: 568 times
Download     : 694   times Download     : 1   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.