ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PENUMPANG PADA MASKAPAI PENERBANGAN YANG BEROPERASI DI BANDARA SO’A

Nikolaus Meo Dhaka, Riani Nurdin, Eko Poerwanto

Submitted : 2022-12-21, Published : 2023-01-19.

Abstract

Bandara Udara So’a Bajawa merupakan salah satu bandara udara domestik di pulau Flores kabupaten Ngada, NTT. Terdapat 3 maskapai komersil yang beroperasi di bandara So’a dan tergolong dalam kategori low cost carrier (LCC) yaitu PT. Lion Air, PT. Citilink, dan PT. TransNusa Aviation Mandiri. Bandara Udara So’a bajawa merupakan salah satu bandara udara domestik di pulau Flores kabupaten Ngada, NTT. Terdapat 3 maskapai komersil yang beroperasi di bandara So’a dan tergolong dalam kategori low cost carrier (LCC) yaitu PT. Lion Air, PT. Citilink, dan PT. TransNusa Aviation Mandiri. Kualitas layanan yang optimal dan presepsi harga diharapkan mampu memenuhi harapan penumpang yang menggunakan 3 maskapai yang beroperasi di bandara so’a, untuk itu guna mengetahui kepuasan penumpang penelitian kuantitatif, Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada penumpang pengguna ketiga maskapai yang beroperasi di bandara So’a. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 16.0 sebagai alat bantu pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lion Air lebih memuaskan dibandingkan dengan Cititlink dan TransNusa.

Keywords

Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan, Analisis Regresi Berganda

Full Text:

PDF Plagiarism check

References

I Kadek Wawan Suryawan dan Osa Omar Sharif, “Pengaruh Kualitas Layanan Penerbangan Terhadap Kepuasan Penumpang Dan Loyalitas (Studi Kasus: Penerbangan Garuda Indonesia)”, yang dimuat di Jurnal Wacana Ekonomi, Vol. 17; No. 03; Halaman 170-177, ISSN : 1412-5897, Tahun 2018.

Septiyani Putri Astutik dan Maria Valeria Roellyanti dari Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta, yang dimuat di Jurnal Manajemen Dirgantara Vol.14, No.2, ISSN 2252 – 7451 (Media Cetak) 2622-0946 (Media Online); Desember 2021.

N. Lestari, S. D. Kurniawan, and B. Yudhanto, “Tube Bending Machine for Home Industry Scale,” Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, vol. 4, Nov. 2018.

Dhasya, H., & Fatmayati, F. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penumpang Pengguna Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 1533-1546.

Fakhrudin, A. (2020, Desember). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Adi Soemarmo. Jurnal Maksipreneur : Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 102 – 113.

Nathadewi, K. S., & Sukawati, T. G. (2019). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Lion Air. E-Jurnal Manajemen, 6658-6679.

Prabowo , H., Darman , & Noegraheni, E., Analisis Kepercayaan Dalam C2c E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Repurchase Pada Kaskus. Binus Business Review , 301-314. Tahun 2014.

Namukasa, J., The Influence of Airline Service Quality On Passenger Satisfaction and Loyalty. The TQM journal, Vol.25 (5), 520-532. Didapatkan dari Emerald Publishing. 2013.

Kotler, Philip, Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and control, 9th edition. 2012

G. Keramidas, N. Voros, and M. Hübner, Eds., “Components and Services for IoT Platforms,” 2017.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Service Quality Satisfaction, Penerbit Andi, Yogyakarta.2015.

Istianto, John, H, dan Tyra, M, J, 2011, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto. Jurnal ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), Vol. 1 (3): 275-290. 2011

R. Qi, G. Tao, and B. Jiang, “Fuzzy System Identification and Adaptive Control,” Communications and Control Engineering, 2019.

Aritonang, Lerbin, Kepuasan Pelanggan, Gramedia, Jakarta, 2005.

Arikunto, S, 2014, Metodologi Penelitian , Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.

Article Metrics

Abstract view: 152 times
Download     : 129   times Download     : 1   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.