DETERMINATION OF WEIGHT AND BALANCE ON THE BOEING 737-800 NG AND AIRBUS A320

Fajar Harry Kurniawan

Abstract

Perhitungan weight and balance sebuah pesawat yang dilakukan secara akurat sesuai standar yang ditetapkan oleh IATA (International Air Transport Association) merupakan prioritas utama terhadap keamanan pesawat dan keselamatan penumpang serta pesawat itu sendiri selama melakukan penerbangan. Oleh karena itu seorang Flight Operation Officer (FOO) harus terlebih dahulu mengetahui dan menyiapkan kondisi pesawat tersebut, antara lain berat maximum yang mampu diangkat oleh pesawat dan keakuratanya terhadap Center Of Gravity (CG) pada pesawat tersebut. Pesawat dalam keadaan tidak seimbang sangat berbahaya, karena dapat menjadi tidak stabil dalam proses manuver lepas landas.. Kondisi ini benar-benar dialami oleh penerbangan teramat singkat maskapai Air Midwest nomor penerbangan 5481 penerbangan berjadwal dari Charllote Douglas International Airport, Charllote, North Carolina ke Greenville Spartanburg International Airport, Greer, South Carolina. Kejadian yang terjadi pada tanggal 8 Januari 2003 tersebut, di awali ketika pesawat ini baru saja lepas landas dan masih berada diketinggian yang sangat rendah, ketika pesawat melakukan pergerakan arah heading (hidung pesawat) yang terus mendongak ke atas tanpa dapat dikendalikan. Peringatan stall pesawat berbunyi terus tanpa dapat di atasi. Tindakan itu disebut sebagai Loss of Picth Control During Take-off. Terhitung, 35 detik setelah waktu lepas landas, tanpa dapat dikendalikan lagi, pesawat itu menukik dan jatuh di atas bangunan hanggar. Setelah badan penyelidik kecelakaan nasional Amerika (NTSB) bersama otoritas penerbangan federal (FAA), melakukan penyelidikan atas jatuhnya pesawat tersebut, ditemukanlah faktor utama penyebabnya, yaitu hilangnya kendali pitch pesawat saat lepas landas.

Keywords

CG; FOD; FAA

Full Text:

PDF

References

Desta Fredy, 2017, Jurnal: Analisis Weight And Balance Pesawat Boeing Ng Maskapai Garuda Indonesia Rute Penerbangan Jakarta-Jakarta Dengan Menggunakan Perhitungan Manual Dibandingkan Dengan Menggunakan Software Cg Plane. https://docplayer.info/32771663-Analisis-weight-and-balance.html.

Mantak Fernando P, 2011, Proses Pembuatan Load Sheet Untuk Menentukan Center of Gravity Jika Terjadi Last Minute Changes (LMC) dan Estimasi Take-Off Length Pesawat Boeing 737-400 PK-GZP.

Rr.Sukmaprima, 2013,Skripsi: Analisis Load Control dalam Penentuan Weight and Balance Pesawat Boeing 737- 800 Flight Number GA 252 dan Boeing 737-800 Flight Number GA 211 Pada PT.Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Irsal Firmansyah, 2012, Jurnal : Analisis Penentuan Weight and Balance

Angkasa Aviation Service, 2018.

IlmuTerbang,2008, Artikel: Aerodinamika Penerbangan Gaya-gaya yang berkerja pada pesawat terbang, http://www.ilmuterbang.com/artikel-mainmenu-29/teori-penerbangan-mainmenu-68/151-bab-3a-aerodinamika-penerbangan?showall=&start=1

J. W. Rustenburg , D. Skinn, and Daniel O. Tipps, 1999, An Evaluation of Methods to Separate Maneuver and Gust Load Factors From Measuref Acceleration Time Histories,https://pdfs.semanticscholar.org/71ac/41c2393cd7b585fda35d7e95cc3971c47897.pdf

Article Metrics

Abstract view: 76 times
Download     : 285   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.